Review Film: Thalaivi, Wanita Tangguh Dari Tamil Nadu Tayang Di Netflix

Thalaivi mengungkap perjalanan karir dan politik Jayalalithaa, sosok ikonik dalam politik India dan sepak terjangnya sebagai bintang film dan Ketua Menteri (CM) di Negara Bagian Tamil Nadu — Film India.

Film yang diangkat berdasarkan sosok nyata dalam sejarah India, Thalaivi bercerita tentang perjalanan karir artis cantik era 60-80'an di dunia perfilman India, Jayalalithaa. Bagaimana dia merintis karir di dunia film, hingga akhirnya terjun ke dunia politik. Bahkan, 6 kali berhasil memenangkan Pemilu dan terpilih sebagai Ketua Menteri Negara bagian Tamil Nadu.

Kangana Ranaut Sebagai Jayalalithaa

Thalaivi diperankan oleh Kangana Ranaut sebagai Jayalalithaa, berpasangan dengan Arvind Swamy sebagai MG.Ramachandran. Di bawah arahan sutradara AL Vijay, tayang di Netflix mulai 25 September 2021.

Bagaimana usaha Kangana Ranaut menghidupkan sosok politikus bertangan besi Jayalalithaa ini? Mari kita simak ulasan Film India untuk anda.

Sinopsis Film: Thalaivi

Cerita di awali dengan Jayalalithaa yang diusir dari parlemen karena mempertanyakan sikap Ketua Menteri yang menangkap para anggota MLA/DPR dari partai-nya dengan alasan tidak jelas. Lalu kisah kembali ke belakang, awal tahun 1960 an.

Jayalalithaa muda (Kangana Ranaut) dipaksa oleh ibunya untuk menjadi artis. Selain pekerjaannya mudah, penghasilannya tinggi. Apapun akan dilakukan oleh ibunya agar Jaya bisa dikenal produser dan bisa bermain dalam film produksi mereka.

Kesempatan itu datang ketika Jaya berperan sebagai figuran di film yang dibintangi oleh MG Ramachandran (Arvind Swami). MGR merasa tertarik pada Jaya yang tampil ceplas-ceplos. Sangat berbeda dengan artis-artis muda lainnya. Saat itu juga, MGR ingin film berikutnya berpasangan dengan Jayalalithaa. Film pertama Jaya dan MGR terbukti sukses. Penonton suka, dan pasangan itu pun terkenal.

Jayalalithaa dan MGR diperankan oleh Kangana Ranaut dan Arvind Swami

Seiring semakin seringnya Jaya dan MGR berpasangan dalam film, hubungan mereka menjadi dekat. Jaya mengingatkan MGR pada mantan istrinya yang meninggal. Sementara MGR bagi Jaya adalah mentor, orang tua, sahabat, teman, dan juga kekasih yang selalu mengerti apa yang diinginkannya. Namun hubungan itu tak bisa disatukan.

Selain sebagai bintang film, MGR juga aktif dalam dunia politik. Citranya sebagai politikus senior bisa terancam bila skandal cintanya dengan Jaya terungkap pada publik. Untuk itu, sekretaris pribadi MGR selalu menghalangi hubungan Jaya dan MGR. Bahkan, berkali-kali dia berusaha menjatuhkan Jaya.

Kisah cinta Jaya dan MGR selanjutnya, hingga pada akhirnya Jayalalithaa harus terjun ke dunia politik yang sangat dibencinya adalah inti dari film Thalaivi sepanjang 2 jam 33 menit.

Saksikan Thalaivi di Netflix dan Amazon Prime Video mulai tanggal 25 September 2021.

Ulasan Film: Thalaivi

Sebelum saya melanjutkan pada ulasan atas film ini, perlu saya jelaskan dulu bahwa saya belum pernah menonton satu film pun yang pernah diperankan oleh Jayalalithaa. Pun sepak terjangnya dalam dunia politik di India. Apapun yang saya tulis disini adalah murni hasil dari pengalaman saya menonton film Thalaivi ini.

Kangana Ranaut sebagai Jayalalithaa

Menonton Kangana Ranaut di depan layar itu sangat berbeda dengan menyaksikan nyinyirannya di media sosial. Di layar, saya akui aktingnya bagus. Termasuk di film Thalaivi ini. Meski ada beberapa komentar yang menyebutkan bahwa aktingnya di sini agak terlalu berlebihan, akan tetapi saya menikmati penampilannya.

Sebagai Jayalalithaa, Kangana berhasil menghidupkan sosoknya yang cantik, kuat, pantang menyerah, sekaligus rapuh. Hanya saja, untuk peran Jaya ketika masa remaja, Kangana kurang pas. Faktor usia tak bisa ditutupi dengan make-up ataupun VFX. 

Sosok ikonik dalam politik India, perjalanan politik Jayalalithaa telah diketahui banyak orang, bahkan dunia. Sutradara Vijay mencoba mengungkap kepribadiannya yang sedingin es dan memandangnya sebagai seorang wanita yang bertindak karena rasa cinta. Perjuangan seorang wanita demi membela harga diri dan pertempurannya melawan patriarki merupakan bagian integral dari cerita Thalaivi ini. 

Yang menjadi inti dari kisah ini adalah cintanya yang tulus pada M.G. Ramachandran (MGR). Demi cintanya itu, Jaya harus menghadapi penghinaan dari masyarakat. Dia juga harus menghadapi pengawal setia MGR, yang menganggap hubungan terlarangnya dengan Jayalalithaa sebagai aib bagi reputasi bintang dan politikus Tamil ini. 

Dianggap sebagai 'wanita lain' dalam hidup MGR, yang mendapatkan segalanya dengan mudah  Jaya memiliki segalanya kecuali rasa hormat. Meskipun terpojok, dianggap pelacur, dipermalukan berkali-kali, dia terus berjalan dengan kepala terangkat tinggi. Perjuangannya yang tiada henti untuk mendapatkan tempatn di masyarakat membentuk inti dari film ini.

Hubungan Jaya dan MGR menjadi kekuatan dan kelemahan satu sama lain. Terikat oleh hati dan kemurnian cinta, mereka tetap utuh bahkan ketika masa politik suram, terjadi perebutan kekuasaan, dan orang-orang memberontak. Adegan di mana mereka menikmati percakapan telepon tanpa mengucapkan sepatah kata, membiarkan keheningan  diantara mereka yang berbicara, sangat memilukan. Cukup berhasil mengaduk-aduk perasaan penonton.

Kangana dalam peran tituler nampak sangat percaya diri. Dia membuat penggambaran yang kuat dari seorang wanita yang jatuh cinta dan terus bangkit dari keterpurukan. Dia dengan cerdik tidak meniru Jaya yang asli, tetapi mampu menempatkan nuansa karakternya dengan benar. Sebagai seorang wanita yang dicemooh oleh orang-orang karena mencintai suami orang, dia hadapi tanpa rasa takut.

Arvind Swami sebagai MGR, orang yang menggerakkan setiap tindakan dari Jayalalithaa. Dia sanggup membawa ketenangan pada badai yang melanda Jaya. Swami sempurna dalam tingkah laku dan bahasa tubuhnya. Sebagai aktor Tamil dan pemimpin rakyat, MGR berhasil diperankan dengan penuh kharisma oleh Arvind Swami.

AL Vijay sebagai sutradara mengambil pendekatan satu dimensi untuk bercerita dan menampilkan sosok karakter utama. Jaya dicibir atau dipuja oleh masyarakat, penonton tidak tahu. Tidak ada ada penjelasan tentang itu. Semua yang terjadi dalam Thalaivi diperlihatkan dari sudut pandang Jayalalithaa. Akibatnya, beberapa dramatisasi yang ingin ditampilkan, gagal total karena kurangnya perspektif penonton terhadap apa yang terjadi.

Nuansa retro yang ditampilkan oleh sinematografer Vishal Vittal didukung oleh kostum keren dari Neeta Lulla berhasil menghidupkan suasana Tamil dan India era 1970-an. Lagu-lagunya pun sangat sesuai dengan masa-masa itu.

Thailaivii berhasil menampilkan kisah cinta Jaya-MGR yang pedih, sebuah hubungan tanpa nama. Namun, Thalaivi gagal menghadirkan sisi politik dari Jayalalithaa, seorang Ketua Menteri (Gubernur) negara bagian Tamil Nadu yang berhasil memenangkan pemilu hingga 6 kali.

Penutup

Thalaivi pada akhirnya hanya bercerita tentang kisah seorang wanita yang menentang semua rintangan yang dialaminya dan berusaha menulis takdirnya sendiri. Sosok politikus bertangan besi pada Thalaivi tak begitu terlihat. Namun, apabila benar akan dibuat sekuelnya, Thalaivi yang ini cukup kuat sebagai pondasi cerita bagi sekuelnya.

Saksikan Thalaivi di Netflix dan Amazon Prime Video mulai tanggal 25 September 2021.

Thalaivi

Pemain: Kangana Ranaut, Arvind Swami, Bhagyashri, Jisshu Sengupta, Madhoo
Sutradara: A.L Vijay
Produser: Vishnuvardhan Induri
Naskah: Vijayendra Prasad
 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url