Sinopsis Film: 420 IPC, Ketika Akuntan Menjadi Tersangka

420 IPC atau Pasal 420 dalam KUHP India adalah pasal yang mengatur tentang penyerahan properti. Dalam pasal ini, tindakan Kecurangan dan/atau tindakan tidak jujur untuk penyerahan properti akan mendapatkan sanksi hukuman penjara dan denda maksimum 7 tahun.

Film India ini diproduksi oleh Zee Studios untuk konten pada jaringan streamingnya; ZEE5 dan telah tayang pada tanggal 17 Desember 2021. Ditulis dan disutradarai oleh Manish Gupta, film 420 IPC dibintangi  oleh Rohan Vinod Mehra, Vinay Pathak, dan Gul Panak.

Drama ruang sidang berdurasi 90 menit ini cukup singkat, namun memiliki cerita yang efektif dengan kejutan/twist yang  membuat penontonnya terkecoh hingga menit terakhir. 

Sinopsis Film 420 IPC

Bertempat di Mumbai tahun 2015,  Bansi Keswani (Vinay Pathak) seorang Akuntan Publik dengan klien orang-orang berpengaruh. Sementara kliennya kaya raya, Pak Keswani terlilit hutang. Rumahnya akan disita bank karena sudah berbulan-bulan menunggak cicilan. 

Salah satu kliennya, Wakil Direktur MMRDA (Dinas Tata Ruang Wilayah Kota Mumbai) ditangkap oleh CBI dalam kasus penggelapan dana anggaran pembangunan jalan layang senilai Rs. 12 crore (setara Rp. 27 Milyar) . Akibatnya, Keswani juga menjadi objek pemeriksaan CBI (Central Beuro Investigation/Komisi Pemberantas Korupsi). Rumah Keswani digeledah, Keswani pun ditangkap. 

Setelah penyelidikan menyeluruh terhadap seluruh aliran dana dan properti milik Keswani, pihak CBI tidak menemukan bukti. Keswani dibebaskan dari segala tuntutan.

2 bulan kemudian, kontraktor Neeraj Sinha, salah satu klien Keswani, menuduh Keswani mencuri dan memalsukan 3 cek kosong senilai Rs. 1,5 Lakh (setara Rp. 300 juta). Setelah digeledah, polisi menemukan barang bukti di kantor Keswani. Akhirnya Keswani ditangkap dan dimasukkan ke dalam penjara pengadilan.

Karena kekurangan dana, Keswani menunjuk seorang pengacara; Birbal Choudhary (Rohan Vinod Mehra). Birbal adalah  pengacara muda yang cerdas, tapi belum berpengalaman dalam membela kasusnya. 

Drama ruang sidang pun dimulai. Birbal melakukan berbagai cara dan berusaha mencari bukti kuat untuk menghadapi tuntutan jaksa senior, Savak Jamshedji (Ranvir Shorey).  

Fakta demi fakta mulai terungkap. Hingga pada akhirnya hakim memutuskan perkara ini. Selama 1 jam 38 menit, penonton akan menyaksikan pertarungan seru antara pembela dan jaksa di hadapan hakim.

Saksikan 420 IPC tayang di ZEE5 mulai tanggal 17 Desember 2021.

Trailer Film 420 IPC



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url