Review Film: Sulthan (2021)

FilmIndia.my.id - Film action India selatan? Yang terbayang; tentu penjahat terbang-terbang tidak manusiawi. 😂😂😂

Yah memang begitulah. Dan di film Sulthan ada donk banyak adegan kelahi terbang-terbang kek gitu. Dipukul di perut, tapi kok jadi jungkir balik? 😁😁😁

Sulthan, film tentang hero yang membantu rakyat kecil saat dilanda kesusahan. Jujur, film action India selatan ini sangat saya hindari, dulu. Alasannya karena adegan actionnya yang tidak manusiawi. Tapi entah sejak kapan, action rawa-rontek ini jadi magnet tersendiri untuk saya. Disaat sudah rada bosan nonton thriller, nonton film action India Selatan selalu bikin senyum-senyum sendiri. 

Okeeh, balik lagi ke film Sulthan. Film ini bener-bener mencirikan film Tamil. Hamparan sawah luas. Kebanggaan petani akan sawah mereka. Hingga tarian dan joged yang ruameee banget hingga 1 desa pada ikutan. 

Sulthan sendiri bercerita tentang sebuah desa yang meminta pertolongan kepada Sethupati, ayah Sulthan, untuk mengusir preman yang mengobrak-abrik desanya. Sethupati sendiri merupakan ketua gangster yang sering berkelahi dengan gangster lainnya. Sebelum Sethupati berhasil memenuhi permintaan sang kepala desa, sethupati tiba-tiba meninggal karena serangan jantung. Hingga akhirnya tugas mengamankan desa tersebut diberikan kepada Sulthan, anaknya. Padahal Sulthan sama sekali tidak suka kekerasan. 

Apakah Sulthan akan memenuhi permintaan sang kepala desa?

Film Sulthan ini mengingatkan saya dengan Joseph Vijay dan Mahesh Babu. Karena biasanya mereka berdua yang suka main film hero + kritik sosial. Bagi penggemar si cantik Rashmika Mandanna, bolehlah nonton film ini. Dan bagi yang belum tau, Karthi yang berperan sebagai Sulthan adalah adik kandung dari Suriya Sivakumar.

Pernahkah;  bertanya-tanya kenapa film India selatan, khususnya Tamil lebih sering menampilkan kekayaan alamnya berupa sawah ataupun perkebunan? 

Ini karena letak geografis dan iklim India itu sendiri. Nasi menjadi makanan pokok bagi masyarakat India selatan. Sementara di India utara, makanan pokok mereka adalah olahan dari tepung gandum seperti chapati dan  paraata. Padi cocok ditanam di India selatan, sementara itu di India utara adalah penghasil gandum.

Selain gandum, hasil pertanian terbesar di India utara adalah kapas. Perkebunan buah-buahan terbesar ada di Kerala. Kerala terkenal dengan pisangnya. Sementara itu penghasil teh terbaik India ada di Darjeeling. Mungkin kapan-kapan saya akan buat tulisan tentang daerah geografis India.

------

Sulthan

Review oleh: Ida Ayu Pidani
Terbit di: Facebook group BMCI tanggal 1 Mei 2021

Judul film: Sulthan ( Tamil Movie 2021 )
Cast : Karthi : Sulthan, Rashmika Madanna : Rukmani
Genre : action, dengan sedikit komedi.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url