Review Film: Navarasa, Episode Summer Of 92

filmindia.my.id --Summer Of 92 adalah film kedua dari 9 film pendek bertajuk Navarasa (9 rasa), mewakili rasa lucu (Hasya). Durasinya singkat. Hanya 35 menit. Meski mewakili rasa lucu, film ini sejatinya adalah sebuah 'tamparan keras' bagi dunia pendidikan. Dengan durasi sesingkat itu, banyak hal yang ingin disampaikan Summer 92.

Dibintangi oleh Yogi Babu, komedian paling populer di industri Film India Selatan. Apakah Navarasa: Summer Of 92 benar-benar mewakili rasa lucu?

Navarasa Episode Summer Of 92 tayang di Netflix sejak tanggal 6 Agustus 2021. Mari kita simak ulasannya.

Sinopsis Film: Navarasa, Episode Summer Of 92

Bercerita tentang seorang komedian sukses, Velusamy (Yogi Babu) yang diundang untuk meresmikan acara ulang tahun ke-100 sekolahnya. Sekolah yang mengaggapnya sebagai siswa paling 'bodoh', badung, dan bebal. Saking 'bodoh'nya, Velusamy harus melalui tiap kelasnya minimal 4 tahun. Bayangkan!

Dalam acara pembukaan seremoni itu, Velusamy bercerita bahwa dia tidaklah bodoh seperti yang selama ini disematkan pada dirinya. Menurut Velusamy, manusia bodoh itu ada 2 macam; bodoh karena tidak mau belajar, dan bodoh karena takdir. Velusamy mengklaim dirinya adalah manusia bodoh jenis yang kedua.

Ditahun pertama kelas 9, dia tidak lulus hanya gara-gara ketahuan 'nyolong' mangga di pekarangan guru matematika. 

Tahun ke-2 di kelas 9, dia tidak lulus hanya karena tak  sengaja menjatuhkan guru bahasa Inggris saat dia main bola di lapangan.

Tahun ke-3 di kelas 9, Velusamy tidak lulus hanya karena mengetahui guru bahasa daerahnya jatuh cinta pada guru lainnya.

Tahun ke-4 di kelas 9, Velusamy tidak lulus hanya karena gagal membantu kepala sekolah dalam usahanya menjodohkan putrinya. Sejak itu, Velusamy sukses menjadi anak tak berpendidikan. Menyandang gelar abadi; Manusia 'bodoh'.

Takdir-takdir itu yang membuat Velusamy sukses di cap bodoh oleh guru dan teman2nya di sekolah. Juga di lingkungan sekitarnya. Bukan karena dia tak mau belajar. Bahkan Velusamy sangat ingin segera lulus dari sekolah.Agar dia bisa segera membantu perekonomian keluarganya.

Akan tetapi, takdir itu juga yang membawanya menjadi orang paling sukses diantara para alumni sekolah itu, hingga dia mendapat kehormatan menjadi orang pertama yang meresmikan acara perayaan hari jadi ke-100 sekolahnya.

Review Film: Navarasa, Episode Summer Of 92

Summer 92 disutradarai oleh Priyadarshan, sutradara senior, bapak dari Kalyani Priyadarshan (pemeran cewek di film Hello-2018). Beberapa film populer garapannya adalah; Hungama 2, Forbidden Love, De Dana Dan, Billu, Kyon Ki.., Hulchul, Hera Peri, Garam Masala, dll. Total 81 film telah dibuatnya.

Yogi Babu, aktor komedian ini memang sudah terlihat lucu tanpa harus melucu. Namun, di Summer Of 92 ini dia tidak lucu. Bahkan tak ada adegan yang sengaja dibuat untuk melucu. Jika pun ada yang lucu, situasinya yang membuat lucu. Saya sampai terpingkal-pingkal saat adegan endingnya. Bukan karena Yogi Babu, tapi karena hal lain yang sebaiknya anda tonton sendiri.

Yang patut diapresiasi adalah Sakthivel sebagai Veluswamy muda. Perannya lebih menonjol daripada Yogi Babu. Pemilihan karakternya juga pas, mirip Yogi Babu muda. Kepolosannya membuat penonton akan bersimpati kepadanya. Saya suka adegan pembukanya, saat guru memasuki ruang kelas, dan bertanya; siapakah siswa yang tak lulus kelas 9 tahun lalu. Velusamy tak menunjukkan diri. Saat ditanya kenapa tak menunjukkan diri, dia menjawab; 

Sebenarnya saya ingin mengangkat tangan, tapi ibu guru hanya menanyakan anak yang 2 kali tak lulus kelas 9. Sedangkan saya sudah 3 kali tak lulus kelas 9"
Lucu, polos, sekaligus bikin miris. Seorang anak yang minder karena berkali-kali tak naik kelas.

Mewakili rasa Hasya (lucu), Priyadarshan ingin menyampaikan bahwa kelucuan (hidup) yang akan menemukan jalannya. Bagi Velusamy -tokoh utama, hidupnya terasa lucu ketika dia sadari pada saat ini. Bukan pada saat dia menjalani masa lalunya. Ironisnya, kelucuan yang dirasakan Velusamy, adalah derita tak berujung bagi seseorang. 

Siapakah itu?

Saksikan film Navarasa tayang di jaringan Netflix sejak 6 Agustus 2021.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url