Kisah Pekerja Seks Sukses Jadi Walikota

Kisah Pekerja Seks Sukses Jadi Walikota

Oleh: Sherly Lorenza

Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika mendengar istilah “Pekerja Seks”?

Gangubai Kathiawadi oleh Alia Bhatt
Sumber gambar: deadline.com

Sudah pasti istilah “Pekerja Seks” akan merujuk pada makna yang negatif dan hina. Pekerja seks umumnya identik dengan perempuan, dan sehubungan dengan hal tersebut pada ulasan film kali ini kita akan membahas kisah seorang perempuan pekerja seks yang menjadi Walikota di India.

Gangubai Kathiawadi adalah film berbahasa Hindi atau film Bollywood yang rilis pada tanggal 25 Februari 2022. Film ini diproduksi oleh Bhansali Production di bawah arahan sutradara Sanjay Leela Bhansali. Bintang utamanya adalah aktris Alia Bhatt yang berperan sebagai Ganga Jagjivandas atau Gangubai Kathiawadi. Selain Alia, aktor Ajay Devgan dan pendatang baru Shantanu Maheshwari juga membintangi film Gangubai Kathiawadi.

Poster Gangubai Kathiawadi
Sumber gambar: celebrities.id

ALUR CERITA GANGUBAI KATHIAWADI (2022)

Film dibuka dengan cerita seorang gadis bernama Ganga Jagjivandas yang dibawa pergi ke Bombay (Mumbai) oleh kekasihnya, Ramnik. Ganga diiming-imingi oleh Ramnik akan menjadi seorang Aktris seperti yang diimpikan oleh Ganga.

Sesampainya di Bombay, Ganga dibawa ke rumah seorang perempuan bernama Sheela. Ramnik mengatakan kalau Sheela adalah bibinya. Namun, kenyataannya ternyata Sheela adalah seorang mucikari atau germo. Ganga yang polos pun hanya menurut meski dia mengatakan tidak menyukai rumah Sheela yang kotor.

Setelah bertemu dengan Sheela, Ramnik menyerahkan Ganga dan menukarnya dengan uang. Maknanya, Ramnik menjual Ganga kepada Sheela. Mengetahui dirinya diperlakukan demikian, Ganga merasa hancur.

Pada suatu waktu, Sheela ditemukan meninggal dunia dalam keadaan terbaring bersama tumpukan uang hasil bisnis haramnya. Seketika itu pula Ganga yang semakin eksis mengambil alih kepemimpinan di rumah bordil Sheela.

Ganga kemudian mengubah namanya menjadi Gangubai Kathiawadi. Dia merasa tidak pantas lagi memakai nama Ganga yang suci, sedangkan jati dirinya sangat hina. Ganga (kemudian disebut Gangubai) pun mengembangkan bisnis rumah bordil tersebut dengan caranya sendiri. Dia tidak keji terhadap perempuan-perempuan yang bekerja untuknya, tidak seperti Sheela.

Eksistensi Gangubai makin hari makin meningkat. Dirinya dikenal sangat bijaksana oleh masyarakat Kamathipura. Setiap orang hormat padanya walaupun dia adalah seorang pekerja seks.

Berkat eksistensinya tersebut, ketika Gangubai ikut serta dalam pemilihan kepala daerah melawan Raziabai, dia berhasil menang. Gangubai menjadi Walikota Kamathipura (di dalam film disebut President Kamathipura).

Semenjak dipimpin oleh Gangubai, Kamathipura menjadi kota yang lebih terurus dan bercahaya, Berbeda dengan era kepemimpinan Raziabai sebelumnya yang sangat kumuh dan tidak teratur. Gangubai juga membuat para lelaki menjadi lebih menghargai perempuan.

Bagi Gangubai, meskipun dirinya dan para perempuan pekerja seks di Kamathipura adalah kaum yang hina, mereka tetap harus mendapatkan hak yang sama dengan masyarakat lainnya, yaitu dihormati dan dihargai.

Adegan Gangubai Kathiawadi
Sumber gambar: scroll.in

ULASAN GANGUBAI KATHIAWADI (2022)

Secara keseluruhan film ini adalah film yang epik. Seorang Sanjay Leela Bhansali nyaris selalu berhasil membuat karya film yang memukau. Alur film Gangubai Kathiawadi dikisahkannya dengan amat runtut. Penggambaran tokoh dan watak dilakukan dengan sangat baik, dan Alia Bhatt adalah pilihan yang tepat sebagai Gangubai. Kelebihan yang dimiliki Alia adalah selain aktingnya yang berkualitas, aksen Hindi-nya juga kuat dan kental.

Sejatinya, film Gangubai Kathiawadi adalah film yang diadaptasi dari buku Mafia Queens of Mumbai ditulis oleh Hussain Zaidi. Buku tersebut mengisahkan tentang kehidupan Sang Ratu Mafia, Gangubai Kathiawadi yang eksis pada masanya. Sungguh hal yang mengerikan apabila di negara kita juga memiliki ratu mafia seperti Gangubai, bukan?

Hal yang kurang dari film ini adalah bagian akhir yang membuat geram. Gangubai yang telah sukses tidak memutuskan untuk pulang ke kampung halamannya, dia justru tetap tinggal di Kamathipura dengan alasan ingin menanti Ramnik.

Gangubai mungkin ingin kembali bersama Ramnik yang telah membawanya ke Kamathipura, atau apakah justru ingin menghabisi Ramnik karena telah menghancurkan hidupnya?

Tidak ada yang tahu. Lagipula, gaya akhir cerita film yang demikian adalah ciri khas yang melekat pada Sanjay Leela Bhansali.

Secara komersil film Gangubai Kathiawadi cukup sukses di Box Office. Dilansir dari laman Wikipedia, film ini bermodalkan 100-160 crore, lalu meraih penghasilan yang diperkirakan sekitar 209,77 crore.

Berkat film ini pula eksistensi Alia Bhatt kembali melejit. Peran Alia sebagai Gangubai sangat ikonik dan akan dikenang.

Apa pendapatmu tentang Kisah Pekerja Seks Sukses Jadi Walikota? Yuk, beritahu kami di kolom komentar.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Dapatkan artikel review dan sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, dan semua hal tentang film India ada disini. Kalian juga bisa menonton film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url