Sinopsis Film Baazigar (1993) Dan Fakta Menarik Dibalik Layar Pembuatannya

Bukan sebuah hal yang berlebihan jika Shahrukh Khan menyebut BAAZIGAR sebagai salah satu titik kesuksesannya di Bollywood. Sebelum film ini namanya memang sudah tenar. Namun karena BAAZIGAR, sosok Shahrukh sebagai aktor semakin diperhitungkan.F

Film ini tidak hanya membuat nama Shahrukh semakin dikenal di India. Namun juga menjadi sebuah mahakarya yang membuat kualitas akting Shahrukh semakin terasah.

Cerita film ini terinspirasi dari film Hollywood yang berjudul "A Kiss Before Dying" - yang dibintangi oleh Matt Dillon dan Sean Young. Diadaptasi oleh Abbas — Mustan dengan judul Baazigar yang diperankan oleh Shah Rukh Khan, Kajol, dan Shilpa Shetty.

Artikel ini akan mengulas cerita film India Baazigar, fakta unik, dan hal lain yang terjadi di balik layar pembuatan film Baazigar. 

Sinopsis Film Baazigar 

Baazigar menceritakan tentang seorang pengusaha sukses yang bernama Vishwanath Sharma. Usaha tersebut dirintis oleh Sharma semenjak ia muda. Berkat kerja keras dan juga ketekunan yang ia miliki akhirnya usaha tersebut berhasil menjadi sukses. 

Selain itu, berkat suksesnya usaha sekaligus bisnis yang dimiliki oleh Sharma membuat dia memiliki banyak karyawan dibawahnya. Namun nyatanya kesuksesan yang dimiliki oleh Sharma tidak membuat semua orang suka padanya.

Bahkan ada sebagian orang yang iri dengan kesuksesan tersebut dan berharap bisa merebut kesuksesan tersebut dari tangan Sharma. Salah satu pihak yang iri tersebut nyatanya malah datang dari salah satu anak buahnya sendiri yaitu Madan Chopra. Padahal Madan Chopra adalah salah anak buah yang paling dipercaya oleh Sharma.

Namun Madan Chopra malah memanfaatkan kepercayaan dari Sharma demi rencana jahatnya. Yaitu rencana jahatnya untuk bisa merebut usaha sekaligus bisnis yang dimiliki oleh Sharma. Berkat rencana sempurna sekaligus licik yang dimiliki oleh Madan Chopra, akhirnya dia berhasil merebut bisnis yang dimiliki oleh Sharma.

Rencana tersebut berhasil dilakukan tentunya juga tidak dilepas karena rasa percaya yang begitu tinggi Sharma terhadap Madan Chopra. Setelah usaha dan bisnis tersebut berhasil direbut oleh Madan Chopra, kehidupan yang dimiliki oleh Sharma berubah drastis. Bukan hanya keluarganya jatuh miskin namun ia kemudian  juga terkena sakit parah yang merebut nyawanya.

Nyatanya Sharma memiliki seorang putra bernama Ajay. Ajay kemudian memiliki rencana balas dendam kepada Madan Chopra. Karena dia merasa bahwa Madan Chopra telah merenggut semua yang ia miliki. Lantas Ajay pun memulai rencananya dengan menyamar sebagai seorang pengusaha sukses bernama Vicky Maholtra. Dengan samaran tersebut, Vicky Maholtra lantas masuk ke dalam keluarga Madan Chopra.

Ia kemudian berhasil dekat dengan putri dari Madan Chopra. Ajay atau Vicky Maholtra lantas mulai menghancurkan keluarga Madan Chopra dari dalam. Seperti yang dilakukan oleh Madan Chopra kepada keluarganya.

TAHUKAH ANDA ?

Pada mulanya, cerita film Baazigar seperti ini :
Priya dan Seema (Sridevi double role) adalah dua gadis kembar yang hidupnya kaya raya karena ayahnya berkhianat dan merampas harta benda milik orang tua Ajay (Shahrukh Khan) Seema jatuh cinta pada Ajay dan tidak menyadari bahwa pria yang dicintainya tega mendorongnya dari ketinggian hingga tewas. Suatu ketika Priya mengetahui bahwa yang membunuh saudara kembarnya adalah kekasihnya sendiri, tapi dendam mengalahkan cintanya hingga Priya menembak mati Ajay sebagai balasan atas kematian Seema.

Dibalik Layar Pembuatan Baazigar

Berikut ini adalah kisah awal pembuatan film drama thriller superhit Bollywood 1993 berjudul Baazigar yang saya rangkum dari berbagai sumber hingga menjadi sebuah cerita menarik dan fakta yang bisa dipercaya.

Karakter AJAY SHARMA

Setelah kesuksesan film Khiladi, sutradara duo Abbas Mustan mengajak Akshay Kumar untuk peran utama di film Baazigar, tetapi dia menolak karena tidak ingin memainkan karakter antagonis. Pilihan berikutnya Anil Kapoor, ternyata dia juga menolak tawaran dengan alasan yang sama seperti Akshay Kumar. Kandidat selanjutnya Arbaaz Khan, dia pun menolak karena tidak mau berperan negatif diawal karirnya (beberapa tahun kemudian dia berperan antagonis di film karya Abbas Mustan berjudul Daraar) 

Salman Khan pilihan berikutnya, awalnya dia setuju asalkan ada trek lagu untuk ibu saat adegan kematiannya, tetapi Abbas Mustan menolak gagasannya hingga Salman Khan akhirnya mengundurkan diri dengan alasan terlalu dini memainkan karakter penjahat. Selanjutnya Armaan Kohli dikasting, tetapi gagal karena wajahnya dianggap tidak cocok dengan karakter Ajay yang brutal. Ternyata Deepak Tijori menawarkan diri untuk berperan antagonis di film ini, namun sutradara Abbas Mustan menolaknya secara halus.

Ajay Devgan dipilih karena wajahnya terkesan dingin dan cocok untuk karakter Ajay, tetapi dia menolak karena honornya terlalu kecil, dia berpikir sutradara akan mendekatinya lagi dengan harga yang lebih tinggi, namun harapan Ajay Devgan tidak membuahkan hasil karena yang terpilih untuk memerankan karakter Ajay adalah Shahrukh Khan. Pada mulanya Shahrukh Khan merasa ragu untuk menerima tawaran Abbas Mustan karena pada saat yang sama dia juga berperan negatif di film lain karya sutradara Yash Chopra berjudul Darr.

Karakter PRIYA CHOPRA

Abbas Mustan menginginkan Sridevi dalam peran ganda, tetapi sutradara tersebut menggagalkan rencananya karena berpikir bahwa penonton tidak akan menerima aktor baru Shahrukh Khan yang berperan sebagai penjahat dan membunuh aktris terkenal Sridevi. Setelah banyak melakukan pemikiran, Abbas Mustan menawarkan peran ganda tersebut kepada Manisha Koirala yang dianggap belum punya nama kala itu, tetapi aktris berwajah sendu ini menolak tawaran proyek film drama kriminal tersebut.

Pilihan berikutnya aktris pendatang baru Farheen, ternyata dia menolak tawaran karena sibuk syuting film Tamil dengan Kamal Haasan. Setelah menonton film Bekhudi, Abbas Mustan memilih Kajol karena merasa bahwa dia sangat cocok dengan karakter Priya. Nadeem Shravan keberatan dan menginginkan agar Kajol dikeluarkan dari proyek film, hal ini terjadi karena perselisihan antara duo pemusik tersebut dengan ibunya Kajol, Tanuja yang sangat kasar dan terlalu ikut campur saat Kajol terlibat dalam pembuatan film Bekhudi.

Abbas Mustan sudah terlanjur jatuh hati pada Kajol, maka dari itu dia bersikeras tetap mempertahankannya untuk karakter Priya, akhirnya Nadeem Shravan mengalah dan mengundurkan diri meski beberapa lagu telah direkam termasuk Jaadugar O Jaadugar. 

Anu Malik menggantikan posisinya dan merekam ulang sederet lagu dengan tatanan musik karyanya, sedangkan untuk nada lagu Jaadugar O Jaadugar tetap dipertahankan keasliannya, Anu Malik hanya mengubah lirik dan judulnya saja menjadi Baazigar O Baazigar.

Karakter SEEMA CHOPRA

Abbas Mustan pertama kali mendekati Ayesha Jhulka untuk mengulang kesuksesan film Khiladi, dia menolak karena kesal peran yang ditawarkan padanya bukan karakter Priya tapi Seema. Aktris pilihan berikutnya Juhi Chawla yang tidak disangka menolak meski berpasangan dengan sahabatnya Shahrukh Khan, dia merasa perannya terlalu kecil. Produser dan sutradara mendekati Madhuri Dixit dengan honor yang sangat tinggi, ratu Bollywood tersebut menolak tawaran karena tidak ingin menjadi aktris kedua setelah Kajol.

Aktris pendatang baru, Akruti Nagpal ditawari peran untuk karakter Seema, awalnya dia menerima tawaran tetapi akhirnya memilih keluar karena bermasalah dengan mantan sekretaris Sridevi, Hari Singh yang terlibat di proyek film Baazigar. Setelah banyak aktris menolak tawaran untuk berperan sebagai Seema, terpilihlah aktris jangkung berkulit hitam manis, Shilpa Shetty yang mampu mencuri perhatian, meski perannya kecil tetapi kehadirannya tetap diingat hingga akhir film karena dia adalah benang merahnya film ini.

Karakter KARAN SAXENA

Aditya Pancholi adalah aktor pilihan pertama untuk karakter Karan, seorang polisi sekaligus sahabat Priya yang secara diam-diam mencintainya. Pada mulanya Aditya Pancholi menerima tawaran yang diberikan oleh Abbas Mustan, tetapi akhirnya dia mengundurkan diri dengan alasan bahwa perannya kurang berbobot. Pilihan berikutnya jatuh pada aktor selatan Siddharth Ray, akhirnya dia menerima tawaran untuk memerankan karakter Karan tetapi dengan satu syarat dia harus diberikan lagu Chhupana Bhi Nahin Aata di film tersebut.

Fakta Unik Film BAAZIGAR

Selain fakta-fakta dibalik karakter tokoh dan pemeran film Baazigar, berikut ini adalah fakta lain terkait film Baazigar.
  1. Baazigar berhasil meraih superhit di box office dan dinyatakan sebagai salah satu film terlaris tertinggi Bollywood 1993.
  2. Film pertama Shahrukh Khan dalam peran antagonis, Baazigar membangun karir Shahrukh Khan, Kajol dan Shilpa Shetty.
  3. Shilpa Shetty masuk nominasi aktris pendukung terbaik dan aktris debut terbaik Filmfare Awards 1994.
  4. Pada naskah aslinya, karakter Ajay (Shahrukh Khan) mati di tangan Priya (Kajol)   karena terjadi beberapa perombakan pada naskahnya, akhirnya karakter Ajay mati di tangan Madan Chopra (Dalip Tahil) 
  5. Ketika Shahrukh Khan berada di London untuk pemutaran perdana, dia mendapat telepon dari Yash Johar yang mengatakan bahwa film Baazigar sukses besar di India.
  6. Siddharth Ray, pemeran Karan Saxena meninggal dunia pada tahun 2004 karena serangan jantung, dia adalah cucu dari pembuat film legendaris, V Shantaram.
  7. Adegan lensa kontak Shahrukh Khan terinspirasi dari adegan lensa kontak Amitabh Bachchan di film Satte Pe Satta.
  8. Penata musik, Anu Malik dan penyanyi playback, Vinod Rathid tampil sebagai bintang tamu di film ini.
  9. Pada bagian akhir film, suara Dalip Tahil diisi oleh orang lain, hal ini dilakukan agar suaranya lebih besar dari suara aslinya.
  10. Meski pun Johnny Lever tampil dalam peran komedi, tetapi perannya menyatu dengan alur cerita filmnya dan bukan hanya sekedar tempelan belaka.
  11. Kajol mengalami banyak masalah pada bagian Mera Dil Tha Akela lewat lagu Baazigar O Baazigar karena dia emosi pada naskahnya yang berlebihan, Shahrukh Khan kemudian membantunya sambil bercanda dan mencubitnya, Kajol akhirnya belajar bagaimana melakukan peran dengan baik.
  12. Lagu favorit Shahrukh Khan, Saamajh Kar Chaand telah disyuting tetapi kemudian dihapus karena sutradara merasa durasi film terlalu lama. Mereka sempat berpikir untuk menghapus lagu Chhupana Bhi Nahin Aata milik Siddharth Ray tetapi Shahrukh Khan merasa lagu itu sangat penting, dia mengalah dan merelakan lagu Saamajh Kar Chaand yang dihilangkan dari film.
  13. Pada saat Salman Khan terpilih untuk memerankan karakter Ajay, Abbas Mustan menolak gagasannya tentang trek lagu untuk ibu (Raakhee) di ending film, tetapi ketika film Baazigar dibuat dengan Shahrukh Khan, sutradara memutuskan menambahkan lagu di adegan tersebut.
  14. Produser menginginkan Kumar Sanu merekam ulang lagu Yeh Kali Kali Aankhen karena merasa tidak puas, Kumar Sanu berpikir telah memberikan yang terbaik dan jika merekam ulang lagu itu tidak akan bagus. Setelah beberapa waktu produser akhirnya merilis lagu tersebut apa adanya dan seperti yang dipikirkan Kumar Sanu, Yeh Kali Kali Aankhen adalah lagu yang bagus dan juga mendapat penghargaan untuknya.
  15. Film Baazigar meraih empat penghargaan Filmfare Awards 1994 untuk kategori aktor terbaik.(Shahrukh Khan) penyanyi playback pria terbaik (Kumar Sanu) penata musik terbaik (Anu Malik) dan penulis skenario terbaik (Robin Bhatt, Aakash Khurana, Javed Siddiqui)
  16. Shahrukh Khan mengimprovisasi adegannya sendiri, setelah membunuh teman Seema yaitu Anjali, Shahrukh Khan diminta untuk menghapus fotonya dan merobeknya menjadi beberapa bagian lalu membuangnya, dia memutuskan untuk menelannya agar menambah sentuhan realistis di tempat kejadian.
  17. Setelah memenangkan penghargaan aktor terbaik Filmfare Awards 1994 di film Baazigar, Shahrukh Khan tidak melihat sutradara duo Abbas Mustan di acara penghargaan malam itu. Shahrukh Khan kemudian menuju Bhendi Bazaar, kota keramaian di Bombay yang merupakan tempat kediaman Abbas Mustan. Ketika sampai disana, Shahrukh Khan menyentuh kaki mereka dan berkata "Saya telah memenangkan penghargaan aktor terbaik pertama saya berkat film karya Anda, bagaimana saya bisa pulang dan membawa piala tanpa restu dari Anda"

Artikel ini ditulis oleh : Ucietya Dyadra
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url