Fakta Film: Main Khiladi Tu Anari (1994)

FilmIndia.my.id -- Melanjutkan artikel sebelumnya tentang series "Khiladi" yang diperankan oleh Akshay Kumar, film berjudul Main Khiladi Tu Anari adalah Khiladi ke-2 yang dibintangi oleh Akshay Kumar. Film ini diperankan juga oleh Saif Ali Khan, Shilpa Shetty, Shakti Kapoor, dan Kader Khan. Di rilis pada tanggal 23 September 1994, Main Khiladi Tu Anari disutradarai oleh Sameer Malkan dengan musik di garap oleh Anu Malik.


Bagaimana jalan cerita film Main Khiladi Tu Anari dan fakta-fakta apa saja dibalik pembuatan film tersebut? Mari kita simak bersama.

SINOPSIS FILM: MAIN KHILADI TU ANARI

Inspektur senior, Arjun Joglekar ( Mukesh Khanna ) dibunuh oleh pengedar narkoba dan gangster, Goli ( Shakti Kapoor ). Mona ( Shilpa Shetty ), penyanyi kabaret dan juga istri dari Goli, bersedia untuk bersaksi melawan Goli. Mona mendapatkan program perlindungan saksi yang diawasi oleh Inspektur Karan ( Akshay Kumar ), adik Inspektur Arjun. Karan ingin melawan ketidakadilan dan membalas pembunuhan atas saudaranya. 

Ketika Goli mengetahui tentang kesaksian Mona, Goli berusaha membunuh Mona agar tidak bisa bersaksi dan mengungkap kebenaran. 


Deepak Kumar ( Saif Ali Khan ), seorang aktor yang sedang bosan dengan peran-perannya sebagai cowok romantis. Dia ingin melakukan sesuatu yang berbeda dan membawa perubahan pada perannya di film yang akan datang. Lalu Deepak bertemu Inspektur Karan dan sangat terkesan dengan ketegasan, keberanian, dan kejujurannya. Deepak ingin mempelajari perilakunya sehingga dia dapat menggunakan karakter inspektur Karan sebagai cerita untuk film berikutnya. 

Karan bertemu Basanti, yang terlihat sangat mirip dengan Mona. Dia memberi tahu Deepak bahwa Deepak bisa membuat Basanti persis seperti Mona dan bisa ditugaskan untuk melakukan penyamaran di markas Goli. Deepak melatih Basanti dan mempersembahkan "Mona" ke Karan. Lalu Karan menempatkan Basanti di Hotel Moonlight sebagai Mona yang amnesia. Mona bertugas melaporkan kegiatan kriminal Goli. 

Karena sering bertemu, Karan dan Basanti jatuh cinta, sementara Deepak jatuh cinta dengan saudara perempuan Karan, Shivangi ( Rageshwari ). Hal ini membuat Karan marah dan dia mencoba untuk menyingkirkan Deepak. 

Namun Deepak mengingatkan Karan bahwa dia ingin dekat dengan Karan karena dia ingin belajar bagaimana rasanya menjadi polisi. Deepak juga meminta maaf karena mencintai saudara perempuan Karan. 

Bagaimana kisah selanjutnya? Apakah Inspektur Karan berhasil mengungkap pembunuhan yang dilakukan oleh Goli?

FAKTA FILM: MAIN KHILADI TU ANARI

Setelah kita tahu jalan ceritanya, sekarang mari kita bahas tentang apa saja yang terjadi di balik layar film Main Khiladi Tu Anari (1994) ini.

  1. Main Khiladi Tu Anari karya sutradara Sameer Malkan adalah film Bollywood terlaris urutan kelima tahun 1994 di box office India.
  2. Remake dari film Hollywood tahun 1991 berjudul The Hard Way yang dibintangi oleh Michael J Fox dan James Woods.
  3. Film ini sebelumnya berjudul Ek Anari Ek Khiladi, kemudian diganti karena alasan komersial. Main Khiladi Tu Anari dianggap lebih memiliki nilai jual yang lebih komersial dan terbukti superhit di box office.
  4. Main Khiladi Tu Anari adalah hit kedua Akshay Kumar dan Saif Ali Khan setelah mereka berdua main bareng di film Yeh Dillagi yang juga dirilis pada tahun 1994.
  5. Shahrukh Khan tertarik memainkan peran Saif Ali Khan, tetapi mundur saat mengetahui bahwa Akshay Kumar yang menjadi polisinya.
  6. Lagu Zubaan Khamosh Hoti Hai telah digambarkan oleh Akshay Kumar dan Shilpa Shetty, tetapi kemudian dihapus dari film.
  7. Rageshwari kecewa karena lagu Lakhon Haseen gagal digambarkan, sebagai gantinya dia tampil di lagu Main Khiladi Tu Anari.
  8. Shilpa Shetty dijuluki gadis pencuri hati berkat lagu Chura Ke Dil Mera, selain itu dia juga disebut aktris berkaki paling indah.
  9. Saat syuting lagu Zara Zara, Rageshwari menggigit telinga Saif Ali Khan ketika terjatuh karena terlepas dari genggaman tangannya.
  10. Penampilan dan akting Saif Ali Khan menghasilkan nominasi untuk kategori aktor pendukung terbaik Filmfare Awards 1995.
  11. Raveena Tandon tampil cameo sebagai item number lewat lagu My Adorable Darling untuk mendampingi Saif Ali Khan. ***Sebelum dimainkan oleh Shakti Kapoor, karakter antagonis ditawarkan kepada Aditya Pancholi namun dia menolaknya.
  12. Salman Khan pilihan pertama untuk memainkan karakter Saif Ali Khan, tetapi dia menolak karena sibuk syuting empat film.
  13. Peran ganda yang dilakukan oleh Shilpa Shetty terinspirasi dari karakter Amitabh Bachchan dalam film Don tahun 1978.
  14. Akshay Kumar dan Shilpa Shetty mulai terlibat hubungan asmara setelah pembuatan film yang membuat Raveena Tandon kesal.
  15. Raveena Tandon berniat meninggalkan dunia film untuk menikahi Akshay Kumar, tapi dibatalkan karena kehadiran Shilpa Shetty.
  16. Lagu Zubaan Khamosh Hoti Hai adalah pengulangan dari lagu Woh Aankh Hi Kya di film Khuddar yang juga ditata Anu Malik.
  17. Kaisi Padi Maar dalam film Vachan tahun 1974 terdengar sama dengan lagu Zara Zara dalam film Main Khiladi Tu Anari.
  18. Setelah meninjau film ini, Ashok Rowkavi berkomentar bahwa chemistry Akshay Kumar dan Saif Ali Khan memiliki nuansa gay.
  19. Ashok Rowkavi berkata menirukan suara Saif Ali Khan yang menurutnya feminin di film ini sehingga dia dipukuli oleh Saif Ali Khan.
  20. Main Khiladi Tu Anari merupakan film hit keempat Akshay Kumar pada tahun 1994 setelah Mohra, Suhaag dan Elaan.
  21. Tahun 1994 adalah tahunnya Akshay Kumar dan Raveena Tandon yang merupakan superstar Bollywood pada saat itu.
  22. Pada beberapa adegan, suara Akshay Kumar di dubbing oleh orang lain karena dia sibuk mengisi suara untuk sederet film lain.
  23. Lirik ditulis oleh beberapa penyair yaitu Rani Malik, Rahat Indori, Anwar Sagar, Hasrat Jaipuri, Maya Govind dan Zameer Kazmi.
  24. Chura Ke Dil Mera dan Zara Zara adalah lagu paling populer yang menjadi chartbuster pada beberapa platform di India tahun 1994.
  25. Album musik Main Khiladi Tu Anari merupakan salah satu soundtrack Bollywood terlaris tahun 1994 yang terjual 3,5 juta unit.
  26. Intro musik lagu Zara Zara menjadi inspirasi Anu Malik untuk intro musik lagu Bindu Re Bindu dalam film Ram Aur Shyam.
  27. Beberapa adegan disalin dari film Hollywood tahun 1987 yaitu Lethal Weapon yang dibintangi Mel Gibson dan Danny Glover.
  28. Film aksi Bollywood pertama yang diulas oleh kritikus film seni bela diri, Albert Valentin dalam situs internet Bioskop Kung Fu.
  29. Hothon Pe Tera Naam awalnya akan digambarkan untuk mengiringi pembakaran jenazah Mukesh Khanna tetapi digagalkan.
  30. Main Khiladi Tu Anari karya sutradara Sameer Malkan merupakan film Bollywood terlaris tertinggi kelima tahun 1994.
**********000**********

PENUTUP

Nah, itulah tadi yang kami rangkum dari berbagai sumber. Artikel Khiladi lainnya bisa anda baca disini atau mungkin anda tertarik dengan artikel tentang Akshay Kumar, bisa dibaca disni.

Sampai ketemu lagi di edisi Khiladi berikutnya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url