Review Film: Kasada Thapara, 6 Cerita Pendek Yang Saling Terhubung

Kasada Thapara tayang di SonyLiv adalah film ambisius yang menggunakan narasi hyperlink dengan 6 cerita pendek dari berbagai genre, kemudian di kemas menjadi satu kesatuan yang menarik, kreatif, dan menghibur. --FilmIndia.my.id

Film India berbahasa Tamil ini menghadirkan aktor-aktor pilihaan, antara lain; Venkat Prabhu, Sundeep Kishan, Shanthanu, Regina Cassandra, Subbu Panchu, Sampath Kumar, Vijayalakshmi. Disutradarai oleh Chimbudeven, Kasada Thapara bercerita tentang kehidupan enam orang yang berbeda, lalu bertemu dalam suatu kesempatan dimana mereka akhirnya terhubung satu sama lain dan mempengaruhi peristiwa penting dalam kehidupan masing-masing tokoh.

Para Tokoh Utama Film Kasada Thapara

Sinopsis Film Kasada Thapara

Film ini dibuat berdasarkan 2 teori ilmiah yang berlaku dalam kehidupan kita sehari-hari tanpa kita sadari. Teori Sudut Pandang dan Teori Efek Kupu-Kupu.

Teori Pertama adalah teori Vantage Point/Sudut Pandang, yaitu sebuah peristiwa yang kita lihat dari titik tertentu, akan terasa sangat berbeda jika dilihat dari sudut yang lain.

Teori yang kedua disebut Teori Efek Kupu-kupu; yaitu setiap tindakan kecil yang kita lakukan, akan berdampak besar dan mempengaruhi kehidupan orang lain.

6 cerita yang dihadirkan saling terkait adalah untuk menjelaskan dua teori yang telah disebutkan di atas. Ada cerita romansa, gengster, politik, juga kritik sosial.

Cerita 1; Kavasam

Trisha (Regina Cassandra), seorang gadis muda yang ambisius, jatuh cinta pada Bala (Premgi Amaran), yang baru saja dia temui dua kali karena dia terlihat sangat baik. Bala tidak keren, dia juga tidak punya ambisi. Bahkan Bala bukan orang terbaik di kantornya. Bala juga tidak bisa memainkan alat musik atau bertarung melawan orang jahat. Apa yang membuat Bala begitu menarik bagi Trisha?

Regina Cassandra dalam Kasada Thapara

Hal-hal kecil seperti memperingatkan seorang gadis tentang dispenser air yang rusak, membantunya menemukan sertifikatnya yang hilang, memberi makan anjing liar di jalanan. Hal kecil itu membuat seorang pria lebih menarik dibanding semua pria tampan yang bisa mengesankan seorang gadis. Tidak heran bila Bala berhasil memikat Trisha dalam waktu singkat. Kesederhanaan Bala dan cara pandangnya terhadap dunia dan kehidupan, membuat cinta itu bersemi di hati Trisha.

Lantas, apakah mereka bisa bersatu?

Cerita 2; Sadhiyaadal

Kisah kedua bercerita tentang kehidupan seorang gangster Sampath yang diperankan oleh Sampath Raj. Ketua gangster ini berniat untuk pensiun. Dia ingin mengakhiri kehidupan dalam dunia kejahatan yang selama ini ia jalani. Dia berpikir itulah hal yang diinginkan putranya, Isaac (Shantanu Bhagyaraj). Atau apakah itu yang benar-benar diinginkan Ishak dari ayahnya? Saksikan sendiri, yah.

Cerita 3; Thappattam

Cerita ketiga adalah tentang seorang polisi yang diperankan oleh Sundeep Kishan. Dia dipaksa masuk ke tim penggerebekan penjahat oleh pimpinannya. Akan tetapi istrinya, Priya Bhavani Shankar tidak suka jika suaminya harus membunuh orang. Priya akan meninggalkan Sundeep jika dia melanjutkan tugasnya ini. 

Perbedaan pendapat dengan istrinya ini menyebabkan hubungan Sundeep dengan istrinya menjadi renggang. Apa yang terjadi sebenarnya?

Cerita 4; Pandhayam

Cerita keempat adalah tentang seorang pemuda Harish Kalyan. Dia terlahir miskin. Cita-citanya ingin menjadi kaya. Harish akan melakukan apa saja untuk menjadi kaya. Dan sebuah kesempatan dia dapatkan, lalu Harish mulai menyusun rencana menuju puncak kekayaan. Berhasilkah?

Cerita 5; Arampatra

Seorang ibu diperankan oleh Vijayalakshmi bersama seorang putra kecilnya yang sedang sakit, berusaha untuk mengobati putranya ke rumah sakit. Namun tak ada rumah sakit yang murah. Pada akhirnya, ibu itu menemukan dokter yang bersedia memberikan layanan kesehatan gratis. Akan tetapi, obat yang harus ditebusnya sangatlah mahal. Terpaksa dia pulang tanpa obat. 

Di tengah perjalanan pulang, ibu itu dijambret seseorang. Satu-satunya perhiasan peninggalan mendiang suaminya adalah satu-satunya harta yang dia miliki untuk bertahan hidup. Dia mengejar penjambret itu.

Berhasilkah dia merebut kembali perhiasan itu? Bagaimana nasib putranya yang sedang sakit?

Cerita 6; Akkara

Cerita terakhir tentang seorang pria yang diperankan oleh Venkat Prabhu. Dia bekerja sebagai sopir di sebuah perusahaan farmasi. Namun, karena sebuah kejadian yang menyebabkan banyak anak meninggal akibat keracunan obat, si sopir ini dituduh sebagai penyebabnya. 

Tentu saja dia menolak tuduhan itu. Akan tetapi bos di perusahaannya meminta Venkat Prabhu untuk mengakui perbuatannya. Dengan berbagai iming-iming, akhirnya Venkat mau mengakui sebagai pelakunya. Pengadilan memutuskan Venkat Prabhu hukuman maksimal (gantung).

Selama babak terakhir ini, penonton akan menyaksikan kisah hari-hari terakhir sang sopir yang tak bersalah itu sebelum akhirnya diadili dengan hukuman gantung.

Review Film: Kasada Thapara

Film keren dari sinema Tamil ini mungkin akan mengingatkan penonton pada film bollywood berjudul Ludo (2020). Sekilas film ini memang mirip Ludo, akan tetapi tidak sama. Kalau Ludo, masing-masing cerita terhubung seperti teka-teki silang yang disajikan bersamaan, dimana semua tokoh dan konflik dikenalkan sejak awal film dibuka. Sedangkan Kasada Thapara, 6 cerita berbeda genre ini saling terhubung seperti teka-teki silang, tetapi disajikan satu persatu.

Cerita 1 selesai, lalu dilanjut cerita kedua. Eh ternyata, di cerita 2 ada cerita lanjutan dari cerita 1. Kesimpulan dari ending cerita 1 akan berubah seiring guliran cerita ke-2. Lalu lanjut Cerita ke-3. Di cerita 3 ternyata ada kejadian pada cerita 2 dan 1 yang menyebabkan kita terpaksa (lagi) mengubah kesimpulan dari cerita 1 dan 2. Begitu seterusnya hingga cerita ke-6.

Emosi penonton seperti diaduk-aduk. Twist demi twist ditemukan saat cerita berganti. Dan semua ceritanya saling terhubung. Penonton harus bisa menjaga fokus. Kejadian kecil di sebuah cerita, bisa menjadi sesuatu yang besar pada cerita lainnya. Keren, kan?

Secara teknis film ini memberikan pengalaman baru, khususnya pada cerita 2 dan cerita 5. Kedua episode tersebut disajikan dalam gambar seukuran TV tabung jaman dulu. Kecuali karena alasan artistik, entah apa maksudnya. Bahkan ada cerita yang dihadirkan dalam nuansa hitam-putih. Terdapat 6 sinematografer berbeda dari 6 cerita, termasuk komposer dan editor musik berbeda yang bekerja di dalam setiap episodenya. Yang paling menonjol adalah Ghibran dengan lagunya tentang cinta keibuan yang sangat menyentuh pada episode ke-5.

Penutup

Secara keseluruhan saya sangat menikmati film Kasada Thapara ini. Dari setiap cerita yang bergulir, saya akan menebak-nebak apa yang terhubung dengan cerita sebelumnya. Seru, juga menegangkan. Kejutan/twist-nya bukan pada siapa pelakunya, akan tetapi pada kejadian apa yang terhubung dengan cerita selanjutnya.

Film Kasada Thapara tayang di SonyLiv sejak 27 Agustus 2021.

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url