Review Film: Bhoot Police, Pemburu Hantu Versi Bollywood

Protokol Keamanan Browsing!
Link yang anda kunjungi sedang diperiksa agar Anda terbebas dari virus, malware, pencuri, dan lainnya.

Hantu dan tahayul adalah dua hal yang berbeda. Namun apabila keduanya disatukan dalam sebuah film untuk diperdebatkan, apakah hantu atau mahluk halus itu benar-benar ada, maka tontonlah Bhoot Police. --FilmIndia.my.id

Bhoot Police adalah film komedi horor yang mulai ditayangkan secara streaming di saluran digital Disney+ Hotstar India sejak tanggal 10 September 2021. Film Bollywood ini diperankan oleh Saif Ali Khan, Arjun Kapoor, Yami Gautam, dan Jacqueline Fernandez. Sementara untuk peran pendukung ada; Javed Jaffrey, Rajpal Yadav, dan Jamie Lever. Para komedian ini hadir untuk menambah kemeriahan film bollywood bergenre horor komedi.

Poster film Bhoot Police

Apakah Bhoot Police berhasil memberikan tontonan seram dan lucu seperti yang diharapkan? Mari kita simak ulasan dari tim FilmIndia.my.id di bawah ini.

Sinopsis Film: Bhoot Police

Dua bersaudara – Vibhooti ( Saif Ali Khan ) dan Chiraunji (Arjun Kapoor) – mereka melanjutkan warisan pekerjaan ayah mereka, Ullat Baba, sebagai pemburu hantu legendaris. Ullat Baba yang telah melakukan pekerjaannya di masa lalu dengan sangat sukses. Masalahnya adalah Chiraunji sangat serius dan benar-benar ingin meneruskan warisan ayahnya, sedangkan Vibhooti adalah orang yang tidak percaya tahayul, dan berpikir bahwa ayahnya telah menipu orang dengan memberi tahu mereka bahwa hantu itu nyata. Vibhooti melakukan hal yang sama seperti dugaannya, membodohi orang.

Adegan Bhoot Police

Suatu hari datang seorang gadis bernama Maya (Yami Gautam) mencari Ullat Baba untuk mengusir hantu di perkebunan teh yang dikelolanya. Konon, ada hantu 'Kichkandi' yang tiba-tiba bangkit dan menghantui orang-orang dan para pekerja di perkebunan teh. Karena Ullat Baba telah meninggal, maka tugas untuk mengusir hantu ini dipercayakan kepada 2 bersaudara Chiraunji dan Vibhooti sebagai penerus Ullat Baba.

Setibanya di perkebunan teh, Vibhooti dan Chiraunji bertemu dengan adik Maya yaitu Kanika (Jacqueline Fernandez) yang tidak percaya dengan hantu dan tahayul. Sementara itu banyak kesaksian dari para pekerja di kebun teh itu bahwa mereka telah diganggu oleh penampakan hantu 'Kichkandi' yang menyeramkan.

Benarkah hantu 'Kichkandi' itu ada?

Review Film: Bhoot Police 

Sutradara Pavan Kirpalani mencoba mengeksplorasi dikotomi tentang ada atau tidaknya 'hantu' dalam film Bhoot Police ini. Para karakter utama terpecah dalam dua kubu, percaya dan tidak percaya terhadap tahayul dan hantu.Vibhooti dan Chiraunji, atau Maya dan Kanika, dua pasang bersaudara ini sama-sama memiliki sikap berlawanan. Yang satu percaya hantu, satunya tidak. Sayangnya sisi kontradiksi ini tidak cukup diulas secara lebih mendalam, hanya permukaan saja. Tema percaya atau tidak ini hanya untuk menggerakkan narasi, bukan untuk memperdebatkan keduanya.

Terlepas dari kontradiksi itu, Bhoot Police memiliki alur cerita yang menarik,  ceritanya runtut dan mudah dinikmati tanpa harus banyak berpikir. Babak awal pengenalan karakter cukup solid. Efeknya cukup berdampak saat menjelang akhir.

Namun, jangan terlalu banyak berharap terhadap sajian horor ataupun komedi-nya. Tak banyak ke'seram'an yang dihadirkan. Jump scare yang mengejutkan pun masih sejalan dengan guliran ceritanya. Sejak dulu film India memang tak pernah bisa mengalahkan kengerian akibat hantu dari dataran Asia lainnya.

Demikan juga dengan kehadiran Rajpal Yadav, Javed Jaffrey, dan beberapa tokoh komedi senior untuk menguatkan kesan komedinya. Sayangnya kehadiran mereka tidak berhasil menghasilkan tawa. Satu-satunya komedian yang sukses bikin urat tawa lepas adalah Jamie Lever. Agak sedikit berlebihan pada ekpresi wajahnya. Namun dia berhasil memancing tawa. Darah komedi dari bapaknya, Johny Lever berhasil menjadikannya artis komedi wanita yang patut diperhitungkan di masa depan.

Sementara untuk peran utama, saya lebih menyukai Saif Ali Khan. Dia berakting tanpa beban. Jam terbangnya sebagai aktor dengan berbagai peran, berhasil menghidupkan karakter Vibhooti. Dari ekspresi, dialognya, ataupun suaranya, semuanya menyatu dalam karakter Vibhooti.

Arjun Kapoor, Yami Gautam, dan Jacqueline Fernandez sudah berusaha keras untuk penampilannya. Bagi penonton yang ingin melihat Arjun Kapoor seperti di Shandeep Aur Pinky Faraar, maaf, kali ini harus kecewa. Disini dia biasa saja.

Yami Gautam di beberapa scene terlihat cantik banget. Sayangnya, tak terlalu banyak yang seperti itu. Wajah sedihnya karena pabrik akan bangkrut, juga tak begitu nampak. Kekhawatiran itu kurang dieksplorasi.

Sedangkan Jacqueline Fernandez tampil seperti kesehariannya, glamor. Disini dia berperan sebagai influencer media sosial. Apapun yang dilakukannya adalah demi sebuah konten. Sebenarnya saya ingin melihat dialog-dialog panjang antara Yami dengan Jacky, seperti hal-nya pada Saif dan Arjun. Sayangnya itu tak ada. 

Meski pada album soundtrack-nya ada beberapa lagu, tak ada lagu satu pun selama durasinya, kecuali pada ending film saat 'credit title'. Mungkin untuk mempersingkat durasinya.

Penutup

Sebagai sebuah film yang mengklaim dirinya bergenre horor komedi, Bhoot Police tidak cukup berhasil menggabungkan keduanya. Horornya nanggung, komedinya pun tidak maksimal. Tapi saya suka gaya berceritanya. Bisa jadi Bhoot Police yang sekarang ini memang direncanakan untuk dibuat sekuel. Pengenalan karakter utamanya cukup berhasil.

Bagi pecinta film bollywood horor komedi, Bhoot Police masih layak dinikmati sebagai hiburan akhir pekan. Satu lagi, film ini aman untuk ditonton bersama keluarga.

Saksikan Bhoot Police di Disney+ Hotstar. Tayang sejak tanggal 10 September 2021.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel