Sinopsis Film Akele Hum Akele Tum (1995) Dan Fakta Menarik Dibalik Layar Pembuatannya

Terinspirasi oleh film Abhimaan (1973) dan Kramer vs Kramer (1979), Akele Hum Akele Tum (1995) adalah drama musikal yang mendapat pujian kritis dari pengamat film. Film India ini bercerita tentang hubungan pasangan yang dihancurkan oleh 'kecemburuan' dan bagaimana hal itu mengarah pada pertempuran untuk memperoleh hak asuh putra pasangan itu setelah perceraian.

Dibintangi oleh Aamir Khan dan Manisha Koirala, Akele Hum Akele Tum dihiasi lagu-lagu yang sangat merdu. Hampir semua lagu garapan musik Anu Malik dan lirik digubah oleh Majrooh Sultanpuri di film ini menjadi populer dan masih sering di rekues oleh pendengar Nitnut Radio, bahkan hingga hari ini.

Pada artikel berikut ini, kami akan mengulas sinopsis film Akele Hum Akele Tum dan fakta yang terjadi dibalik pembuatan filmnya.

Sinopsis Film Akele Hum Akele Tum (1995)

Rohit Kumar (Aamir Khan) dan Kiran (Manisha Koirala) adalah sepasang muda mudi yang sangat menyukai musik dan bercita-cita menjadi penyanyi terkenal. Kiran adalah seorang gadis yang sangat berambisi menjadi penyanyi karenanya ia rajin mengikuti kursus untuk meningkatkan kemampuannya. Sedangkan Rohit adalah seorang penyanyi amatir yang berprofesi sebagai penyanyi band di sebuah hotel. Rohit juga sama ambisiusnya dengan Kiran.

Poster Film Akele Hum Akele Tum

Pertemuan pertama mereka terjadi pada malam perayaan tahun baru di sebuah hotel. Rohit tampil sebagai penyanyi dalam acara itu sedangkan Kiran sebagai tamu yang menyaksikan penampilan Rohit. Rupanya pertemuan pertama itu menumbuhkan benih-benih cinta di hati mereka. Tak butuh waktu lama mereka memutuskan menikah.

Namun jalan menuju pernikahan terhalang oleh restu orang tua Kiran. Ayah Kiran memandang rendah profesi Rohit yang hanya seorang penyanyi band di hotel. Maka ayah Kiran menolak Rohit menjadi menantunya. Namun rasa cinta Kiran kepada Rohit terlalu besar hingga walau ditentang oleh orang tuanya ia nekad menikah dengan Rohit.

Rohit berjanji pada Kiran bahwa setelah menikah mereka akan menggapai mimpi menjadi penyanyi terkenal bersama-sama. Namun kenyataan yang terjadi setelah menikah tidak seindah yang mereka bayangkan. Rohit mangkir dari janjinya.

Beberapa saat setelah menikah, Rohit keluar dari pekerjaannya dan mulai mengikuti audisi untuk menjadi penyanyi terkenal. Setiap kali Kiran menanyakan kapan ia boleh berkarir di dunia musik, Rohit selalu mengemukakan banyak alasan. Rohit seolah menghalang-halangi keinginan Kiran untuk menjadi penyanyi.

Kiran stress. Apalagi tak lama setelah menikah Kiran hamil dan melahirkan. Ia semakin sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berlatih vocal dan melakukan hobby-nya. Yang ia lakukan sehari-hari hanya mengurusi pekerjaan rumah, anak dan juga suaminya.

Tak terasa pernikahan mereka sudah berjalan enam tahun dan anak mereka yang bernama Sonu sudah masuk sekolah. Kiran yang semakin hari semakin stress akhirnya memutuskan untuk pergi meninggalkan rumah. Ia meninggalkan anak dan suaminya demi menggapai cita-cita yang terpendam selama ini.

Lalu bagaimana kehidupan Rohit dan Sonu setelah kepergian Kiran? Apakah ia berhasil menjadi penyanyi terkenal sepeninggal Kiran? Dan apakah Kiran juga berhasil mencapai cita-citanya setelah meninggalkan anak dan suaminya? Untuk mengetahui jawabannya, yuk tonton filmnya!

Fakta Dibalik Pembuatan Film Akele Hum Akele Tum

Setelah kita tahu jalan cerita dan sinopsis film Akele Hum Akele Tum, berikut ini adalah fakta-fakta menarik dibalik pembuatan Film Akele Hum Akele Tum.



  1. Sebagai bagian dari strategi untuk mempromosikan musik film ini, Venus memasang baliho raksasa di seluruh kota Mumbai. Isi baliho itu adalah: "Apa yang dilakukan Aamir Khan dan Manisha Koirala di Hotel Centaur [Juhu] pada 29 Juli 1995? Ini kejutan besar." Orang-orang semua penasaran inginmenonton film ini. Mereka tidak sabar untuk ke bioskop dan menonton idola mereka di layar. Film tersebut baru di rilis pada bulan November 1995. Karena penasaran, akhirnya mereka membeli kaset soundtrack lagu dari film yang dibintangi oleh Aamir Khan dan Manisha Koirala ini.
  2. Film ini merupakan remake dari film Hollywood "Kramer Vs. Kramer" dan sedikit sentuhan film Abhimaan (1973).
  3. Shah Rukh Khan pernah ditawari untuk peran utama film ini, tetapi dia menolaknya karena merasa film ini terlalu sedih. Dia hanya ingin berperan pada film romantis pada saat itu.
  4. Akele Hum Akele Tum di rilis pada hari yang sama dengan film Raam Jaane yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan.
  5. Lagu berjudul Raja ko Rani se Pyaar Ho Gaya adalah versi pembuatan ulang dari lagu tema film The Godfather.


  6. Lagu Dil Mera Chura Kyon adalah sampel dari Last Christmas oleh Wham. Link Youtube
  7. Majrooh Sultanpuri dan Anu Malik berselisih paham selama penulisan lagu di film Akele Hum Akele Tum. Majrooh mengklaim Anu Malik telah menulis terlalu banyak lirik lagu. Majrooh juga tidak menyukai lirik lagu Raja Ko Rani Se dan mengatakan itu adalah lirik  buatan Anu Malik, bukan miliknya.
  8. Sampul film ini meniru sampul Mr. Jones (1993).

  9. Intro lagu Aisa Zakham Diya Hain adalah menyalin dari grup band Deep Purple berjudul Sweet Child In Time. Link Youtube
  10. Lagu "Akele Hum Akele Tum" pembuatan ulang dari lagu Jim Reeves "But You Love Me Daddy". Link Youtube
  11. Govinda juga pernah ditawari peran utama, tetapi dia tidak dapat berkomitmen untuk film tersebut karena jadwalnya yang sibuk.
  12. Raja Ko Rani Se Pyar di-remix dalam album Bollywood Breaks Vol. 1 dengan judul Raja Ko Rani Se Pyar (Love Story) oleh DJ Vips. Link Youtube
  13. Madhuri Dixit juga pernah ditawari film itu tetapi tidak ada tanggal yang tersedia.
  14. Kajol juga pernah ditawari film ini pada tahun 1993. Tapi dia saat itu sedang sibuk dengan film Yeh Dillagi.
  15. Intro lagu Raja Ko Rani Se dipakai dalam lagu "Main Hi Main" dari film Daraar (1996).
  16. Instrumen lagu Zindagi Ne Pukara dari film AHAT (1995) dipakai dalam lagu "Aisa Zakhm Diya Hai". Sedangkan intro lagunya disalin dari lagu band Deep Purple yang berjudul Sweet Child In Time. Link Youtube
  17. Raja Ko Rani Se Pyar Ho Gaya juga pernah dibuat versi cover remix dalam album Love 2 Love Part 2 oleh 2Kool pada tahun 1996.
  18. Raja Ko Rani di remix dalam album Real Love Bass Boom oleh Magic Mike pada tahun 1996.
  19. Lagu yang dinyanyikan Udit Narayan berjudul "Dil Mera Churaya Kyun" dikeluarkan dari film dan soundtrack musik. Lagu ini tetap dipakai dengan suara Kumar Sanu.
  20. Film ini memiliki rilis teater di Vancouver, British Columbia, Kanada. 
  21. Film ini ditayangkan perdana di Regal Theatre, yang terletak di 3215 Kingsway Street.
  22. Akele Hum Akele Tum mendapatkan 7 Nominasi Filmfare Award, namun tak ada satupun yang memenangkan award.

 Itulah bebarapa fakta menarik dibalik pembuatan film Akele Hum Akele Tum. Artikel lain tentang film-film yang dibintangi oleh Aamir Khan atau artis lainnya bisa dibaca disini.

Akele Hum Akele Tum (1995)


AKELE HUM AKELE TUM

Directed by

Mansoor Khan

Written by

Mansoor Khan
Nasir Hussain
(dialogue)

Based on

Kramer vs. Kramer

Produced by

Champak Jain
Ratan Jain

Starring

Aamir Khan
Manisha Koirala
Adil Rizvi

Cinematography

Baba Azmi

Edited by

Zafar Sultan

Music by

Anu Malik

Production
company

Venus Movies

Distributed by

United Seven Combines

Release date

  • 30 November 1995

Running time

160 minutes

Country

India

Language

Hindi

Budget

₹45 million (US$600,000)

Box office

₹123.7 million (US$1.6 million)


Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan dikomentari atau dibagikan di media sosial Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url