Review Film: Dial 100, Kisah Polisi Bagian Layanan Panggilan Darurat

FilmIndia.my.id --Alasan utama menonton film ini adalah Manoj Bajpayee dan Rensil D'Silva, Pemeran utama dan sutradara film Dial 100. Rensil D'Silva merangkap sebagai penulis cerita dan skenarionya sedangkan dialognya oleh Niranjan Kannan Iyengar. D'Silva membuat debut penyutradaraannya dengan film Kurbaan (2009) yang dibintangi Kareena Kapoor dan Saif Ali Khan. Posisinya di industri Bollywood ini sebagian besar berasal dari karya skenario film ikonik berjudul Rang De Basanti yang ia tulis bersama Rakeysh Omprakash Mehra. Selain Manoj Bajpayee, ada Neena Gupta dan Sakshi Tanwar di jajaran casting utama.


Bagaimana kolaborasi 3 pemain watak ini dipadukan dalam Dial 100 oleh Rensil D'Silva? Mari kita simak ulasannya.

Sinopsis Film: Dial 100

Nikhil Sood (Manoj Bajpayee) bekerja di ruang kendali polisi layanan Panggilan Darurat 100. Layanan ini menerima pengaduan masyarakat secara cepat agar bisa segera ditindaklanjuti oleh petugas polisi. Malam ini hujan deras, Nikhil menerima telepon dari seorang wanita yang sedang stress (Neena Gupta) dan tampaknya berniat mengakhiri hidupnya.

Di sisi lain, Nikhil sedang berusaha meredakan ketegangan antara istrinya, Prerna (Sakshi Tanwar) dan putranya Dhruv, melalui telpon selularnya. 

Sementara malam semakin larut dan server utama Panggilan Darurat 100 sedang bermasalah. Nikhil mendapati kenyataan, istrinya disandera oleh seseorang yang ingin menuntut keadilan atas kematian putranya. 

Apa tuntutannya? Bagaimana usaha Nikhil menyelamatkan istri dan putranya melalui ruang kontrol tempat kerjanya? 

Saksikan Dial 100 di saluran Zee5 dengan durasi 1 jam 44 menit.

Review Film: Dial 100

Alasan utama menonton film ini adalah karena Manoj Bajpayee dan Rensil D'Silva, Pemeran utama dan sutradara film Dial 100. Manoj Bajpayee selalu berhasil membuat penonton menyukai akting-aktingnya. Terakhir Bajpayee berhasil memukau dalam film seri berjudul Family Man 2. Dia juga tampil keren sebagai penyanyi yang memiliki penyakit klepto (suka ngutil) di film pendek Ray.

Rensil D'Silva sang sutradara, merangkap sebagai penulis cerita dan skenario. Sedangkan dialognya digarap oleh Niranjan Kannan Iyengar. D'Silva membuat debut penyutradaraannya dengan film Kurbaan (2009) yang dibintangi Kareena Kapoor dan Saif Ali Khan. Posisinya di industri Bollywood ini sebagian besar berasal dari karya skenario film ikonik berjudul Rang De Basanti yang ia tulis bersama Rakeysh Omprakash Mehra. 

Selain Manoj Bajpayee, ada Neena Gupta dan Sakshi Tanwar di jajaran casting utama.

Pemicu adrenalin dalam sebuah film thriller adalah tentang apa yang dipertaruhkan. Semakin besar yang dipertaruhkan, akan semakin besar adrenalin yang terpicu. Jika itu adalah urusan nyawa, apalagi nyawa keluarga, tentu saja adrenalin ketegangan itu akan terasa. Namun, saya tidak cukup menemukan adrenalin ketegangan itu. Sesuatu yang mengancam itu tak benar-benar saya rasakan terancam. 

Saya menduga, trailernya yang terlalu banyak menampilkan hal tentang plotnya adalah salah satu penyebab gagalnya adrenalin yang saya rasakan. Kecuali anda tidak menonton trailernya, mungkin akan merasakan hal yang berbeda.

Bajpayee memiliki waktu layar paling banyak diantara para pemain lainnya. Dan dia tampaknya berusaha sungguh-sungguh sebagai orang tua, pasangan, dan profesional yang sedang bermasalah. Akan tetapi Bajpayee tidak dapat berbuat banyak untuk menyelamatkan Dial 100 dari kekurangan tenaganya.

Neena Gupta cukup berhasil menjadi sumber ancaman. Akan tetapi narasinya tak cukup memiliki alasan kuat untuk mengancam. Saya tak akan banyak bercerita tentang perannya, karena hal itu akan menjadi spoiler. Saksikan sendiri bagaimana Neena Gupta menjadi villain. Emak-emak stress yang mengancam polisi melalui telpon.

Sakshi Tanwar sebagai istri inspektur Nikhil Sood, juga telah melakukan hal terbaik yang bisa dia lakukan untuk Dial 100. Tak sebanyak 2 pemain utama yang menyorot penampilannya. Tapi saya suka saat adegan ending film ini, dimana Sakshi Tanwar berteriak nyaris tanpa suara. Keren.

Ada banyak pemain lainnya yang berperan sebagai pendukung, dan saya tidak kenal satu-persatu.. Bocah remaja yang berperan sebagai putra Nikhil Sood, masih terlihat kaku di depan layar. Perlu jam tayang lebih banyak untuk mengasah kemampuan aktingnya.

Kelemahan utama film ini adalah pada naskah dan trailernya. Premisnya cukup bagus, akan tetapi spoiler yang ditampilkan dalam trailer menyebabkan ketegangan yang diharapkan jadi berkurang. Beberapa plothole pada cerita dan adegannya, ditambah akhir film yang bisa diprediksi, membuat Dial 100 kurang bertenaga.

Penutup

Sebagai sebuah film thriller, Dial 100 tidak cukup berhasil membawa ketegangan dalam durasinya yang hanya 1 jam 44 menit. Atau mungkin saya yang terlaku berekspektasi tinggi. Hingga pada akhirnya saya menyadari bahwa Dial 100 adalah drama keluarga dengan bumbu thriller.

Saksikan Dial 100 tayang di jaringan streaming Zee5 India.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url