Lata Mangeshkar telah meninggal pada 6 Februari 2022, dalam usia 92 tahun. Disebut sebagai burung bulbul Bollywood, penyanyi veteran itu menjadi artis paling terkenal di India saat ia menggunakan suaranya pada lebih dari 30.000 lagu dalam berbagai bahasa selama karirnya yang berlangsung lebih dari tujuh dekade. 

Penghormatan Terakhir Negara India Kepada Lata Mangeshkar

Berkarir sejak usianya 13 tahun, Lata Mangeshkar telah menghasilkan ribuan lagu berbahasa Hindi dan bahasa-bahasa lainnya. Selama lebih dari 70 tahun masa karirnya, puluhan penghargaan telah diterima Lata dari Pemerintah India. 

Kini, Pemerintah India mengumumkan 2 hari Berkabung Nasional untuk mengenang dan pemberian penghargaan terakhir kepada penyanyi Lata Mangeshkar yang meninggal hari ini. Hari berkabung ini ditetapkan mulai hari Minggu 6/2 sampai Senin 7/2.

Selama hari berkabung nasional ini, seluruh instansi pemerintahan di India akan mengibarkan bendera setengah tiang. Pemakaman Lata Mangeshkar akan diadakan dengan upacara kehormatan penuh di Taman Shivaji Mumbai. Perdana Menteri Narendra Modi juga akan hadir langsung untuk memberi penghormatan kepada mendiang penyanyi.

Selain itu, pemerintah India juga melarang berbagai macam bentuk acara hiburan selama hari berkabung ini. Semua itu dilakukan oleh pemerintah India untuk memberikan penghormatan terakhir untuk Lata Mangeshkar.

Penghargaan Internasional

Penyanyi ini diakui karena bakat menyanyinya tidak hanya di India tetapi juga di tingkat internasional. Di antara berbagai pencapaiannya, Lata Mangeshkar juga dianugerahi dengan penghargaan sipil tertinggi India pada tahun 2001. 

Dalam karir Bollywood-nya, Lata Mangeshkar itu mengabadikan beberapa lagu seperti Lag Jaa Gale, Ek Pyaar Ka Nagma Hai, Aye Mere Watan Ke Logon, dan lainnya. Suara khasnya yang melengking tinggi akan tetap tinggal di hati kita selamanya. 

Sementara suaranya yang penuh perasaan menyenandungkan lagu India, di dunia kontribusinya juga diakui secara Internasional bagi industri musik. Berikut ini adalah beberapa pencapaian internasional terbesarnya yang akan membuat semua orang India merasa bangga. 

Guinness Book of World Records

Suaranya yang berhasil membentuk industri musik India juga diakui secara internasional dalam Guinness Book of World Records. Lata Mangeshkar terdaftar dalam Guinness Book of World Records sebagai artis penyanyi paling banyak tercatat dalam sejarah, dengan lebih dari 30.000 lagu dikreditkan kepadanya dalam berbagai bahasa. 

Penyanyi ini juga diketahui telah melantunkan suaranya untuk dalam berbagai bahasa India antara lain Hindi, Bengali, dan Marathi. Bahkan, beberapa kali Lata berkolaborasi dengan H. Rhoma Irama dalam lagu berbahasa Indonesia.

Disk Platinum dari EMI London

Lata Mangeshkar telah terdaftar sebagai satu-satunya orang Asia yang menerima Platinum Disc dari EMI London.

Kewarganegaraan Kehormatan 

Menurut laporan, pada tahun 1980, penyanyi legendaris itu mendapat kehormatan sebagai warga negara Republik Suriname, Amerika Selatan. Tidak hanya itu, dia juga dianugerahi Kewarganegaraan Kehormatan Amerika Serikat di Houston, Texas pada tahun 1987. 

Penghargaan sipil tertinggi Prancis 

Di antara beberapa pencapaian internasional Lata Mangeshkar, salah satunya adalah ia juga dianugerahi Legiun Kehormatan oleh Prancis pada tahun 2010. Legiun Kehormatan, adalah penghargaan jasa tertinggi Prancis, bagi rakyat militer maupun sipil. 

Dunia Kehilangan Sang Legenda

Kini Lata Mangeshkar telah mengucapkan selamat tinggal kepada kita. Prestasi penyanyi dan lagu-lagunya akan terus membuat kita bangga dan merayakan seluruh warisan yang dia tinggalkan. Duka mendalam dirasakan jutaan orang di India, bahkan di dunia.

Deretan selebriti bollywood pun beramai-ramai mengungkapkan rasa dukanya yang mendalam di media sosial. Mereka semua merasa kehilangan.

Berikut ini beberapa status yang ditulis para selebriti bollywood sesaat setelah Lata Mangeshkar meninggal dunia.

 

Kini, sang legenda telah tiada. Namun lagu-lagunya akan selalu menggema di ruang dengar kita semua. Selamanya. Selamat jalan Lata Mangeshkar. Tenanglah engkau disana.