Review Film: 12th Man

Review Film: 12th Man

12th Man adalah Film India berbahasa Malayalam karya terbaru dari Jeethu Joseph, sutradara Drishyam 1 dan Drishyam 2. Film dengan genre misteri 'whodunit' ini akan membuat penonton terus bertanya-tanya siapakah pelakunya.

Diperankan oleh Mohanlal, yang juga merupakan pemeran film Drishyam 1 dan 2, film ini telah rilis di jalur streaming Disney plus Hotstar mulai 20 Mei 2022. Sebelum anda menontonnya, simak lebih dahulu sinopsis film 12th Man dan bagaimana ulasannya.

Sinopsis Film 12th Man

Poster promo 12th Man

Sidhart akan menikah dengan tunangannya Aarathy. Sebelum menikah, Sidhart mengundang sahabat-sahabatnya untuk merayakan 'pesta bujangan' di sebuah villa yang sangat privat di puncak gunung. Para sahabatnya itu membawa pasangannya masing-masing.

  1. Mathew bersama istrinya, Shinny. 
  2. Zakaria bersama istrinya, Annie.  
  3. Jitesh bersama istrinya, Dr. Nayana
  4. Sam bersama istrinya, Merin
  5. Sidhart bersama tunangannya, Aarathy
  6. Fida, yang masih jomblo.

11 orang ini berangkat ke villa di akhir pekan yang penuh kebahagiaan.

Sesampainya di lokasi acara, semua orang terlihat bersuka-cita, sampai suatu saat mereka merasa terganggu dengan kehadiran orang ke-12, Chandrasekar. Dia meminta ganti sebotol minuman keras yang tanpa sengaja dipecahkan oleh Sam saat bermain kriket.

Setelah perdebatan yang cukup berbelit, akhirnya Chandrasekar pergi meninggalkan kelompok ini.

Malam harinya, saat pesta bujangan ini dimulai, semua orang berkumpul di sebuah meja. Fida yang masih jomblo mempunyai ide untuk memulai sebuah permainan. Aturan permainannya sederhana; semua orang yang hadir saat itu harus menerima telepon dari siapapun dan percakapannya harus di dengar oleh semua orang. Jika itu pesan singkat, maka harus dibacakan untuk semua orang.

Semua orang setuju. Dan permainan pun dimulai. Semua telepon yang masuk dan diterima oleh peserta akan didengarkan semua orang. Hal ini membuat suasana menjadi seru. Hingga sebuah telepon terakhir yang diterima Sidhart membuat suasana menjadi kacau.

Sidhart yang terkenal jujur, menerima telepon dari seseorang yang menyatakan bahwa Sidhart telah membeli obat penggugur kandungan untuk seorang wanita di kelompok itu. Seketika pesta itu menjadi bubar dengan rasa curiga dan runtuhnya kepercayaan Aarthy pada Sidhart.

Suasana di villa itu semakin kacau ketika seorang wanita dari kelompok itu ditemukan tewas. 

Siapakah yang tewas itu? Siapakah pelakunya? Apa motifnya?

Itulah sinopsis film 12th Man yang bisa anda saksikan di Disney Plus Hotstar mulai 20 Mei 2022

Review Film 12th Man

12th man

Setelah anda membaca sinopsis film ini, mungkin anda akan merasa bahwa film dengan plot dan misteri yang ditawarkan seperti 12th Man ini terasa tidak asing. Sekelompok orang berlibur, lalu salah satu peserta tewas. Melalui investigasi salah satu tokoh, penonton akan diajak menyelidiki, siapakah pelaku pembunuhan itu.

Familiar sekali, bukan?

Tema seperti ini telah berkali-kali dibuat film, termasuk film bollywood. The Game (2011) yang dibintangi oleh Abhishek Bachchan adalah salah satu contohnya. Plot semacam ini merupakan salah satu episode paling populer dari kisah detektif Hercule Poirot karya Agatha Christie.

Saya tertarik menonton film ini karena ada Jeethu Joseph, sutradara yang terkenal berkat film thriller populer berjudul Drishyam. Film misteri itu telah berhasil memikat jutaan orang di dunia. Bahkan film tersebut telah dibuat ulang dalam berbagai versi bahasa.

Bukan Jeethu Joseph jika cerita film yang begitu familiar ini tak memiliki keunikan. Bisa saja Jeethu memberi judul film ini "Misteri Pembunuhan di Sebuah Villa". Tapi ini akan terasa sangat biasa saja. Orang-orang akan dengan mudah menebak cerita film ini. Misteri yang ditawarkan terlalu umum.

Jeethu memilih judul '12th Man' alias Orang Ke-12. Secara fisik, orang ke-12 dalam film ini adalah Chandrashekar, yang diperankan oleh Mohanlal. Tapi, menurut saya, orang ke-12 itu bukan Chandrashekar. 'Orang' ke-12 itu adalah  Ponsel. Orang-orang yang menghubungi para tokoh melalui ponsel adalah 'Orang ke-12'. 

Jeethu memilih Ponsel, telepon selular alias Hape sebagai media untuk menandai keunikan karya penyutradaraannya. Melalui ponsel, Jeethu ingin menyampaikan pesan bahwa di jaman sekarang, ponsel yang kita pegang lebih mengetahui diri kita sendiri dibandingkan dengan sahabat yang telah puluhan tahun kita kenal dan bersama kita. Ponsel adalah tempat yang paling privat dari seseorang. Melalui ponsel, kita akan mengetahui karakter seseorang yang tersembunyi.

Para pemain di film 12th Man ini telah melakukan aktingnya dengan baik. Mohanlal sebagai orang ke-12 dalam kelompok ini, digambarkan sebagai seorang polisi yang sedang merayakan malam terakhir sebagai pemabuk. Sayangnya, gaya mabuknya itu tak benar-benar meyakinkan.

Untungnya, cerita film ini berhasil menutupi kekurangan Mohanlal. Cerita filmnya jauh lebih menarik daripada akting Mohanlal. Jeetu Joseph, dan seperti di semua filmnya, ia membangun karakter para tokohnya secara mendetail. Meskipun aspek ini membutuhkan waktu, penonton akan asyik dengan prosesnya. 

Umumnya, film thriller sejenis ini memiliki serangkaian adegan kilas balik untuk menunjukkan apa yang terjadi di balik kejahatan tersebut. Namun pada 12th Man, narasinya lebih bersifat percakapan yang terjadi dalam satu ruangan. Tidak terlalu berbelit. Penonton akan bisa mengikuti alurnya dengan mudah sambil bertanya-tanya siapa pelakunya, apa motifnya, dan bagaimana kejadian sebenarnya.

Penutup

Jika Jeethu berhasil membuat penonton terus bertanya-tanya hingga babak pengungkapan di akhir durasi, maka Jeethu bisa dibilang telah sukses membuat film ini. 

Mungkin sebagian penonton telah bisa menebaknya di tengah durasinya. Bagi saya, proses pengungkapan akhir jauh lebih menyenangkan daripada menebak siapa pelakunya.


 

Streaming : Disney Plus Hotstar
Sutradara: Jeethu Joseph
Pemeran: Mohanlal dan lainnya
Produksi : Aashirvad
Musik: Anil Johnson 
Genre: Thriller
Bahasa: Malayalam

 


Demikian artikel tentang Review Film: 12th Man. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Jika ada hal yang ingin didiskusikan, silahkan tulis di dalam kolom komentar di bawah ini.

Apabila Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share yang ada di atas artikel ini. Anda juga bisa membaca artikel , sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, semua hal tentang film India ada di halaman www.filmindia.my.id ini. Anda juga bisa menyaksikan film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.

Terima kasih telah berkunjung di halaman ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url