Review Film India Irul (2021) Tayang Di Netflix

Film India - Drama thriller misteri kejahatan berbahasa Malayalam karya Naseef Yusuf Izuddin, berjudul Irul sudah tayang di Netflix sejak tanggal 2 April 2021. Di lini masa, telah banyak penonton menggunakan media sosial untuk membagikan ulasan film Irul. Fahadh Faasil berperan Unni. Soubin Shahir berperan sebagai Alex Parayil, sedangkan Darshana Rajendran berperan sebagai Archana Pillai. Film ini menandai debut sutradara untuk Naseef. Dia telah bekerja sebagai asisten sutradara di film Bollywood seperti Kai Po Che !, Happy New Year, Raees, Newton dan Tumbbad.

Sinopsis Film Irul

Alex terbangun dari mimpi buruknya di pagi hari. Setelah itu dia bergegas pergi ke toko buku. Ya, hari ini dia ingin mengecek novel terbarunya yang telah terbit. Selanjutnya, dia kencan bersama pacarnya --Archana, disebuah cafe. Archana adalah seorang pengacara yang sibuk. Hingga saat kencan pun telponnya selalu berdering. Ini membuat Alex kesal dan meninggalkan Archana.

Menyadari bahwa Alex kesal, Archana meminta maaf kepada Alex. Demi menebus kesalahannya, Archana sepakat untuk menghabiskan akhir pekan di sebuah tempat yang jauh bersama Alex, dengan satu syarat, TANPA handphone !!!

Perjalanan akhir pekan yang disertai hujan deras, membuat mobil Alex mogok di tempat sepi. Demi mencari bantuan dan berteduh, Alex dan Archana mendatangi sebuah rumah besar di lereng bukit. Di rumah sepi ini mereka bertemu dengan seseorang yang misterius, Unni.

Suasana di dalam rumah itu cukup mewah, namun aura misterius itu tetap saja masih terasa. Keramahan Unni dalam menyambut Alex dan Archana terlihat sangat aneh. Bahkan, pertanyaan-pertanyaan 'tuan rumah' pada tamunya terasa seperti sebuah interogasi yang menyudutkan sang tamu. Tentang novel yang ditulis Alex, sebuah novel yang berkisah tentang pembunuhan berantai terhadap 5 orang wanita. 

Sampai suatu saat, listrik mati !!! Dua pria itu, Alex dan Unni mencari kontrol listrik yang berada di ruang bawah tanah.  Keduanya terkejut saat menemukan sebuah mayat wanita di basement. Saat kedua pria itu kembali ke ruang atas, mereka memiliki versi ceritanya masing-masing,  memperebutkan siapa yang benar diantara mereka kepada Archana. Seperti biasa, ada dua versi kebenaran dan Archana harus memilih. Siapakah mayat wanita itu? Siapakah pelakunya? Siapa yang berbohon? Apa motifnya?

Review Film Irul

Dengan tiga aktor berbakat sebagai pemeran utama Irul, Naseef Yusuf Izuddin telah menetapkan ekspektasi tinggi sebelum dirilis di Netflix pada hari Jumat 2 April 2021. Premisnya sangat menjanjikan. Pasangan yang terdampar di tengah hujan tanpa telepon, di rumah besar yang didekorasi secara artistik, dengan cerita latar yang menakutkan, dan seorang pembunuh berantai yang bersembunyi di dalamnya. Siapakah pembunuh berantai yang sebenarnya? Bagi mereka yang menyukai thriller, film dengan jumlah tokoh yang sangat minim ini akan selalu menjadi sesuatu yang sangat menarik. Selain cerita lebih fokus, dan penonton seolah akan menjadi bagian dari permainan yang ditampilkan di dalam layar.

Soubin yang memerankan Alex Parayil, seorang penulis yang baru saja menerbitkan novel pertamanya berjudul Irul, berfokus pada seorang pembunuh berantai yang menargetkan wanita. Archana diperankan oleh Darshana Rajendran, seorang pengacara yang percaya diri dan kemudian panik. Di antara ketiganya, Ada Fahadh Faasil berperan Unni, penampilannya yang paling meyakinkan . Ketiganya telah kita saksikan berkolaborasi di film sukses tahun lalu berjudul CU Soon.

Film ini menggunakan musik yang tidak menyenangkan dan jump-scare yang cukup efektif untuk menunjukkan bahwa segala sesuatunya ada yang tidak beres. Hujan, gelap, potret seorang ibu di dinding ruang tamu, semua unsur itu cukup membawa aura misteri. Fahadh sebagai Unni yang aneh dan misterius, ditampilkan cukup memakai baju tidur bercorak kuning. Fahadh tidak pernah menolak untuk memainkan karakter-karakter aneh; Faktanya, semakin aneh sebuah peran, semakin dia menyukainya. 

Soubin biasanya sangat alami di layar, tetapi sebagai Alex Parayil, dia tampaknya salah pilih. Karakter penulisnya sendiri kurang meyakinkan - setelah menulis buku tentang pembunuh berantai, dia cukup meremehkan masalah psikologi di balik kejahatan. Diskusi singkat yang terjadi dengan ketiga karakter utama tentang pembunuh berantai, dengan kamera yang bergerak cepat dari satu wajah ke wajah lainnya, terlihat beda. 

Ada ketegangan, dan sebagian besar berkat penampilan Darshana sebagai wanita yang bingung dengan situasi yang terjadi. Film ini benar-benar membuat penonton menantikan penyelesaian akhir ketika potongan-potongan teka-teki itu terjawab. 

Tetapi ketika jawaban itu terjadi, Ealah..  daripada WOW. Naseef tampaknya menghabiskan terlalu banyak waktu untuk merencanakan atmosfer cerita, membangun set, elemen pendukung cerita, hingga dia lupa untuk memberikan cerita yang dapat memuaskan penonton film thriller. Memang cukup sulit untuk membuat cerita seru dan menegangkan dengan hanya mengandalkan tiga tokoh. Sunil Yadav telah menulis Irul dengan cukup menarik, tetapi lupa menambal beberap lubang cerita. Dan itu cukup fatal hingga mengubah film thriller yang memiliki begitu banyak hal yang potensial menjadi sebuah film biasa dengan kekecewaan yang besar.

Irul diproduksi oleh Anto Joseph, Jomon T John dan Shameer Muhammed di bawah bendera Anto Joseph Film Company dan Plan J Studios. Irul ditulis oleh Sunil Yadav dan disutradarai oleh Naseef Yusuf Izuddin. Irul Tayang di Netflix mulai 2 April 2021.




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url