Fakta Film: Khiladi (1994)

FilmIndia.my.id --Ketika saya menyebutkan kata "Khiladi", maka secara otomatis para pecinta Bollywood akan mengingat sebuah nama aktor film India Akshay Kumar. Ya, kan? Iyain ajalah, biar saya senang. Hehehe...

Film seri 'Khiladi' memang unik. Tidak seperti film-film seri lainnya yang jalan ceritanya saling berkaitan, film seri 'Khiladi' tidak punya jalan cerita yang berkaitan sama sekali. Bahkan sutradara dan kru filmnya juga berbeda. Hanya satu persamaan, yakni Akshay Kumar sebagai pemeran utamanya. 

Kebanyakan film seri 'Khiladi' merupakan film Action dan Thriller. Kecuali Mr. And Mrs. Khiladi (1997) dan Khiladi 786 (2012) yang merupakan film komedi. Khiladi sendiri memiliki arti, yakni "pemain". Akshay Kumar digambarkan sebagai seorang pemain yang memainkan permainan kehidupan yang kejam dan mengerikan.

Khiladi (1992) adalah film pertama yang diperankan oleh Akshay Kumar dengan judul Khiladi. Karena kesuksesan film ini pula, hingga kini Akshay Kumar dijuluki sebagai Mr. Khiladi. Hal ini terjadi karena setelah film ini, film lain yang berjudul Khiladi selalu diperankan oleh Akshay Kumar.

Bagaimana sinopsis film Khiladi hingga bisa sukses? Simak ya..


SINOPSIS FILM KHILADI (1992)

Film ini merupakan film pertama dari film seri Khiladi. Dirilis pada tahun 1992 dan disutradarai oleh Abbas - Mustan. Film ini menjadi hit pada tahun itu. Dibintangi oleh Akshay Kumar, Deepak Tijori, Ayesha Jhulka, dan Sabeeha. Film ini bergenre komedi, Action, dan Thriller. 


Mengisahkan tentang sekelompok remaja, yakni Raj (Akshay Kumar), Boney (Deepak Tijori), Neelam (Ayesha Jhulka), dan Sheethal (Sabeeha) yang ingin nge - prank ayah Sheethal dengan cara berbohong padanya kalau Sheethal diculik dan penculik nya menginginkan uang sebanyak Rs. 3 Lakh. Ayah Sheethal benar-benar memberikannya. 

Namun, masalah datang tatkala Sheethal terbunuh beneran secara misterius. Dan yang parahnya lagi, bukti-bukti mengarah kepada mereka bertiga. 

Siapakah pembunuh Sheethal? Apa motifnya?

Saksikan sendiri dalam film India berjudul Khiladi produksi tahun 1992.

FAKTA FILM: KHILADI (1992)

Setelah mengetahui jalan cerita film Khiladi (1992), inilah fakta-fakta dibalik pembuatan film Khiladi (1992) yang sukses itu :

  1. Khiladi adalah film Bollywood terlaris tertinggi kesepuluh tahun 1992 di box office dan superhit besar pertama Akshay Kumar.
  2. Deepak Tijori berkata bahwa dia adalah Khiladi yang menjadi alasan kesuksesan film sehingga membuat Akshay Kumar kesal.
  3. Khiladi mendapat inspirasi dari hit Khel Khel Mein yang dibintangi oleh Rishi Kapoor dan Neetu Singh pada tahun 1975.
  4. Setelah film Khiladi, komedian Johnny Lever selalu muncul di sebagian besar film karya sutradara duo Abbas-Mustan.
  5. Karakter Anna yang diperankan oleh Johnny Lever menjadi sorotan dan dianggap sebagai salah satu penampilan terbaiknya.
  6. Pooja Bedi menolak peran utama karena sudah terikat kontrak Jo Jeeta Wohi Sikandar yang akhirnya dimainkan oleh Ayesha Julka.
  7. Aktor utama pertama kali ditawarkan kepada Arbaaz Khan, tetapi menolak karena ingin diluncurkan Sohail Khan di film Ram.
  8. Produser ingin menambahkan lagu Hoke Mann Aaj Magan dan disetujui sutradara tapi lagu itu akhirnya diedit sebelum film dirilis.
  9. Nama Akshay Kumar dihapus dari daftar pemain pada beberapa film, tetapi dibatalkan karena faktor kesuksesan film Khiladi.
  10. Khiladi merupakan hit terbesar Ayesha Julka sepanjang karirnya di industri perfilman Bollywood selain Jo Jeeta'Wohi Sikandar.
  11. Musik latar yang diputar ketika Deepak Tijori bersembunyi dari preman di bawah jip disalin dari film Agneepath tahun 1990.
  12. Shola Aur Shabnam yang dibintangi Govinda dan Divya Bharti awalnya berjudul Khiladi tetapi kehilangan hak atas Venus.
  13. Abbas-Mustan hampir mengkasting Govinda dan Rishi Kapoor sebelum mereka memilih Akshay Kumar dan Deepak Tijori.
  14. Akshay Kumar menerima Khiladi karena tertarik pada jumlah lagu, tema aksi, dan judul yang singkat bukan karena naskah filmnya.
  15. Johny Lever mengimprovisasi perannya dan menambahkan sentuhannya sendiri serta beberapa dialog kocak ditambahkan olehnya.
  16. Kontraktor Dinyar yang berperan sebagai kepala sekolah menjadi terkenal dikarenakan kemampuannya menggetarkan telinga.
  17. Meski meraih hit besar di film ini, Abbas-Mustaan ​​dan Jatin-Lalit tidak pernah bekerja sama lagi pada proyek film berikutnya.
  18. Sebagian besar nada lagu Hoke Mann Aaj Magan didaur ulang oleh Jatin-Lalit untuk lagu Raju Ban Gaya Gentleman.
  19. Adi Irani dipertimbangkan untuk karakter Boney, tetapi karena Aashiqui meraih hit besar akhirnya produser memilih Deepak Tijori.
  20. Majalah Filmfare memuat artikel bahwa Akshay Kumar dan Ayesha Julka terlibat cinta lokasi saat pembuatan film ini.

 

PENUTUP

Bagaimana? Seru, kan?

Artikel ini masih bersambung ke film Khiladi yang lainnya. Namun, sambil menunggu Khiladi yang lain rilis, coba simak artikel Fakta Film India yang lainnya di sini.

 

Note: Artikel ini ditulis oleh Ucietya Dyadra dan telah terbit di Facebook pada hari Senin, 19 Juli 2021

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url