Review Film: Boomika, Horor Ekologi Tayang Di Netflix

FilmIndia.my.id --Aishwarya Rajesh, yang baru saja sukses dengan filmnya yang berjudul Thittam Irandu atau Plan B, kini hadir kembali dengan film terbarunya berjudul Boomika. Wajah penuh tanda tanya Aiswharya Rajesh sepertinya memang cocok untuk peran-peran di film dengan genre thriller atau horor.

Poster Film Boomika

Boomika karya Rathindran R Prasad merupakan film India terbaru berbahasa Tamil dengan genre horor tayang di Netflix sejak tanggal 23 Agustus 2021. Bagi penggemar film horor, Boomika adalah film yang sangat tepat untuk kembali merasakan sensasi kengerian khas film India. Sebelum anda menontonnya, mari simak dulu ulasan tim kami berikut ini.

Sinopsis Film: Boomika

Seorang wanita hamil tua sedang sendirian di rumahnya. Sepertinya dia sedang bersama ibunya, tapi tak terlihat. Sang suami dari wanita hamil itu sedang dalam perjalanan dan mengobrol dengan istrinya melalui telepon. Obrolan basa-basi di telepon tentang meme media sosial yang baru saja dia buat. Si istri tidak tertarik tentang bakat suaminya sebagai pembuat meme. 


Entah dari mana, sebuah truk menabrak mobil suaminya itu dari samping, melemparkan kendaraan ke udara, lalu mobil itu hancur. Sang istri, yang masih menelepon, sangat terkejut dan tak berdaya saat mendengar suara tabrakan itu. Dia menangis, sementara suaminya terbaring mati.

Judul film muncul di layar; Boomika. Dengan latar belakang musik yang tidak menyenangkan. Siapa wanita itu? Siapa pria yang mengemudikan mobil itu? Benarkah dia kecelakaan? Dia tampak seperti orang biasa tanpa rencana jahat. Lagi pula, dia pencipta meme, kerugian apa yang bisa dia lakukan sehingga pantas menerima kematian yang mengerikan dan mendadak itu?

Ini hanya adegan awal dari film India berbahasa Tamil berjudul Boomika. 


Cerita beralih pada seorang Psikolog anak, Samyuktha (Aishwarya Rajesh), bersama suaminya Gautham (Vidhu), putra mereka Sindhu, saudara iparnya Aditi (Madhuri) dan seorang teman bernama Gayathri (Surya Ganapathy) melakukan perjalanan ke tengah hutan terpencil untuk melakukan survei lokasi pembangunan villa mewah di tengah hutan. Semuanya tampak normal sampai malam tiba.

Gayathri tampaknya sedang bertukar pesan dengan seorang teman. Dia senang telah terhubung kembali dengan seorang teman lama. Dan setelah beberapa teks WhatsApp yang menyeramkan, dia mengetahui bahwa temannya itu adalah Krishna — pria yang kecelakaanpada adegan pembuka — telah meninggal beberapa jam yang lalu.

Sejak saat itulah, hal-hal ganjil mulai terjadi dan semakin menegangkan. Samyuktha (Aishwarya Rajesh), Gautham (Vidhu), Sindhu, Aditi (Madhuri) dan Gayathri (Surya Ganapathy) harus berjuang menyelamatkan diri dari villa itu. 

Apa yang terjadi sesungguhnya?

Saksikan film India berbahasa Tamil dengan judul Boomika di jaringan streaming Netflix mulai tanggal 23 Agustus 2021.

Review Film: Boomika

Sebuah villa berhantu, keluarga muda, wanita yang berteriak, pembantu yang acuh tak acuh, dan keserakahan kapitalis — Saya tidak terlalu suka menonton film horor, tetapi bahkan bagi saya, Boomika, film India terbaru berbahasa Tamil karya Rathindran R Prasad adalah seperti film horor kebanyakan. Boomika memiliki semua yang bisa Anda temukan dalam film horor, setia mengikuti pakem ke'horor'an yang telah lazim dipakai sineas lainnya. Anda bisa menebak apa yang akan terjadi selanjutnya dari setiap detik adegannya.

Penulis dan sutradara Rathindran R Prasad memilih pendekatan film dengan genre horor 'monster in the house'. Sebagian besar babak pertama dipenuhi dengan hal-hal yang biasanya terjadi pada film horor. Seperti telepon yang bekerja tanpa sinyal, atau baterai. Hantu yang hanya bisa dilihat di foto, wanita yang tidak bisa berhenti berteriak, dan seterusnya. Musik Prithvi Chandrashekar ditambahkan agar kesan horor semakin meningkat. Berhasilkah? Saksikan sendiri, yak.


Tidak seperti film horor lainnya, Rathindran ingin membuat film horor ini bekerja secara logis. Setiap karakter dalam film ini melakukan apa yang biasanya dilakukan manusia yang ketakutan: lari untuk menyelamatkan diri. Yang menarik adalah para karakter ini bukanlah orang-orang bodoh yang selanjutnya dengan mudah akan menjadi korban. Tidak. Mereka adalah orang-orang cerdas secara pendidikan dan logika. Tapi, tidak bisa melakukannya. Setidaknya itu yang ingin disampaikan Rathindran R. Prashad.

Paruh pertama telah dibangun dengan cukup solid dan berhasil mengantarkan Boomika sebagai film horor yang cukup menegangkan seperti kebanyakan film horor lainnya. Namun, pada babak pengungkapan latar belakang terjadinya semua permasalahan, penonton tak cukup dilibatkan dalam narasi, sehingga penonton akan merasa kurang terikat dengan karakter Boomika. Penonton tidak benar-benar memahami Boomika sebagai pribadi. 

Aishwarya Rajesh berperan sebagai psikolog, seorang istri dari kontraktor Gautham. Mereka memiliki anak bernama Sindhu, yang autis. Bersama dengan saudara iparnya, Aditi, dan temannya Gayatri. Keduanya adalah arsitek. Profesi-profesi para tokoh ini menunjukkan bahwa mereka adalah orang-orang pintar. Semua tokoh dan profesinya ini diperlukan untuk kepentingan cerita Boomika. Para pemainnya telah melakukan tugasnya dengan baik sesuai arahan sutradara.

Aishwarya sangat mengesankan sebagai seorang psikolog yang mencoba memahami situasi yang dihadapinya. Setelah berperan sebagai polisi dalam film terakhirnya Thittam Irandu; sangat menyenangkan bisa melihat dia mengambil karakter yang berbeda dan berhasil memerankannya. 


Pemandangan alam sebagai latar belakang cerita sangat indah, sekaligus menyeramkan. Pengambilan gambar dilakukan di Ooty, sebuah daerah di pedalaman India yang berhasil dalam meningkatkan suasana horor dalam film ini.

Boomika hanyalah metafora. Boomika tidak suka poliester atau plastik. Boomika tidak suka orang memindahkan barang-barangnya. Boomika suka keindahan. Boomika suka melukis tentang keindahan, dan kanvas Boomika tak terbatas. Boomika itu adalah bumi kita.

Penutup

Cerita racikan Rathindran R Prasad, yang sekaligus mengarahkan para pemain ini, terlalu fokus pada pesan sosial yang ingin disampaikan. Dari sisi horor, Boomika tidak membuat terobosan baru. Tapi, saya menyukai ide Rathindran tentang membayangkan kengerian dalam skala yang lebih universal dibandingkan dengan sesuatu yang menakutkan tentang hantu balas dendam. Menggabungkan unsur horor dan pesan sosial tentang lingkungan hidup (ekologi) adalah terobosan baru. Film horor tidak melulu tentang menakuti penontonnya dengan hantu, tapi dengan kengerian besar yang akan terjadi pada bumi kita yang tercinta.

Boomika film India terbaru berbahasa Tamil tayang di Netflix sejak tanggal 23 Agustus 2021.

Boomika

Sutradara : Rathindran Prasad
Pemeran : Aishwarya Rajesh, Avantika V, Surya Ganapathy dan Madhuri
Bahasa: Tamil
Genre: Horor, Thriller
Streaming: Netflix
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url