Sinopsis Film Mardaani (2014) Dan Fakta Dibalik Layar Pembuatannya

Mardaani, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia artinya adalah 'Maskulin'. Film thriller yang dibintangi oleh Rani Mukherji dan Jisshu Sengupta. Dibawah arahan sutradara Pradeep Sarkar, Mardaani diproduseri oleh Aditya Chopra, — suami dari Rani Mukherji.

Film Mardaani sendiri adalah comeback Rani Mukherji yang sempat hiatus selama beberapa tahun. Memilih genre thriller action, Rani sukses membuat para fansnya berbondong-bondong ke bioskop untuk menonton aksinya. Tidak hanya mendapatkan hasil yang memuaskan, Mardaani juga memperoleh review yang sangat baik. Mulai dari sesama aktor, hingga produser dan sutradara seperti Karan Johar, semua memberikan komentar positif.

Sinopsis Film Mardaani (2014)

Film ini dibuka dengan operasi polisi rahasia yang dipimpin oleh Shivani Shivaji Roy ( Rani Mukerji ), Inspektur Senior bidang Kejahatan yang sangat berdedikasi di Kepolisian Mumbai. Misinya adalah untuk menangkap seorang germo bernama Rahman dari tempat persembunyiannya. Shivani menerobos masuk dengan timnya dan menangkap Rahman, dan menyelamatkan rekannya.

Shivani tinggal bersama suaminya, Dr. Bikram Roy ( Jisshu Sengupta ), dan keponakannya, Meera ( Avneet Kaur ). Sebelumnya, Shivani menyelamatkan seorang gadis yatim piatu bernama Pyaari dari pamannya, yang akan menjualnya. Shivani merawatnya seperti putrinya sendiri.

Salah satu adegan film Mardaani

Suatu hari, Shivani mengetahui bahwa Pyaari telah hilang dari asrama. Sudah lebih dari 5 hari. Shivani memulai penyelidikan, di mana dia menemukan bahwa dalang di balik penculikan ini adalah Karan Rastogi ( Tahir Raj Bhasin ), seorang pengusaha sekaligus gembong penjahat yang melibatkan perdagangan anak dan narkoba. Shivani meminta tugas ini pada atasannya. Kasus ini tak hanya menjadi kasus polisi, tetapi sebuah kasus yang melibatkan Shivani secara pribadi. Dia akan menjalankan tugasnya dengan seluruh kemampuan terbaiknya untuk menangkap Karan.

Apakah Shivani berhasil menyelamatkan Pyaari dan membongkar sindikat perdagangan wanita yang dipimpin oleh Karan?

Fakta Dibalik Layar Pembuatan Film Mardaani

Film pertama Rani Mukherji setelah lama vakum ini cukup menarik. Tak hanya menampilkan sisi akting yang brilian dari seorang diva bollywood, Rani juga melakukan segala upaya untuk menghidupkan sosok Inspektur Shivani Shivaji Roy. Konon, cerita film Mardaani ini diangkat dari kisah nyata yang benar-benar terjadi di India.

Salah satu adegan film Mardaani

Selain padat berisi dengan pesan menarik di dalamnya, Mardaani tidak lantas kehilangan unsur hiburannya. Sebagai sebuah film, Maardani sangat menghibur selayaknya film-film crime – thriller lainnya. Bedanya, disini sosok wanita begitu dijunjung tinggi, sekaligus menegaskan bahwa tidak hanya pria yang sanggup melakukan ini dan itu. Rani Mukerji sebagai Inspektur Shivaji mampu menunjukkan kebolehannya dengan aksi bela diri. Koreografinya ditata dengan stylish. Tapi tetap saja sisi feminim dan keanggunannya masih terpancar jelas. Selain itu, “Mardaani” juga mengajarkan kepada para wanita bahwa di jaman now, sangat penting belajar bela diri.

Nah, selain hal umum yang diketahui banyak orang itu, berikut ini adalah beberapa fakta mengejutkan yang masih belum banyak diketahui:

  1. Mardaani” memiliki arti “wanita maskulin.” Pengertiannya bukanlah wanita tersebut memiliki penampilan fisik dan garang layaknya pria. Akan tetapi ia memiliki kemampuan dan kelebihan yang membuatnya diakui sejajar dengan pria. 
  2. Rani Mukerji berlatih ilmu beladiri Krav Maga, yaitu sistem pertahanan diri yang dikembangkan oleh militer Israel.
  3. Rani Mukerji yang berperan sebagai petugas cabang kejahatan dalam film tersebut bertemu dengan kepala Cabang Kejahatan Polisi Mumbai sebagai bagian dari penelitian untuk perannya
  4. Rani Mukerji yang berperan sebagai petugas bidang kejahatan (Reserse) dalam film tersebut, dia menemui langsung kepala Bidang Kejahatan Polisi Mumbai sebagai bagian dari penelitian dan pendalaman karakter yang diperankannya.
  5. Trailer resmi dari film ini dirilis pada 24 Juni 2014. Badan Sensor Film India memotong beberapa adegan yang menggambarkan seorang gadis remaja dianiaya dan diperkosa dalam trailer film tersebut.
  6. Karena pesan moral dan dampak besar bagi wanita di India, film Mardaani menerima fasilitas bebas pajak untuk wilayah negara bagian Madhya Pradesh. Fasilitas ini langsung diberikan oleh Ketua Menteri Shivraj Singh Chouhan sejak hari pertama penayangannya. Bebas Pajak untuk film Mardaani ini juga diikuti oleh Negara Bagian Uttar Pradesh dan Maharashtra. yang juga memberikan film tersebut status bebas pajak.
  7. Di Pakistan , Badan Sensor Film Pusat memberikan Sertifikat film dewasa karena keberatan pada beberapa adegan. Dewan meminta tujuh pemotongan adegan, dan ingin adegan tertentu diburamkan. Tetapi pembuat film berpandangan bahwa "itu akan menyebabkan hilangnya esensi dan narasi film". Karena tidak mau adegan tersebut di sensor, produser Aditya Chopra memutuskan untuk tidak menayangkan film Mardaani di Pakistan.
  8. Film Mardaani ditayangkan di Polandia, tepatnya di teater Kino Muranow Warsawa, salah satu teater rumah seni tertua di negara itu pada 29 Januari 2015. Film Mardaani mendapat tepuk tangan meriah dari penonton, dan Rani Mukerji diberi selamat oleh semua orang atas penampilannya yang luar biasa. Filmnya dianggap menjadi bagian dari film yang brilian, relevan, dan berani mengangkat isu sensitif.
  9. Pada awal film, saat Rani Mukerji sedang berjalan-jalan, sayup-sayup terdengar lagu 'Kajra Re'. Lagu dari film Bunty Aur Babli (2005). Film yang dibintangi oleh Rani Mukerji.
  10. Sebagian dari film ini terinspirasi dari film Keemat 1973.
  11. Nada dering yang digunakan Mardaani di film tersebut adalah lagu 'Tune Mari Entriyaan' dari film 'Gunday' yang diproduksi oleh Yash Raj Films.
  12. Dalam salah satu adegan, ada lagu yang diputar di TV berjudul 'Tere mere Beech mein' dari film 'Shuddh Desi Romance'. Film ini juga diproduksi oleh Yash Raj Films.
  13. Rani Mukherjee baru menikah dengan Produser film; Aditya Chopra. Empat bulan sebelum film Mardaani dirilis.
  14. Koimoi.com menyatakan bahwa film Mardaani mendapatkan penghasilan bersih lebih dari Rs. 57 crore. Jumlah ini adalah dua kali lipat dari jumlah yang diinvestasikan untuk film ini. Atas kesuksesannya di box office, Mardaani dibuat sekuelnya dengan judul Mardaani 2
  15. Film Mardaani adalah kerjasama kedua sutradara Pradeep Sarkar dan Rani Mukherji. Sebelumnya mereka bekerjasam dalam film Laga Chunri Mein Daag 2007.

Mardaani (2014)

MARDAANI

Directed by

Pradeep Sarkar

Written by

Gopi Puthran

Produced by

Aditya Chopra

Starring

Rani Mukerji
Tahir Raj Bhasin
Jisshu Sengupta
Saanand Verma
Avneet Kaur

Cinematography

Artur Zurawski

Edited by

Sanjib Datta

Music by

Songs:
Salim–Sulaiman
Score:
Julius Packiam

Production
company

Yash Raj Films

Distributed by

Yash Raj Films

Release date

  • 22 August 2014

Running time

111 minutes

Country

India

Language

Hindi

Budget

Rs.16 crore

Box office

Rs.57 crore


Itulah sinopsis film Mardaani (2014) dan Fakta Dibalik Layar Pembuatannya. Jika pembaca suka dengan artikel ini, silahkan berkomentar atau bagikan artikel ini di media sosial.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url