11 Film Shah Rukh Khan Sukses Rilis Saat Diwali

11 Film Shah Rukh Khan Sukses Rilis Saat Diwali

Diwali merupakan festival paling populer dan sangat dinantikan umat Hindu di India dan belahan dunia lainnya. Perayaan Diwali diadakan selama lima hari berturut-turut berdasarkan kalender Hindu bulan Ashwayuja. Tahun ini, Diwali dirayakan mulai tanggal 24 Oktober 2022.

Shah Rukh Khan dalam perayaan Diwali

Film Baru Saat Diwali

Biasanya, saat momen perayaan Diwali, produser film India akan merilis film terbaru untuk memeriahkan perayaan Diwali. Di tahun ini ada dua film bollywood yang memilih rilis tepat saat Diwali, yaitu Thank God dan Ram Setu .

Sayangnya, kedua film tersebut kurang bekerja baik di sisi pendapatan. Film Thank God yang dibintangi Sidharth Malhotra, Ajay Devgn, dan Rakul Preet Singh hingga hari ke-5 hanya bisa menghasilkan Rs 23,25 crore (setara Rp 46 milyar). Sedangkan Ram Setu yang dibintangi oleh Akshay Kumar dan Jacqueline Fernandez berhasil mengumpulkan Rs 47,5 crore (setara Rp 95 milyar). Demikian menurut laporan Box Office India.

Shah Rukh Khan Dan Diwali

Pada saat-saat seperti ini, kami merasa rindu dengan kehadiran film Shah Rukh Khan yang rilis pada perayaan Diwali. Biasanya, film-film Shah Rukh Khan yang rilis pada perayaan Diwali bisa membuat penonton berduyun-duyun datang ke bioskop dan memberikan kesuksesan box office.

Dalam lebih dari 30 tahun karirnya di industri Bollywood, kita telah menyaksikan 11 film Shah Rukh Khan sukses rilis saat Diwali. Film-film itu telah menjadi hit besar dan populer hingga saat ini.

Film Shah Rukh Khan pertama yang dirilis pada Diwali adalah film karya Abbas-Mustan yang rilil tahun 1993. Film itu berjudul Baazigar. Di film ini pula Shah Rukh Khan mengawali perannya sebagai karakter negatif atau antagonis untuk pertama kali dalam karirnya.

Poster film Baazigar

Film Baazigar mendapatkan ulasan positif dan sukses besar.

Namun, rilis Diwali yang kedua adalah rilis yang benar-benar mengubah Shah Rukh Khan menjadi superstar terbesar di zamannya. Film tersebut adalah film laris sepanjang masa dari sinema India; Dilwale Dulhania Le Jayenge .

Adegan Dilwale Dulhania Le Jayenge

Dan sejak itu, perayaan Diwali yang meriah selalu identik dengan film Shah Rukh Khan. Bahkan, meski ada superstar lain yang berani merilis film bersama SRK, tidak ada yang bisa mengalahkan perolehan box office dari film yang dibintangi Shah Rukh Khan.

Bentrokan Saat Rilis Diwali

Melihat kesuksesan film-film yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan, beberapa produser film ingin mengikuti jejak SRK dengan merilis film baru saat Diwali. Akibatnya, terjadi perebutan penghasilan atau bentrokan box office di India.

Poster film Veer-Zaara

Beberapa bentrokan box office Diwali paling populer dari Shah Rukh Khan adalah saat rilis film Veer-Zaara. Film itu rilis bersama dengan film Aitraaz yang dibintangi oleh Akshay Kumar, Kareena Kapoor, dan Priyanka Chopra. Bentrokan ini terjadi pada tahun 2004.

Hasilnya?

Poster film Aitraaz

Veer-Zaara berhasil mengoleksi Rs 97 crore (setara Rp 194 milyar), sedangkan Aitraaz harus puas dengan pendapatan sebesar Rs 26 crore (setara Rp 52 milyar).

Di tahun 2006, lagi-lagi Shah Rukh Khan harus berhadapan dengan bintang besar. Saat Diwali tahun 2006 ada film yang mempertemukan 2 kekuatan gabungan dari Salman Khan dan Akshay Kumar. Mereka merilis film Jaan-E-Mann , sedangkan Shah Rukh Khan merilis film yang disutradari oleh Farhan Akhtar; Don .

Sekali lagi, Shah Rukh Khan menunjukkan kekuatannya. Film Don berhasil meraih Rs 106 crore (setara Rp 212 milyar), sedangkan film Jaan-E-Mann harus puas dengan pendapatan Rs 46 crore (setara Rp 92 milyar).

Pada perayaan Diwali tahun 2012, menjadi nasib buruk bagi Ajay Devgn. Tahun itu Ajay Devgn mencoba peruntungannya dengan merilis film Son Of Sardaar saat Diwali. Bentrokan tak terelakkan di box office terjadi.

Yash Raj Films yang sudah siap dengan film bollywood terbaru dari Shah Rukh Khan, Katrina Kaif, dan Anushka Sharma yang berjudul Jab Tak Hai Jaan rilis saat Diwali. Tentu saja, Son of Sardaar harus gigit jari meratapi nasib kegagalannya di box office.

Son of Sardaar harus puas dengan perolehan Rs 105 crore, sedangkan Jab Tak Hai Jaan berhasil membawa pulang uang sebanyak Rs 216 crore.

Saat Diwali tahun 2014, Shah Rukh Khan merilis film Happy New Year. Saat itu Shah Rukh Khan harus berhadapan dengan film besar karya Sanjay Leela Bhanshali yang berjudul Bajirao Mastani.

Poster Bajirao Mastani

Happy New Year yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Deepika Padukone tercatat menghasilkan Rs 408 crore (setara Rp 816 milyar), sedangkan Bajirao Mastani yang juga dibintangi oleh Deepika Padukone berhasil membawa uang sebanyak Rs 356 crore (setara Rp 712 milyar).

Meski kedua film ini dinyatakan sukses, namun Happy New Year milik Shah Rukh Khan berhasil mendapatkan pendapatan lebih besar. Bahkan, Happy New Year memecahkan rekor pembukaan terbesar sepanjang masa untuk sebuah film India saat itu.

Poster film Happy New Year

Daftar 11 Film Shah Rukh Khan Rilis Diwali

Berikut ini adalah daftar 11 film Shah Rukh Khan yang rilis saat Diwali:

  1. Baazigar (1993)
  2. Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)
  3. Dil To Pagal Hai (1997)
  4. Kuch Kuch Hota Hai (1998)
  5. Mohabbatein (2000)
  6. Veer-Zaara (2004)
  7. Don (2006)
  8. Om Shanti Om (2007)
  9. Ra.One (2011)
  10. Jab Tak Hai Jaan (2012)
  11. Happy New Year (2014)

Saat ini, Shah Rukh Khan memiliki tiga film yang akan rilis pada tahun 2023. Tetapi tidak ada satupun yang dirilis saat Diwali.

Apa pendapatmu tentang 11 Film Shah Rukh Khan Sukses Rilis Saat Diwali? Yuk, beritahu kami di kolom komentar.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Dapatkan artikel review dan sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, dan semua hal tentang film India ada disini. Kalian juga bisa menonton film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url