Bioskop India Rayakan Ulang Tahun Amitabh Bachchan Ke-80

Bioskop India Rayakan Ulang Tahun Amitabh Bachchan Ke-80

Kalau Anda penggemar film Bollywood, pasti pernah mendengar nama 'Inspektur Vijay'. Tokoh ikonik inspektur polisi yang diperankan oleh sosok tampan, tinggi besar, dengan suara baritonnya yang khas itu.

Inspektur Vijay adalah tokoh yang diperankan oleh Amitabh Bachchan dalam film Zanjeer (1973), yang berhasil menjadikan Amitabh Bachchan sebagai nominasi pemeran utama pria terbaik dalam Filmfare Award. Film Zanjeer ini sering riwa-riwi di televisi nasional jaman dulu, sehingga orang Indonesia selalu ingat tentang sosok polisi baik pembela kebenaran bernama "Inspektur Vijay".

Selama tahun 1970-1980, ia adalah aktor yang paling dominan dalam film India; bahkan sutradara Prancis Fran├žois Truffaut menyebutnya 'One Man Industry'. Era 80-90 an, orang-orang menyebut Amitabh Bachchan sebagai 'Angry Young Man'. Semua julukan itu disematkan berkat peran-peran ikonik yang dilakukan Amitabh Bachchan dalam film-filmnya yang menghiasi layar lebar.

Ratusan judul film telah ia lakoni selama karirnya yang dimulai di tahun 1969. Di bulan Oktober tahun ini, Amitabh Bachchan akan genap berusia 80 tahun. Untuk merayakan hari ulang tahun sang mega bintang ini, Bioskop India rayakan ulang tahun Amitabh Bachchan dengan menggelar sebuah festival film khusus untuk film-film Amitabh Bachchan.

Festival Film Amitabh Bachchan

Jaringan bioskop terbesar di India, PVR bekerjasa sama dengan Film Heritage Foundation akan menggelar festival film Amitabh Bachchan. Acara yang rencananya akan digelar selama empat hari itu diberi nama 'Bachchan Back To The Beginning'

Acara festiva film Amitabh Bachchan ini akan dibuka pada 8 Oktober dan ditutup pada 11 Oktober 2022. Tepat di hari ulang tahun sang mega bintang; Amitabh Bachchan. Pertunjukan film ini sebanyak 172 kali tayang yang terbagi dalam 30 layar di 22 gedung bioskop PVR di seluruh India. 


Dalam festival film itu, PVR akan menayangkan film-film yang telah dibintangi Amitabh Bachchan seperti Don, Kaala Patthar, Kabhi Kabhie, Amar Akbar Anthony, Namak Halaal, Abhimaan hingga Chupke Chupke.

Selain festival film, juga akan digelar pameran khusus memorabilia yang juga diadakan di PVR cinemas di Juhu, Mumbai.

“PVR senang sekali dapat bermitra dengan Amitabh Bachchan untuk festival film ini. Kami sangat senang untuk menanyangkan film-film Mr.Amitabh Bachchan yang legendaris,” ujar ketua dan direktur pelaksana, PVR Ltd yang dikutip dari Bollywood Hungama pada Minggu (2/10/2022).

Amitabh Bachchan Senang

Disamping itu, Amitabh Bachchan mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan adanya festival film itu, apalagi penggemarnya akan dibawa ke masa dimana dia memerankan film-film yang memberinya kesuksesan hingga saat ini.

Amitabh Bachchan mengatakan bahwa dirinya tidak pernah berpikir akan melihat hari dimana semua film dari awal karirnya akan kembali ke layar lebar.

"Ini adalah inisiatif luar biasa dari Film Heritage Foundation dan PVR untuk memamerkan bukan hanya karya saya, tetapi juga karya sutradara, sesama aktor, dan teknisi saya yang membuat film-film ini. Ini seperti membawa kembali era yang telah berlalu, tetapi tetap dikenang.

Itulah sebabnya mengapa menyelamatkan warisan film India sangat penting. Saya berharap ini hanyalah awal dari banyak festival film-film penting perfilman India yang akan datang dan bisa mengembalikan orang untuk kembali ke layar lebar, " kata aktor berusia 80 tahun itu dalam sebuah pernyataan.

Harga Tiket Festival Film Amitabh Bachchan

Sebagai acara khusus untuk para penggemarnya, Bioskop PVR Cinemas menyediakan tiket film seharga Rs 400 (setara Rp 80.000,-) untuk seluruh judul film yang ditayangkannya. Tiket itu dapat dibeli secara online melalui Aplikasi dan web PVR. Tiket itu berlaku sepanjang hari di salah satu dari 22 bioskop tempat film diputar. 

Untuk tiket pertunjukan tunggal, harga tiketnya dibandrol Rs 80 (setara Rp 16.000,-). Anda bisa melakukan pemesanan melalui situs web resmi Bioskop PVR mulai hari ini.

Tujuan Festival Film Amitabh Bachchan

Dungarpur, direktur Film Heritage Foundation, mengatakan festival ini bertujuan untuk memberikan pengalaman sinematik dari film-film Amitabh Bachchan kepada penonton masa kini.

"Saat tumbuh dewasa, saya adalah penggemar berat Amitabh Bachchan. Saya sangat senang bahwa Film Heritage Foundation bisa memberikan penghormatan kepada Mr. Bachchan pada ulang tahunnya yang ke-80 dengan menggelar festival empat hari di seluruh negeri. Merupakan tugas besar kami untuk mengumpulkan yang terbaik dari film-film awal yang meluncurkannya sebagai superstar. Ini juga untuk memberikan pengalaman sinematik yang sama di layar lebar bagi penonton di seluruh India", tambah Dungarpur.

Dungarpur mengatakan dia berterima kasih kepada PVR Cinemas karena telah bersedia untuk memutar film ikonik dari aktor veteran tersebut.

Pameran Memorabilia Amitabh Bachchan

Dungarpur juga berterima kasih kepada produser film Siddharth Roy Kapur atas dukungannya hingga mereka bisa mengadakan festival dan menggelar pameran memorabilia Amitabh Bachchan di teater PVR di Juhu, pinggiran kota Mumbai. 

Pameran memorabilia ini dikuratori oleh sejarawan film, penulis dan arsiparis SMM Ausaja. Pameran ini akan mencakup koleksi memorabilia yang beragam dan dikuratori dengan sangat cermat, termasuk poster antik dan langka, foto yang tak pernah terlihat dari karier superstar, karya seni pesanan, jaket LP, sampul majalah, standing banner raksasa setinggi tujuh kaki, dan kostum Shahenshah yang asli. 

Ajay Bijli, Chairman & Managing Director, PVR Ltd, mengatakan mereka senang bermitra dengan Film Heritage Foundation untuk festival tersebut.

"Kami sangat senang bahwa untuk pertama kalinya kami dapat menggelar festival film seperti ini di seluruh negeri untuk merayakan karya sang Megastar pada skala yang sesuai dengan ikon terbesar perfilman India," kata Bijli.

Apa pendapatmu tentang Bioskop India Rayakan Ulang Tahun Amitabh Bachchan Ke-80? Yuk, beritahu kami di kolom komentar.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Dapatkan artikel review dan sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, dan semua hal tentang film India ada disini. Kalian juga bisa menonton film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url