Sinopsis Film Om Jai Jagadish Dan Fakta-Fakta Dibalik Pembuatannya

FilmIndia.my.id --Drama menguras air mata ini dibintangi Waheeda Rehman, Anil Kapoor, Fardeen Khan, Abhishek Bachchan, Mahima Chaudhry, Urmila Matondkar dan Tara Sharma. Film ini di rilis pada 19 Juli 2002 dan disutradarai oleh Anupam Kher.


Dalam artikel berikut ini, kami ingin mengulas sinopsis film Om Jai Jagadish tersebut lengkap dengan fakta-fakta yang terjadi dibalik pembuatan film ini.

Sinopsis Film Om Jai Jagadish

Sebuah kisah mengenai keluarga yang terdiri dari seorang ibu dan tiga anak lelakinya.

Ibu tersebut bernama Saraswati Batra (Waheeda Rehman) sedangkan ketiga putranya masing-masing adalah Om (Anil Kapoor), Jai (Fardeen Khan) dan Jagadish (Abhishek Bachchan). Ketiga putra Saraswati itu punya cara dan pandangan berbeda dalam menjalani hidup mereka masing-masing tetapi punya tujuan yang sama.

Om bekerja pada sebuah perusahaan musik sebagai pencari bakat. Ia selalu mencari orang-orang berbakat dan meluncurkan mereka ke dalam dunia musik. Sementara putra kedua, Jai sangat berambisi meraih kesuksesan di dunia teknik mesin dan berkeinginan merancang sebuah mobil tercepat di dunia. Sedangkan si putra bungsu Jagadish seperti halnya kebanyakan anak muda lainnya, belajar di perguruan tinggi dan memiliki minat sangat besar pada komputer dan internet. Malah Jagadish pun tertarik untuk mencoba menjebol situs-situs dunia maya.
 


Om sebagai abang tertua tahu talenta Jai di bidang teknologi mesin mobil sehingga meminjam uang banyak dari majikannya (Parmeet Sethi) untuk mengirim Jai ke Amerika Serikat untuk kuliah di bidang teknologi mesin mobil. Kini Jai telah berhasil menyekesaikan kuliahnya dan bahkan mendapat tawaran pekerjaan yang berpenghasilan besar dari perusahaan mobil terkemuka di AS. Tetapi Jai mencintai keluarganya sehingga iapun kembali ke India. Bahkan ia membawa pulang istri, Nitu (Urmila Mantodkar), teman kuliahnya di Amerika itu.

Namun tidak seperti dua abangnya itu, Jagadish tidak begitu menganggap serius masa depannya dan lebih suka melewatkan waktunya untuk menjebol database komputer kampusnya untuk mengubah nilai atau mendapat tahu soal-soal ujian. Merasa memiliki bakat besar dalam teknologi komputer sehingga ingin mengambil spesialisasi bidang tersebut. Untuk itu, Jagadish meminta biaya dari Om namun abang tertuanya itu menolak sebab harus menanggung utang sebelumnya untuk membiayai Jai. Jagadish kecewa sekali dan menganggap Om pilih kasih dan lebih suka membiayai Jai.

Tidak heran jika terjadi ketegangan antara Om dan Jagadish yang membuat ibu mereka sedih. Sementara itu, Nitu sebagai istri Jai ternyata memiliki sifat egois dan tidak betah tinggal di India. Nitu membujuk Jai agar pergi ke Amerika Serikat untuk menerima tawaran pekerjaan yang menggiurkan di sana. Pada mulanya Jai ragu, akhirnya terbujuk juga karena merasa di Amerika saja ambisinya bisa dipenuhi. Begitu mendengar Jai dan Nitu ingin kembali ke Amerika, Om sangat terpukul dan merasa kehilangan kedua adiknya yang sangat disayanginya.

Bagaimana Om harus mengatasi beban utangnya?  

Saraswati Batra (Waheeda Rehman), janda dengan 3 orang putra, Om si tulang punggung keluarga (Anil Kapoor), Jai si pemuda ambisius yang belajar di AS (Fardeen Khan), dan Jagadish si mahasiswa komputer (Abisheck Bachchan). Ketiganya memiliki sifat yang berbeda. Hanya Jagadish yang belum menikah. 

Sesaat setelah Jai menerima promosi dan pindah ke Amerika, Jagadish dituduh sebagai hacker. Ia pun diusir Om dari rumah namun kemudian, Om, Saraswati, dan juga Ayesha, istri Om harus pergi dari rumah mereka karena tidak sanggup membayar pinjaman. 

Ketiga putra Saraswati kemudian berkumpul dan berusaha mengambil rumah mereka kembali dengan menggunakan kemampuan hacking Jagadish.

Fakta Film Om Jai Jagadih

Setelah kita tahu sinopsis filmnya, mari kita bahas, apa saja yang terjadi di balik layar pembuatan film Om Jai Jagadish.


  1. Adik Anupam Kher, Raju Kher berperan sebagai ayah Urmila Matondkar dalam film tersebut.
  2. Awalnya Yash Raj Films ingin mengikat sutradara Anupam Kher dengan naskahnya dan juga ingin memproduksinya, dalam kondisi bahwa sutradara berhasil mengikat Aamir Khan (Om), Shah Rukh Khan (Jai), Salman Khan (Jagadish), Rani Mukerji (Ayesha), Kajol (Neetu) & Preity Zinta (Pooja) memainkan karakter utama. Namun, secara mengejutkan, semua aktor menolak film yang menyatakan masalah tanggal dan proyek akhirnya diproduksi oleh Vashu Bhagnani dan dirilis oleh Sa Re Ga Ma HMV.
  3. Tetap satu-satunya film yang ditawarkan kepada tiga Khan besar (Salman, Shah Rukh Khan & Aamir Khan), bersama-sama sampai saat ini.
  4. Ini adalah peran comeback untuk Waheeda Rehman yang kembali ke film setelah 11 tahun sejak penampilan terakhirnya di Lamhe (1991)
  5. Beberapa bagian dari film ini diambil di Dunedin, Selandia Baru. Kampus universitas adalah kampus University of Otago.
  6. Dalam film itu, lokasi yang disebut sebagai Atlanta, Amerika Serikat adalah Dunedin, Selandia Baru.
  7. Dan pilihan penetapan aktor dan aktrisnya akhirnya jatuh pada Anil Kapoor (Om), Fardeen Khan (Jai), Abishek Bachchan (Jagadish) , Urmila Matondkar (Neetu), Mahima Chaudry (Ayesha), dan Tara Sharma (Pooja).
  8. Awalnya Tabu dikontrak untuk film ini, tetapi kemudian digantikan oleh Mahima Chaudhary.
  9. Sebelum Mahima, Tawaran diberikan kepda Madhuri Dixit. tapi ditolak.
  10. Ketika film sedang ditulis, Urmila dikontrak untuk memerankan saudara perempuan Om Jai Jagdsish. Lawan main Fardeen diberikan untuk Sushmita Sen. Ketika peran saudara perempuan itu dihapus dari film, Urmila malah dikontrak untuk peran pasangan Fardeen Khan.
  11.  Adnan Sami telah menandatangani film tersebut dan akan membuat debut aktingnya. Tapi adnan Sami kemudian keluar dari film dan digantikan oleh Annu Kapoor.
  12. Film ini adalah Debut sutradara Anupam Kher.
  13. Om Jai Jagadish adalah Remake dari Do Raaste.
  14. Sushmita Sen setuju untuk berperan di film ini pada tahun 2000. Tapi Dia kemudian memilih keluar karena alasan yang tidak diketahui.
  15. Setelah film ini, Anupam Kher berencana untuk kembali sebagai sutradara dengan film Inggris berjudul "The Return". tahun 2003. Tentang ayah dan anak. Rencananya syuting film tsb di luar negeri dengan semua aktor Amerika dan 2 aktor India.
  16. Fardeen Khan berakting dengan Waheeda Rehman dalam film ini,. Kesempatan ini adalah sesuatu yang tak pernah dilakukan oleh ayahnya Feroz Khan.
  17. Pada tahun 1986 dalam film Jaanbaaz disutradarai, diproduksi dan diperankan oleh Feroz Khan, Anil Kapoor memerankan adik Feroz Khan. Pada tahun 2002 Fardeen Khan (putra Feroz Khan) berperan sebagai adik laki-laki Anil KAPOOR. Dalam film Shakti tahun 1982 karya Ramesh Sippy, Anil Kapoor membuat penampilan khusus di mana ia berperan sebagai putra Amitabh Bachchan, Pada tahun 2002 Anil Kapoor berperan sebagai kakak laki-laki Abhishek Bachchan dan secara kebetulan Ani Kapoor berperan sebagai putra angkat Amitabh Bachchan dalam film Armaan tahun 2003.

PENUTUP

Itulah sinopsis dan fakta-fakta yang terjadi pada pembuatan film India berjudul Om Jai Jagadish. Jika anda tertarik dengan info ini, silahkan dibaca dan bagikan ke grup-grup berbasis film India.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url