Daftar Film India Yang Wajib Ditonton Di Hari Kesehatan Mental Sedunia

Daftar Film India Yang Wajib Ditonton Di Hari Kesehatan Mental Sedunia

Kesehatan mental atau kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Umat ​​manusia tidak dapat bertahan hidup jika tidak menjaga keseimbangan antara keduanya mental dan fisiknya. Hari ini, dunia memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia –hari yang menekankan pentingnya kesehatan mental atau kesehatan jiwa. 

Peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia

Hari Kesehatan Mental Sedunia atau Hari Kesehatan Jiwa Sedunia jadi ajang peringatan tahunan yang jatuh setiap 10 Oktober. Peringatan ini diciptakan dan diasosiasikan langsung oleh lembaga kesehatan dunia bernama World Federation of Mental Health (WFMH). Dalam laporan tahunannya, WFMH menyebutkan bahwa pada tahun pertama pandemi COVID-19, kecemasan dan depresi masyarakat secara global terus meningkat bahkan hingga 25 persen.

Hari Kesehatan Mental Sedunia

Jelas bahwa seseorang tidak bisa duduk diam dan mengabaikan kesehatan mental. Kita semua, bersama-sama harus mengambil tindakan. Sebagai bagian dari masyarakat global, perlu melakukan aksi dalam mengatasi permasalahan kesehatan mental. 

Menonton film adalah salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan mental. Apalagi jika film tersebut berisi pengetahuan tentang kesehatan mental. Selain sebagai hiburan, dengan menonton film yang mengulas tentang kesehatan mental akan menambah wawasan kita terhadap permasalahan serius kejiwaan ini.

Berikut ini adalah daftar film yang wajib ditonton di hari kesehatan mental sedunia agar anda bisa mengetahui lebih banyak tentang masalah kesehatan mental.

Dear Zindagi

Disutradarai oleh Gauri Shinde, film Dear Zindagi adalah salah satu film yang mendapatkan apresiasi bagus dari para kritikus film. Rilis di tahun 2016, Dear Zindagi berhasil menjadi salah satu film India terlaris di tahun itu. Pendapatannya melebihi Rs. 100 crore (setara 200 milyar rupiah).

Film ini bercerita tentang kehidupan Kaira (Alia Bhatt) dan permasalahan kesehatan jiwanya. Untuk membantu permasalahan kesehatan jiwanya, Kaira menemui dokter Jug (Shahrukh Khan), orang yang bisa memberikan terapi kejiwaan . 

Alur cerita Dear Zindagi dinarasikan dengan indah dan akan membantu penonton untuk mengetahui tentang masalah kesehatan mental. Bahkan, banyak dialog-dialog keren yang bisa menjadi inspirasi bagi penonton. Kami telah mengumpulkan 12 kutipan keren film Dear Zindagi.

Chhichhore

Menampilkan aktor Sushant Singh Rajput, Shraddha Kapoor, Varun Sharma, Tahir Raj Bhasin, Naveen Polishetty, Tushar Pandey dan Saharsh Kumar Shukla dalam peran utama, film Chhichhore berkisah tentang Sushant Singh Rajput sebagai Aniruddha "Anni" Pathak dan kecenderungan bunuh dirinya. 

Film ini menekankan pada prinsip dasar pentingnya menjaga kesehatan mental. Perasaan takut gagal dan tekanan dari pihak luar akan memicu rasa rendah diri yang pada akhirnya akan membuat seseorang putus asa.

My Name Is Khan

Dibintangi oleh aktor-aktor populer dan salah satu pasangan Bollywood yang paling dicintai, Shah Rukh Khan dan Kajol sebagai peran utama, film My Name is Khan meraih sukses komersial besar di box office pada tahun 2010. Bahkan di seluruh dunia, My Name Is Khan menjadi salah satu film bollywood terpopuler dan berpengaruh besar sepanjang masa.

My Name Is Khan

Film ini bercerita tentang seorang pria bernama Rizwan --diperankan oleh Shah Rukh Khan, dan perjuangannya menjalani hidup karena sindrom Asperger. Dalam perjalanannya, ia bertemu dengan Mandira --diperankan oleh Kajol, yang membantunya dalam mengatasi kesulitan-kesulitan akibat sindrom Asperger itu. 

Film ini disutradarai oleh Karan Johar, tokoh dibalik suksesnya film Kuch Kuch Hota Hai dan Kabhi Khushi Kabhi Gham.

Taare Zameen Par

Taare Zameen Par adalah sebuah film drama tahun 2007 yang diproduksi dan disutradarai oleh Aamir Khan. Film ini dibintangi oleh Aamir Khan sendiri, bersama dengan Darsheel Safary, Tanay Chheda, Sachet Engineer, Vipin Sharma, dan Tisca Chopra dalam peran utama. 

Adegan Taree Zameen Par

Film ini sukses secara komersial di box office karena mengeksplorasi kehidupan Ishaan (Safary), seorang anak disleksia berusia 8 tahun. Taare Zameen Par mengulas bagaimana Ishaan bersama keluraganya, teman-temannya, dan orang lain dalam menyikapi 'keterbelakangan' mental Ishaan.  

Dalam film tersebut diceritakan juga bagaimana ia dibantu oleh Aamir Khan mengatasi masalah kesehatan mentalnya.

Karthik Calling Karthik

Dibintangi oleh Deepika Padukone dan Farhan Akhtar sebagai pemeran utama, film yang rilis pada tahun 2010 ini sukses secara komersial di box office. Kisah film ini adalah tentang seorang pria bernama Karthik --diperankan oleh Farhan, dan masalah kesehatan mentalnya. 

Karthik Calling Karthik
p>Selama perjalanannya, ia dibantu oleh Shonali --diperankan oleh Deepika Padukone, yang membantunya mendapatkan perawatan dan terapi.

Penutup

Sebenarnya masih banyak film India yang bercerita tentang kesehatan mental. Anda bisa menonton film Bollywood berikut ini sebagai alternatif dari judul-judul di atas; Bhool Bhulaiyaa, Judgementall Hai Kya (2019), Margarita with a Straw (2014), Tamasha (2015), Barfi!(2012), Black (2004) dan lainnya.

Tonton film-film itu hari ini. Dapatkan tambahan wawasan tentang pentingnya menjaga kesehatan mental. Lalu berikan tanggapan Anda tentang film-film tersebut.



Apa pendapatmu tentang Daftar Film India Yang Wajib Ditonton Di Hari Kesehatan Mental Sedunia? Yuk, beritahu kami di kolom komentar.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Dapatkan artikel review dan sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, dan semua hal tentang film India ada disini. Kalian juga bisa menonton film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url