Review Film: Mimi, Ibu Pengganti Demi Uang Tayang Di Netflix

FilmIndia.my.id --Sejak trailernya tayang di Youtube, Film Mimi yang diperankan oleh Pankaj Tripathi dan Kriti Shanon ini banyak mendapat perhatian dari para pecinta film India di Indonesia. Apalagi sejak lagu 'Param Sundhari' diluncurkan, ketertarikan terhadap film tersebut semakin berlipat.


Dijadwalkan rilis di tanggal 30 Juli 2021, mendadak hari ini (26/07/21) film Mimi bisa disaksikan di jaringan Netflix. Entah apa yang terjadi, yang pasti ini adalah kejutan menyenangkan di tengah pandemi yang tak kunjung usai ini.

Setelah kami menyaksikan film ini, saatnya kami berbagi pengalaman tentang film Mimi yang sedang tayang di jaringan Netflix.

Sinopsis Film: Mimi, Ibu Pengganti Demi Uang

Bhanu (Pankaj Tripathi), seorang sopir yang sedang mengantarkan Mr. John dan Mrs. Summer, pasangan bule berkeliling India. Rupanya pasangan John dan Summer ini tidak bisa memiliki anak karena alasan kesehatan. Mereka berkeliling India untuk mencari ibu pengganti (Surogasi) agar bisa memiliki anak. Wanita yang dicari pasangan ini harus sehat, muda, dan cantik.

Dengan bantuan Bhanu, akhirnya John dan Summer bertemu dengan Mimi, artis lokal yang sangat ingin pergi ke Mumbai untuk menjadi bintang terkenal. 

Mimi, gadis jangkung itu adalah sosok yang tepat seperti yang diinginkan pasangan John dan Summer. Akan menjadi perkara sulit bagi Bhanu, John, dan Summer untuk membuat Mimi mau menyetujui sebagai Ibu Pengganti.

Demi alasan uang sebagai modal berangkat ke Mumbai, akhirnya Mimi menyetujui untuk menjadi Ibu Pengganti bagi pasangan John dan Summer. Dengan bayaran 2 juta Rupee, akhirnya proses medis untuk menjadikan Mimi sebagai Ibu Pengganti dilakukan.

Dalam menjalani proses kehamilan ini bukanlah perkara mudah bagi Mimi. Seorang gadis muda, mendadak hamil tanpa suami. Kedua orang tuanya pun tak tahu tentang keputusan Mimi ini. Belum lagi tanggapan masyarakat sekitarnya.

Bagaimana cara Mimi menjalani kehamilan ini dengan segala permasalahan kesehatan dan sosial yang ada di dalam lingkungannya?

Apa yang dilakukan oleh Mimi ketika tiba-tiba pasangan John dan Summer membatalkan proses 'Ibu Pengganti' ini hanya karena alasan kesehatan?

Saksikan drama komedi tentang Ibu Pengganti dalam durasi 2 Jam 12 menit berjudul Mimi tayang di Netflix sejak tanggal 26 Juli 2021.

Review Film: Mimi, Derita Ibut Pengganti

Jujur, kami kaget ketika tiba-tiba film ini tayang sebelum jadwal yang telah ditentukan. Entah alasan apa yang mendasari perilisan yang dipercepat ini. Apakah terkait dengan PPKM Level 4 yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021? Entahlah, yang pasti kami senang dengan rilisan ini. Sungguh sebuah kejutan akhir bulan yang sangat menyenangkan. 

Mimi, berdurasi 2 jam 12 menit. Standar film-film India masa kini, khususnya buatan Netflix. Dari posternya kita sudah dibuat penasaran. Kriti Shanon tercengang, dengan perut buncit. Tag line untuk film ini pun cukup membuat penasaran. 'Mimi, Ini semua tak seperti apa yang anda pikirkan', kurang lebih seperti itu terjemahannya. 

Filmnya sendiri mengalir lurus tanpa menoleh ke belakang atau flashback. Dari pengenalan karakter, perguliran konflik, hingga konklusi akhir berjalan mulus. Drama yang dihadirkan tak dibuat 'menye-menye', hingga penonton tak harus menguras air mata. Entah ini sengaja dibuat seperti itu, atau drama yang dihadirkan gagal mengungkap sisi dramatis Mimi. Yang pasti, penempatan komedi di sela-sela adegan drama cukup sukses membuat saya ngakak.

Kriti Sanon sebagai Mimi, jelas dia adalah pusat semesta film ini. Meski film ini diawali dengan adegan Bhanu si sopir taksi dan pasangan bule, setidaknya penonton diberi alasan untuk memahami bagaimana cerita film ini akan digulirkan. 

Penampilan Kriti Sanon cukup berhasil di film ini. Saya suka adegan saat dia melahirkan bayi. Beberapa kali kamera melakukan pengambilan gambar zoom wajah Kriti yang sedang berusaha melahirkan. Adegan ini sulit dilakukan bagi artis wanita yang belum pernah melahirkan anak. Tetapi Kriti bisa melakukannya dengan sangat meyakinkan.

Satu hal yang saya tidak suka dengan Kriti Sanon di film ini adalah saat dia menyanyikan lagu 'Param Sundari'. Tariannya bagus, luwes dan cocok untuk lagu ini. Tapi yang sedikit mengganggu adalah gerak bibir dan ekspresi saat dia melantunkan liriknya. Tidak pas, dan terlihat banget sebagai lipsync. Berbeda saat intro awal lagu kita menyaksikan Sai Thamankar (Shama) yang mengawali lagu Param Sundari. Ekpresi dan gerak bibirnya pas banget dengan suara Shreya Ghoshal. 

Pankaj Tripathi tak perlu diragukan lagi aktingnya. Kehadirannya selalu membuat penonton senyum-senyum sendiri. Di sini dia berperan sebagai sopir, sekaligus makelar 'ibu pengganti' dari pasangan bule pelanggannya. Adegan seru Pankaj Tripathi di film Mimi ini adalah saat dia didatangi istri dan mertuanya. Kocak dan bikin ngakak. Sayangnya, penonton tak cukup tahu tentang latar belakang istri dan mertuanya ini.

Manoj Pahwa dan Supriya Pathak sebagai bapak dan ibunya Mimi juga tampil bagus sesuai tuntutan skenario. Manoj Pahwa perannya steriotip, dia cukup ahli membuat tertawa hanya dengan ekpresi wajah dan perut buncitnya. 

Sedangkan Supriya Pathak, biasanya jadi emak-emak judes, disini tak banyak yang bisa diekplorasi. Penampilan terbaiknya bagi saya adalah ketika dia jadi emaknya Leela di film Ram Leela yang diperankan oleh Deepika Padukone dan Ranveer Singh pada tahun 2013 yang lalu.

Sutradara sekaligus penulis skenario Laxman Utekar berfokus pada tokoh utama dan keluarganya. Laxman berhasil membangun  karakteristik tokoh utama dan keluarganya. Tetapi Laxman gagal memotret masyarakat di sekitar keluarga Mimi. Kita tak banyak melihat bagaimana reaksi tetangga dan masyarakat terhadap tokoh wanita hamil tanpa suami. Meskipun praktek Surogasi telah jamak ditemukan di India, bukan berarti kehamilan tanpa suami adalah sesuatu yang lazim di masyarakat India, lebih-lebih di pelosok. Sebagian besar masyarakat masih menganggap tabu apabila seorang wanita hamil tanpa suami. Di film ini, seolah kehamilan Mimi hanya menjadi beban keluarga saja, bukan beban masyarakat dan lingkungan di sekitar Mimi. 

Pesan moral yang ingin disampaikan oleh Laxman tentang Surogasi dan resiko-resikonya memang bisa diterima oleh penonton. Akan tetapi proses ekskusi penyelesaian masalah hingga pesan ini tersampaikan kepada penonton, dilakukan tanpa usaha berbelit. Konflik utama yang seharusnya bisa menjadi puncak drama, diselesaikan dengan cara yang sangat mudah. Imbasnya, penonton seperti saya yang berharap ada kejutan di ending cerita, merasa sedikit kecewa. 

Penutup

Mimi adalah usaha keras dari Kriti Sanon untuk menunjukkan kepada dunia bahwa dia bisa berakting dengan peran yang sangat menantang baginya. Berbeda dengan peran-peran yang selama ia mainkan. Usaha keras itu tak sia-sia. Bagi anda penggemar Kriti Shanon, wajib menonton film ini. 

Tidak hanya Pankaj Tripathi, Manoj Pahwa, Supriya Pathak, dan tokoh-tokoh lain di film Mimi ini yang sukses memjadikan Mimi sebagai film hiburan, tetapi ada Deepika Padukone, Ranveer Singh, Priyanka Chopra, dan banyak artis lain 'hadir' untuk memeriahkan Mimi. Selain itu, ada lagu lama 'Teri Ungli Pakad Ke Chala dari original soundtrack Laadla (1994) yang dibintangi oleh Anil Kapoor dan Sridevi. 

Mimi tayang di Netflix sejak 26 Juli 2021 bisa ditonton oleh seluruh keluarga.

Mimi - Rilis 30 Juli 2021 Tayang di Netflix

Diperankan: Kriti Sanon, Pankaj Tripathi, Supriya Pathak, Manoj Pahwa, Evelyn Edwards, dan Aidan Whytock.
Sutradara: Laxman Utekar
Skenario: Laxman Utekar, Rohan Shankar
Musik: A.R. Rahman

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url