Review Film : DON Tayang Di Netflix

Review Film : DON Tayang Di Netflix

DON adalah Film India berbahasa Tamil diproduksi oleh Allirajah Subaskaran dan Sivakarthikeyan. Drama komedi-romantis ini diharapkan menjadi film blockbuster dan telah dirilis pada 13 Mei 2022. Film yang dibintangi oleh Sivakarthikeyan ini disutradarai oleh Cibi Chakaravarthi. DON juga dibintangi oleh Priyanka Arul Mohan, S.J. Suriyah, dan Samuthirakani sebagai pemeran utama.

Masyarakat saat ini telah bisa menikmati film favorit mereka di platform OTT. Oleh karena itu, banyak film yang langsung dirilis di Platform OTT atau dirilis melalui jalur OTT setelah rilis teatrikalnya.Buat kalian yang tidak bisa menikmati sebuah film India terbaru di bioskop, sekarang Anda telah bisa menikmati film DON di jaringan Netflix mulai 10 Juni 2022.

Nah, sebelum Anda menyaksikannya, iniliah ulasan saya dari film ini setelah kemarin menontonnya dengan subtitle Bahasa Indonesia.

Sinopsis Film Don Tayang Di Netflix

Sinopsis Film DON tayang di Netflix menceritakan tokoh utama bernama Chakaravarthi atau DON (Sivakarthikeyan). Ia adalah anak tunggal dari sebuah keluarga miskin di pelosok desa. Ayahnya (Samuthirakani) mendidik Chakra dengan sangat keras. Keinginan ayahnya hanya satu, agar Chakaravarthi bisa menjadi anak terbaik di sekolah dan lingkungannya. Karena itu, ayahnya mengharuskan Chakaravarthi minimal harus mendapat nilai 80 di sekolahnya.


Kerasnya didikan ayahnya membuat Chakaravarthi menjadi anak pembangkang. Bukan di rumahnya, tetapi sekolahnya. Hingga dia kuliah di kampus teknik ternama di Chennai. Chakaravarthi harus berhadapan dengan komite disiplin kampus yang dipimpin Bhoominathan (SJ Suriah). Bhoomi sangat ketat, tegas, dan disiplin. Semua mahasiswa tak ada yang berani melawan aturan Bhoomi.

Bhoomi, pejabat kampus yang dikenal sangat killer itu berhasil diperdaya oleh Chakaravarthi. Karena keberhasilannya ini Chakaravarthi dijuluki 'DON' oleh teman-temannya di kampus.

Bagaimana sepak terjang 'DON' kampus ini? Apakah dia bisa berhasil seperti yang diinginkan ayahnya? Bagaimana dengan kisah cintanya?

Itulah sinopsis film DON tayang di Netflix mulai 10 Juni 2022.

Review Film DON

Setiap anak perempuan selalu menganggap 'ayah' adalah cinta pertamanya, dan anak laki-laki menganggap 'ayah' adalah pahlawannya. 'Ayahku Juara Nomor 1' begitu kata Andrea Hirata dalam salah satu novelnya. 

Dalam setiap cerita superhero, pahlawan super itu membutuhkan seorang penjahat agar dia bisa dikenal sebagai pahlawan. Don pun demikian. Ia menempatkan ayahnya sebagai musuh utama, dan Bhoomi sebagai musuh kedua yang harus segera dikalahkan.

Cerita Film

Paruh pertama film dipenuhi dengan segala akal bulus Chakaravarthi dalam memperdaya Ayahnya dan Bhoomi. Banyak kekonyolan terjadi. Bhoomi sebagai musuh utama Don di kampus harus memutar otak untuk menaklukkan Don. Tapi Don selalu satu langkah di depan. Bhoomi seolah menjadi bulan-bulanan Don.


Chakaravarthi/Don yang ingin kuliah di jurusan kesenian, terpaksa harus mengikuti kehendak ayahnya kuliah di jurusan teknik. Bukannya belajar, ia justru sibuk memantapkan dirinya sebagai DON. Setiap hasil ujian, ia palsukan agar ayahnya tidak marah. Saat ada panggilan orangtua, ia memalsukan panggilan itu. 

Sampai suatu hari, Bhoomi dan ayahnya berhasil menangkap basah Don yang sedang jatuh cinta kepada 'Angu'. Ayahnya marah, Bhoomi pun memecat Don dari kampus. Titik balik kehidupan Don dimulai dari sini.

Menonton film DON ini tanpa ekspektasi apa-apa. Yang saya tahu hanya pemeran utamanya, Sivakarthikeyan. Tahun lalu Sivakarthikeyan berhasil mencuri perhatian lewat film komedinya yang berjudul 'Doctor'. Sebelumnya saya juga telah menyaksikan filmnya yang berjudul 'Superhero'. Kembali saya dibuat terpesona dengan aktingnya, lebih tepatnya terpesona dengan jalan ceritanya.


Tema anak vs ayah bukanlah tema baru dalam sinema India. sebelumnya kita sudah menyaksikan film 'Dangal' --film India terlaris sepanjang masa. Di Dangal, Amir Khan harus berhadapan dengan Fatimah Sana Shaikh dalam peran ayah dan anak. Yang lebih lama, ada Amitabh Bachchan vs Shah Rukh Khan dalam Kabhi Khushi Kabhi Gham

Dengan kemasan dan konflik yang berbeda, perseteruan klasik antara ayah vs anak ini berhasil ditampilkan DON. Apalagi bagi penonton yang mungkin memiliki kisah yang sama, cerita film akan terasa relevan dan berhasil menguras airmata.

Akting Pemain

Sivakathikeyan seperti biasanya, berhasil menempatkan ekspresi komik dan emosinya dengan baik. Dia menyadari dirinya tak setampan aktor-aktor Tamil lainnya, tapi dia bisa menghibur dengan aksi kocaknya. Gayanya sepintas mirip Prabhudeva.  Tapi wajahnya mengingatkan saya pada Anil Kapoor di usia muda. Menonton Siva, seperti menonton Anil Kapoor yang jago menari seperti Prabhudeva.

Samuthirakani sebagai ayah Don cukup berhasil tampil jahat. Sama jahatnya seperti dalam 'Sarkaru Vaari Paata' yang beberapa hari yang lalu telah saya tonton. Akan tetapi, transformasi sosoknya kurang berjalan mulus. Penonton dipaksa untuk mengetahui motif dibalik sikap kerasnya dalam tempo yang terlalu singkat. Ketika kejutan itu terbuka, tidak cukup banyak energi untuk menuntaskannya menjadi klimak. Dengan kata lain, meweknya gak maksimal. ... hiks.. hiks... Sayang sekali.


Kisah cinta Don dan 'Angu' cukup menghibur. Priyanka Arul Mohan sebagai 'Angu' --love interest nya Don, tampak manis dan menggemaskan.Tapi, peran yang mencuri perhatian saya justru Sivaangi Krishnakumar, sahabatnya 'Angu'. Kocak.

Aktor pendukung yang memiliki jumlah penampilan lebih banyak adalah S.J. Suriya. Sebagai Bhoomi, dia ditampilkan sangar tapi kocak. Kumisnya melintang ala Pak Raden. Melihat wajahnya, penonton akan terjebak dalam dilema antara ingin ketawa dan nonjokin wajahnya. Menyebalkan. Sama sekali tak ada kesan seperti 'pembunuh berdarah dingin' di film berjudul 'Spyder'. Benar-benar akting yang brillian.

Lagu

Ada 5 lagu berbahasa Tamil dan 3 lagu berbahasa Telugu dalam film Don. Lagu-lagu itu dikerjakan oleh Anirudh. Selain sebagai komposer lagu, Anirudh juga menyumbangkan suaranya dalam lagu 'Private Party', 'Jalabulajangu', dan 'Unnai Vidaadhe'.


Dari 5 lagu itu, saya menyukai lagu 'Private Party' yang ceria dan seperti mengajak goyang.

Penutup

Dengan rangkaian komedi yang brilian dan lagu-lagu yang menggetarkan, Don menawarkan hiburan dan pesan yang menyentuh tentang pendidikan, hubungan ayah vs anak, juga tentang pencarian jati diri. Klise, tapi masih layak ditonton bersama keluarga.

Saksikan film India berbahasa Tamil dengan judul 'DON' mulai 10 Juni 2022 di Netflix.

Don (2022)

Bahasa: Tamil
Pemain: Sivakarthikeyan, S.J Suryah, Samuthirakani, Priyanka Arul Mohan
Sutradara : Cibi Chakaravarthi
Durasi: 163 menit
Streaming: Netflix


 


 

Demikian artikel tentang Review Film : DON Tayang Di Netflix. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Jika ada hal yang ingin didiskusikan, silahkan tulis di dalam kolom komentar di bawah ini.

Apabila Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share yang ada di atas artikel ini. Anda juga bisa membaca artikel , sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, semua hal tentang film India ada di halaman www.filmindia.my.id ini. Anda juga bisa menyaksikan film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.

Terima kasih telah berkunjung di halaman ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url