Sinopsis Film Gunday Dan Fakta Di Balik Layar

Gunday adalah film India bergenre drama aksi kriminal produksi tahun 2014. Dibintangi oleh Ranveer Singh, Arjun Kapoor, Priyanka Chopra Jonas, dan Almarhum Irrfan Khan. Diproduksi oleh Yash Raj Film, Gunday disutradari oleh Ali Abbas Zafar, Sutradara yang populer berkat film suksesnya; Tiger Zinda Hai, Sultan, Bharat, dan Mere Brohter Ki Dulhan.

Rilis pada 14 Februari 2014, Film Gunday memiliki durasi 2 jam 32 menit. Selain menampilkan 4 bintang besar, Gunday juga berhasil memenangkan 4 penghargaan dan 4 nominasi dari berbagai ajang penghargaan film di India. Salah satu penghargaan yang diraih Gunday adalah 'Pasangan Aksi Terburuk' dari Ghanta Awards 2014

Bagaimana kisah Gunday, dan fakta apa yang ada dibalik layar pembuatannya? Mari simak ulasan berikut ini.

Sinopsis Film Gunday

Film Gunday mengisahkan tentang masa paling bergejolak kota Kolkota(sekarang Calcutta) yang terjadi pada tahun 1971-1988. Bikram dan Bala adalah dua anak laki-laki yang masih kecil tapi harus hidup mandiri untuk bertahan hidup di masa-masa sulit. Mereka berdua melakukan berbagai hal bersama, termasuk mencuri.

Bikram dan Bala tumbuh dan berkembang sebagai pencuri. Mulai dari mencuri batu bara di gerbong kereta, dan pada akhirnya mereka menjadi preman terkenal di dunia hitam. Pepaduan semangat dan kecerdasan mereka yang tak terpisahkan membuat persahabatan mereka sangat kuat. 

Mereka menjadi terkenal dan orang-orang kota mulai memanggil dua preman ini dengan sebutan "Gunday". 

Seorang gadis Bengali bernama Nandita yang awalnya berprofesi sebagai penari, kini dirinya memutuskan untuk masuk ke dalam kehidupan Gunday. Nandita berhasil memikat Bikram. Juga Bala. Cinta segitiga antara Nandita, Bikram, dan Bala menjadi awal perpecahan 2 sahabat yang dikenal sebagai 'Gunday' ini.

Siapakah Nandita ini? 

Fakta Di Balik Layar Film Gunday

Setelah anda mengetahui sinopsisnya, sebaiknya anda juga mengetahui beberapa detil yang terjadi di balik layar pembuatan film Gunday.

  1. Film ini dibanjiri ulasan negatif karena banyak orang Bangladesh yang kecewa dengan beberapa ketidakakuratan sejarah yang ditampilkan dalam film tersebut.
  2. Ranveer Singh didiagnosis menderita demam berdarah saat syuting film tersebut.
  3. Karena tanggapan dan protes negatif dari pihak penonton Bangladesh, Yash Raj Films terpaksa mengeluarkan pernyataan yang menyatakan bahwa tindakan film yang telah menyebabkan kekecewaan banyak orang itu tidak disengaja dan dengan demikian sangat disesalkan.
  4. Kolaborasi ketiga dan terakhir Irrfan Khan dengan Yash Raj Films sebelum kematiannya pada 29 April 2020. Kolaborasi sebelumnya dengan Yash Raj Films adalah Aaja Nachle dan New York.
  5. Film India berjudul Mr India (1987), menjadi latar adegan perkelahian di dalam bioskop. Film itu diproduksi oleh Boney Kapoor - ayah dari aktor utama Arjun Kapoor. Mr India juga dibintangi paman Arjun Kapoor, Anil Kapoor dan ibu tirinya, Sridevi. Keduanya ditampilkan dalam salah satu lagu di layar latar belakang selama adegan perkelahian di dalam bioskop ini.
  6. Kolaborasi kedua Priyanka chopras dengan Yash Raj Films, kolaborasi sebelumnya dengan Yash Raj Films adalah Pyaar Impossible
  7. Tambang batubara dalam film ini diambil di Kolkata.
  8. Selama klimaks, truk yang ditampilkan di belakang Ranveer Singh dalam adegan berjalan adalah dari film tahun 2000-an.
  9. Kesalahan adegan, ketika Nandita memberi tahu Bikram bahwa dia adalah seorang polisi, dia memiliki janggut yang hampir penuh. Pada bidikan berikutnya, ketika dia mendekatinya, janggutnya menjadi tipis.
  10. Kesalahan sejarah, Perang Indo-Pakistan, yang akhirnya menciptakan Bangladesh, dimulai pada 26 Maret 1971. Di film Gunday, India diceritakan terlibat perang pada 3 Desember 1971.


Gunday

Director: Ali Abbas Zafar
Stars: Ranveer Singh, Arjun Kapoor, Priyanka Chopra, Irrfan Khan
Release Date: 14 Feb 2014
Genres: Action, Crime, Drama
Runtime: 02:32:19
Language: Hindi

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url