Review Film: Operation Java - Malayalam (2021) Tayang di Zee5

FilmIndia.my.id - Menonton sinema Malayalam itu rasanya seperti seorang kekasih yang baru jadian lalu bertemu untuk pertama kalinya. Rasanya campur aduk; deg-degan iya, penasaran iya, pusing juga iya. Tak banyak ekspektasi, tapi begitu filmnya ditonton, dia memberikan kejutan yang menyenangkan. 

Seperti film Operation Java ini. Melihat posternya saja mungkin saya gak akan berminat. Selain para pemainnya yang asing, tak banyak yang saya ketahui tentang para pelaku industri film Malayalam ini. Akan tetapi saya tahu, banyak film bagus dihasilkan oleh mereka.

Sinopsis Film Operation Java

Berdurasi 2 jam 26 menit, Operation Java terinspirasi dari kasus-kasus yang dilaporkan pada departemen Cyber ​​Cell di India --tepatnya di Kerala. Operation Java mengisahkan tentang beberapa investigasi terkait kejahatan yang melibatkan teknologi. Cerita fiksi ini membawa kita pada kasus-kasus yang diselidiki dari sudut pandang Antony dan Dasan. 

Dua pemuda pengangguran, lulusan diploma teknik komputer sebuah kampus di Kerala. Mereka berjuang untuk mencari nafkah melalui pekerjaan serabutan. Antony dan Dasan bermimpi menjadi besar suatu hari nanti, tetapi mereka tidak berhasil mencapainya. Sampai suatu hari mereka ditawari untuk 'magang' di departemen Cyber Cell Kepolisian Kerala karena berhasil membantu polisi mengungkap kejahatan pembajakan film melalui website TamilRocker. (Gretonger pasti tahu website ini😆).

Bagi duo ini, berpegang teguh pada 'petunjuk' yang mereka temukan dalam kasus menarik adalah satu-satunya "pelarian dari kenyataan" yang mereka hadapi. Sutradara berfokus pada dua masalah; kejahatan dunia maya dan pengangguran. Keduanya disajikan secara seimbang. 

Review Film Operation Java

Kejahatan dunia maya diungkapkan dengan sangat gamblang. Penipuan berdasarkan SMS hadiah, lowongan kerja, bahkan scam melalui kartu ATM adalah kejahatan-kejahatan yang biasa terjadi di sekitar kita. Dari kejahatan ini kita bisa tahu betapa menakutkan dan liciknya manusia. Kita akan melihat bagaimana proses panjang sebuah kejahatan itu terjadi. Bahkan mungkin pekerjaan kita juga merupakan bagian dari kejahatan yang terstruktur. 

Kemampuan analisa dari Antony dan Dasan serta kehidupan nyata yang mereka alami akan membuat Anda berempati dan bahkan merasa kasihan pada mereka. Lika-liku investigasi dengan menggunakan teknologi yang jamak kita pakai sehari-hari menjadikan film ini menarik dan menghibur. Kita akan merasa terhubung, terikat, dan terlibat di dalamnya. Bidikan kamera tunggal membuat seolah-olah penonton adalah salah satu dari tim cyber crime. Ini menjadi nilai tambah yang sangat besar dalam membuat penonton tetap terlibat.

Menonton Operation Java seperti menonton sebuah perpaduan film dan acara Investigasi di TV.  Cinema Malayalam kembali membuktikan bahwa film bagus tidak perlu nama-nama besar di posternya untuk menarik penonton. 

Dan yang paling miris dari semua yang telah dibahas, Operation Java tak hanya tentang kejahatan, tetapi sebuah ironi yang terjadi di sekitar kita, termasuk di Indonesia. (uziek)

---

OPERATION JAVA

Release date: 12 February 2021
Running time: 146 minutes
Country: India
Language: Malayalam
Directed byTharun Moorthy
Produced by Padma Uday
Written by Tharun Moorthy
Starring Balu Varghese, Lukman Avaran, Binu Pappu, Irshad
Vinayakan, Shine Tom Chacko


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url