30 Fakta Mengejutkan Dibalik Layar Film Khamoshi The Musical (1996)

FilmIndia.my.id --Film yang disutradarai oleh Sanjay Leela Bhansali ini merupakan debutnya sebagai sutradara. Khamoshi The Musical dibintangi oleh Manisha Koirala , Nana Patekar dan Salman Khan . Secara penghasilan, film ini tidak berhasil di box office, akan tetapi disebut sebagai salah satu film musikal terbaik dari sinema Hindi. Penggambaran Manisha Koirala sebagai Annie, seorang wanita bisu-tuli, dipuji secara kritis, dan dianggap sebagai salah satu penampilan terbaiknya hingga saat ini. Dia memenangkan beberapa penghargaan untuk penampilannya, termasuk Penghargaan Aktris Terbaik, dan Penghargaan Kritikus Filmfare untuk Aktris Terbaik . Musik film ini digubah oleh duo Jatin–Lalit, dengan lirik oleh Majrooh Sultanpuri . 


SINOPSIS FILM KHAMOSHI THE MUSICAL

Ceritanya tentang Joseph (Nana Patekar) dan Flavy Braganza (Seema Biswas), pasangan tunarungu dan bisu di Goa, India. Mereka memiliki seorang bayi perempuan bernama Annie (diperankan oleh Priya Parulekar sebagai Annie muda), yang mampu berbicara dan mendengar. Beberapa tahun kemudian mereka memiliki bayi lagi, seorang anak laki-laki bernama Sam, yang juga bisa berbicara dan mendengar. Kehidupan Annie terbagi menjadi dua dunia – satu dengan orang tuanya, satunya dengan dunia musik yang dia cintai. Annie mendapatkan inspirasi musiknya dari neneknya, Maria Braganza ( Helen ).

Beberapa tahun kemudian, setelah kematian tragis Sam --saudaranya, Annie dewasa (Manisha Koirala) merasa hancur hingga musik serta nyanyiannya memudar. Hingga kemudian Annie bertemu dengan Raj (Salman Khan) dan mulai jatuh cinta. Annie mulai bernyanyi lagi. 

Cinta Annie dan Raj membuat Annie hamil. Ayahnya menyuruhnya menggugurkan bayinya karena itu akan mencemarkan nama baik keluarga. Annie menolak untuk menggugurkan kandungannya. Joseph meminta Annie untuk meninggalkan rumah. Sementara Raj mencoba meyakinkan ayah Annie bahwa dia adalah pria yang baik, tetapi Joseph tidak menyukainya karena Raj adalah seorang Hindu yang tidak tinggal di Goa, jadi Annie harus tinggal jauh darinya. 

Bagaimana kisah selanjutnya?

30 FAKTA MENARIK DI BALIK LAYAR FILM KHAMOSHI THE MUSICAL

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik terkait film Khamoshi The Musical yang berhasil dihimpun oleh redaksi kami dari berbagai sumber, antara lain:

  1. Nana Patekar memainkan karakter ayah Manisha Koirala, pada tahun yang sama dia berperan sebagai suaminya di film Agni Sakshi. 
  2. Helen menerima peran sebagai ibunda Nana Patekar atas permintaan khusus dari anak tirinya yaitu Salman Khan. 
  3. Adegan Seema Biswas menjual barang dengan kedua anaknya terinspirasi dari masa kecil sutradara Sanjay Leela Bhansali. 
  4. Film produksi Jerman tahun 1996 yang berjudul Beyond Silence karya Caroline Link terinspirasi dari film drama musikal ini. 
  5. Madhuri Dixit pilihan pertama untuk karakter Annie, tapi dia menolak karena film ini diarahkan oleh sutradara debutan. 
  6. Kajol menandatangani kontrak film ini pada Januari 1995, tapi kemudian dia keluar karena bermasalah dengan Sanjay Leela Bhansali. 
  7. Kareena Kapoor dipertimbangkan untuk peran utama, tetapi dibatalkan karena pada saat itu dia belum terjun ke dunia akting. 
  8. Manisha Koirala adalah pilihan terakhir Sanjay Leela Bhansali, dan SLB merasa tidak salah memilihnya karena sesuai dengan karakter Annie. 
  9. Nana Patekar melempar Salib di pantai, adegan ini dianggap sangat tidak sejalan dengan masyarakat Kristen Katolik di Goa. 
  10. Meski diakui secara kritis serta dihargai untuk musik dan alur ceritanya, film ini tidak sukses di box office India. 
  11. Nana Patekar dan Manisha Koirala tertangkap basah meninggalkan set selama beberapa malam saat syuting film ini. 
  12. Pada tahun 1996, Nana Patekar dan Manisha Koirala mengakui perselingkuhan mereka di majalah Filmfare dan Stardust. 
  13. Penggambaran Manisha Koirala dipuji secara kritis dan dianggap sebagai akting terbaiknya hingga saat ini. 
  14. Manisha Koirala memenangkan penghargaan aktris terbaik di ajang festival film Star Screen Awards 1997. 
  15. Penghargaan aktris terbaik kritik Filmfare Awards diraih Manisha Koirala berturut-turut, sebelumnya dia meraihnya untuk Bombay. 
  16. Musik digubah oleh Jatin Lalit dan lirik ditulis oleh Majrooh Sultanpuri, soundtrack nya berhasil menduduki puncak tangga lagu di India. 
  17. Seema Biswas menerima penghargaan aktris pendukung terbaik di festival film Star Screen Awards 1997. 
  18. Karakter Annie kecil diperankan dengan manis sekali oleh aktris cilik Priya Parulekar yang wajahnya mirip Manisha Koirala. 
  19. Salman Khan dianggap sebagai pemanis saja meskipun dia tampil dalam peran pendukung utama di film ini. 
  20. Aaj Main Upar yang digambarkan oleh Manisha Koirala membuahkan penghargaan playback Singer terbaik untuk Kavita Krishnamorty. 
  21. Manisha Koirala gagal mendapatkan penghargaan aktris terbaik National Awards 1997 karena film terlambat didaftarkan. 
  22. Faktor kegagalan film ini karena penonton tidak menyukai Nana Patekar dan Manisha Koirala berperan sebagai ayah dan anak. 
  23. Majalah CineBlitz terbitan tahun 1996 menempatkan Manisha Koirala di posisi pertama sebagai aktris terbaik. 
  24. Nana Patekar menerima bayaran tinggi untuk film ini karena dia aktor paling mahal saat itu setelah kesuksesannya di film Krantiveer. 
  25. Adegan bercinta antara Salman Khan dan Manisha Koirala digambarkan dengan manis sekali lewat lagu Bahoon Ke Darmiyan.

     
  26. Manisha Koirala mengaku gugup ketika melakukan syuting adegan lagu Yeh Dil Sun Raha Hai dengan memakai bahasa isyarat. 
  27. Untuk karakternya di film ini, Manisha Koirala berinteraksi terlebih dahulu dengan beberapa orang penderita bisu tuli. 
  28. Setelah syuting selesai, banyak orang mengharapkan Nana Patekar dan Manisha Koirala menikah, tetapi ternyata gagal. 
  29. Sanjay Leela Bhansali menerima penghargaan Filmfare Awards pertamanya untuk kategori film terbaik kritik. 
  30. Berkat penampilannya di film ini, media India memberi julukan pada Manisha Koirala sebagai aktris Bollywood paling cantik masa itu.

Dari 30 fakta menarik di balik layar film Khamoshi The Musical ini, mana yang belum kalian ketahui? atau ada yang mau menambahkan? Silahkan tulis di dalam komentar yah.. 

Postingan ini telah terbit di Facebook BMCI pada tanggal 7 Juni 2021 oleh Ucietya Dyadra
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url