Review Film: Toofaan (2021) Tayang Di Amazon Prime Video India

FilmIndia.my.id --Melanjutkan ulasan film Akhir Pekan yang sedang tayang, kali ini kami siap dengan film Hindi terbaru berjudul Toofaan. Film India Toofaan tayang di Amazon Prime Video India sejak tanggal 16 Juli 2021. Dibintangi oleh Farhan Akhtar, Paresh Rawal, Mrunal Thakur, dan Vijay Raaz, Toofan disutradarai oleh Rakeysh Omprakash Mehra. Seperti apa filmnya?

SINOPSIS FILM: TOOFAAN (2021)

Aziz Ali (Farhan Akhtar) adalah preman di daerah Dongri, Mumbai. Pekerjaan sehari-harinya adalah 'debt collector' dari seorang rentenir. Suatu saat Ali terluka setelah habis berantem saat bertugas. Ali pergi ke rumah sakit dan ditangani oleh Ananya (Mrunal Thakur). Sejak itu Ali sering bertemu dengan Ananya.

Mrunal Thakur sebagai Ananya

Pada saat Ali diajak temannya ke gym, disitu Ali bertemu Nana Prabhu, seorang Pelatih Tinju. Sejak itu Ali tertarik pada tinju dan memutuskan untuk menjadi atlit tinju  Sayangnya, Nana Prabhu adalah orang yang anti - Islam. Hal itu disebabkan karena istrinya meninggal dalam kejadian bom bunuh diri beberapa tahun silam. Ali tetap berlatih dan menunjukkan bakatnya, hingga Prabhu akhirnya menyetujui untuk menjadi pelatih Ali. 

Hubungan Ali dan Ananya semakin dekat hingga akhirnya mereka sepakat untuk menjadi sepasang kekasih. Saat itu Ali mengikuti kompetisi tinju tingkat negara bagian. Berkat semangat yang diberikan Ananya, Ali berhasil meraih medali emas di kompetisi negara bagian.

Akan tetapi, pada saat kemenangan itu terjadi, Ali mengetahui bahwa Ananya adalah putri dari Nana Prabhu. Demikian sebaliknya, Nana Prabhu mengetahui bahwa kekasih Ali adalah putri satu-satunya. Ali marah kepada Ananya karena tidak memberitahu tentang ayahnya. Nana Prabhu marah kepada Ali karena Ali seorang muslim. Dan tentu saja Nana tak merestui hubungan Ali dan Ananya.

Bagaimana kisah selanjutnya?

Selama 2 jam 46 menit, saksikan film Toofaan tayang di Amazon Prime Video India mulai tanggal 16 Juli 2021.

REVIEW FILM: TOOFAAN (2021)

Farhan Akhtar dikenal selalu mampu untuk memberikan penampilan yang solid dalam setiap film-film yang dibintanginya. Sama seperti dalam film Toofaan ini. Cara dia berlatih untuk perannya, sangat solid. Bahkan beberapa postur tubuhnya mengingatkan saya pada film India Dangal (2016) yang diperankan Aamir Khan. Ya, Farhan terlihat kekar, di adegan lain dia terlihat memiliki perut buncit. Dan ini asli, bukan rekayasa kulit sintetis.

Mrunal Thakur juga tampil luar biasa sebagai kekasih Farhan. Dia memainkan peran yang menenangkan dalam film ini. Dan itu terlihat bagus. Tak sekedar sebagai love interest tokoh utama, kehadiran Mrunal Thakur turut memberi warna tersendiri untuk Toofaan. Saya suka senyumnya di film ini.

Sasana latihan tinju, dan ring tinju untuk pertandingan bisa ditampilkan dengan baik. Latihan yang dilakukan Farhan seperti terlihat nyata.

Namun bintang yang paling besar pengaruhnya adalah Paresh Rawal yang memerankan Nana Prabhu sang pelatih. Dia hebat dan bisa memberikan banyak kedalaman pada film Toofaan. Lebih dari sekedar pertarungan tinju, dialognya dengan Farhan di berbagai adegan sangat luar biasa. Akting terbaik untuk 3 tokoh utama pilihan saya jatuh kepada Paresh Rawal. 

Toofaan merupakan film yang memiliki premis serupa dengan film bertema olah raga, khususnya olahraga tinju. Cerita semacam ini sudah sering muncul di film-film India. Tidak ada yang baru yang ditunjukkan oleh Toofaan. Hanya setting yang berbeda, akan tetapi perjuangan yang dilalui tokoh utama sudah biasa terlihat hampir di semua film sejenis.

Sudut emosional dari Toofaan memang terlihat nyata. Dan penonton pasti dapat merasakan setiap emosi dan perkembangan setiap tokohnya. Tapi, ya itu tadi, Toofaan mengikuti stereotip film yang sama, sehingga endingnya pun tak mengejutkan. Sangat terprediksi. 

Selain set lokasi dan background cerita yang terlihat meyakinkan, Toofaan memiliki musik latar belakang yang pas. Ada 5 lagu di film ini, dan saya hanya menyukai lagu Star Hai Tu dan Toofaan Title Track. 3 lagu lainnya sukses  membuat saya mengantuk.

Sutradara Rakeysh Omprakash Mehra telah memiliki aktor handal untuk film Toofaan. Bisa dipastikan sang sutradara tak perlu kesulitan dalam mengarahkannya. Hasilnya bagus. Sayangnya, guliran ceritanya terlalu umum dan bisa ditebak.Arahan dan akting pemain yang bagus pun terasa biasa karena saking mudahnya ditebak.

PENUTUP

Secara keseluruhan, Toofaan adalah drama tinju yang memiliki premis yang dapat diprediksi dengan adegan film olahraga yang biasa kita lihat di film India pada masa-masa sebelumnya. Farhan Akhtar bekerja sangat keras pada tubuh dan penampilannya. Emosi semua tokohnya bagus. Akan tetapi cerita yang terlalu umum ini sukses membuat banyak orang enggan menontonnya.

Jika anda suka film dengan genre olahraga, Toofaan adalah tontonan bagus untuk mengisi waktu luang selama PPKM diperpanjang ini.  Film Toofaan tayang di Amazon Prime Video India mulai tanggal 16 Juli 2021.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url