31 FAKTA FILM GHULAM DIBINTANGI AAMIR KHAN DAN RANI MUKHERJEE

Film India - Pertama kali debut sebagai aktris, Rani Mukherjee sempat naksir berat pada Aamir Khan. Selama bertahun-tahun, Rani tak berani menatap mata Aamir Khan saat keduanya terlibat dalam pembuatan film. Pada 1998, Aamir dan Rani dipertemukan dalam satu layar produksi film berjudul 'Ghulam.' Luar biasa, film tersebut sukses menjadi salah satu film terlaris di box office 1998.

Saat film itu dirilis, Rani masih menjadi aktris pendatang baru. Sedangkan Aamir sudah menjadi bintang besar dengan film-film seperti Qayamat Se Qayamat Tak, Dil dan film besar lainnya.  

Ghulam Produksi Tahun 1998


Ghulam yang berarti Budak adalah sebuah film drama berbahasa Hindi India rilis pada tahun 1998, garapan Vikram Bhatt, dan dibintangi oleh Aamir Khan, Rani Mukerji dan Deepak Tijori. Film India berdurasi 156 menit ini sukses menghasilkan pendapatan Rs 24 Crores, jauh melampaui budget pembuatannya yang hanya Rs 7 Crores. Tentu saja, kesuksesan itu berkat akting yang memukau dari Aamir Khan dan Rani Mukherji.

Fakta Film Ghulam

Tentu saja, dibalik film sukses ini, ada saja cerita-cerita menarik yang mengiringi proses pembuatannya. Apa saja? mari kita simak.
  1. Ghulam awalnya berjudul Zakhmee yang akan disutradarai oleh Mahesh Bhatt dengan bintang Shahrukh Khan dan Pooja Bhatt.
  2. Vikram Bhatt menggantikan Mahesh Bhatt untuk menyutradarai film ini karena dia ingin pensiun sebagai sutradara.
  3. Pooja Bhatt mengurungkan niatnya untuk memerankan karakter Alisha karena dia fokus pada profesinya sebagai produser.
  4. Shahrukh Khan menolak tawaran karena tidak ingin bekerja dengan Mahesh Bhatt lagi setelah kegagalan Chaahat dan Duplicate.
  5. Sushmita Sen mengundurkan diri dari proyek film ini untuk memainkan peran Alisha karena perpisahannya dengan Vikram Bhatt.
  6. Aamir Khan awalnya menolak karakter Siddharth karena dia tidak ingin memainkan tokoh preman lagi setelah film Rangeela.
  7. Rani Mukerji adalah pilihan terakhir untuk karakter Alisha setelah gagal diperankan oleh Pooja Bhatt dan Sushmita Sen.
  8. Jatin Lalit berhasil meraih sukses besar sebagai penata musik Ghulam yang disusul dengan kesuksesan Kuch Kuch Hota Hai.
  9. Aamir Khan melakukan aksinya sendiri tanpa pemeran pengganti untuk adegan laga berbahaya di kereta yang melaju kencang.
  10. Filmfare Awards 1999 memberikan piala khusus pada Aamir Khan atas aksi berbahaya yang dilakukannya namun dia menolaknya.
  11. Aamir Khan tidak mencuci wajahnya selama delapan hari agar terlihat babak belur yang natural demi kesempurnaan aktingnya.
  12. Apun Bola di film Josh awalnya akan dipakai untuk film Ghulam, namun lagu Aati Kya Khandala yang akhirnya terpilih.
  13. Aamir Khan untuk pertama kalinya menyanyi dengan suaranya sendiri lewat lagu Aati Kya Khandala yang menjadi chartbuster.
  14. Deepak Tijori memainkan karakter yang mirip dengan perannya di film Jo Jeeta Wohi Sikandar bersama dengan Aamir Khan.
  15. Rani Mukerji tidak mengisi suara karena Vikram Bhatt merasa bahwa serak basahnya tidak cocok dengan karakternya.
  16. Mona Ghosh Shetty adalah artis pengisi suara untuk Rani Mukerji yang memiliki timbra lebih tinggi dari aktris manis tersebut.
  17. Stasiun bukit Khandala menjadi terkenal setelah Aati Kya Khandala populer di tangga lagu pada radio dan televisi di India.
  18. Sharat Saxena memainkan peran penuh pertamanya atas rekomendasi Aamir Khan dalam meyakinkan Mahesh Bhatt.
  19. Ashutosh Gowariker merekomendasikan Karim Hajee untuk peran petinju, tetapi sibuk dan digantikan kembarannya, Amin Hajee.
  20. Amin Hajee dan Aamir Khan mulai mengembangkan persahabatan saat mereka terlibat dalam mengerjakan proyek film ini.
  21. Main Teri Rani Tu Raja Mera dari film Lootere dan Aankhon Se Tune Yeh Kya Keh Diya dalam film Ghulam terdengar sama.
  22. Mahesh Bhatt menolak bekerja sama lagi setelah Ghulam dan berkata bahwa Aamir Khan aktor yang banyak campur tangan.
  23. Aamir Khan tidak mandi selama duabelas hari untuk menjaga keakuratan raut wajahnya untuk adegan perkelahian.
  24. Salim Akhtar memproduksi film Aashiq yang awalnya berjudul Ghulam, tapi disimpan dan judul diberikan kepada Mukesh Bhatt.
  25. Aamir Khan masuk nominasi Filmfare Awards 1999 lewat dua kategori untuk aktor terbaik dan penyanyi playback pria terbaik.
  26. Rani Mukerji berhasil masuk nominasi aktris terbaik pada penyelenggaraan Zee Cine Awards 1999 namun dikalahkan Kajol.
  27. Lirik lagu ditangani oleh empat penulis handal dan terkenal yaitu Sameer, Indeevar, Nitin Raikwar dan Vinod Mahendra.
  28. Album musik terjual 2,5 juta unit di India yang menjadikannya soundtrack Bollywood terlaris tertinggi kelima tahun 1998.
  29. Ghulam adalah remake dari produksi pertama Vishesh Films milik Mukesh Bhatt berjudul Kabzaa yang dibintangi Sanjay Dutt.
  30. Film ini terinspirasi oleh film Hollywood tahun 1954 karya Elia Kazan berjudul On The Waterfront yang dibintangi Marlon Brando.
  31. Dengan anggaran 72 juta, Ghulam dirilis pada 19 Juni 1998 dan menghasilkan 242 juta dengan predikat superhit di box office India.
Posted :
Artikel ini telah terbit di Facebook BMCI pada tanggal 22 Maret 2021
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url