AASHIQUI (1990) DAN FAKTA MENARIK DIBALIK PEMBUATANNYA

Film India - Aashiqui (Terjemahan: Romantis) adalah film musikal, Romantis India tahun 1990 dan angsuran pertama dari seri Aashiqui yang disutradarai oleh Mahesh Bhatt. Aashiqui dibintangi oleh Rahul Roy, Anu Aggarwal dan Deepak Tijori. Film ini dikenal karena musiknya, digarap oleh komposer duo Nadeem-Shravan, mereka berdua merintis karis musik bersama dengan penyanyi Kumar Sanu dan label musik T-Series


Setelah dirilis, Aashiqui menerima ulasan positif dan berhasil sebagai Album Soundtrack blockbuster sepanjang masa. Kumpulan lagu dalam Aashiqui berada di peringkat keempat dalam "100 Soundtrack Bollywood Terbaik" yang dikeluarkan oleh Planet Bollywood. Album soundtrack terjual 20 juta copy, menjadikannya sebagai album Bollywood soundtrack terlaris sepanjang masa. Versi cover dari salah satu lagunya, "Dheere Dheere", dinyanyikan oleh Yo Yo Honey Singh rilis pada tahun 2015. 

Sekuel film, Aashiqui 2, dengan tema yang benar-benar baru, disutradarai oleh Mohit Suri dengan Aditya Roy Kapur dan Shraddha Kapoor, dirilis pada 26 April 2013.

Alur Cerita Film Aashiqui 

Rahul (Rahul Roy) marah dengan ayahnya karena menikahi istri kedua, sementara ibunya masih hidup; dalam kemarahan Rahul mengamuk di acara pernikahan ayahnya. Karena itu, Rahul ditangkap dan dikirim ke kantor Polisi. Sementara itu, Anu (Anu Aggarwal) melarikan diri dari asrama wanita karena tidak tahan dengan perlakuan induk semang dan kawan-kawannya. Asrama itu dijalankan oleh Arnie Campbell (Tom Alter). Arnie segera melapor ke kantor polisi bahwa Anu hilang. Polisi berhasil menemukan Anu dan menangkapnya. Di kantor Polisi itu, Ani dan Rahul bertemu. 

Sejak bertemu Anu, Rahul tidak bisa berhenti memikirkan Anu. Dan mereka pun akhirnya jatuh cinta. Kehidupan remaja dengan romansa percintaannya menghiasi sisa durasinya. Sampai suatu saat Rahul dan Anu harus berpisah karena perbedaan pendapat.

Fakta Menarik Film Aashiqui 

Aashiqui menjadi album terlaris dalam sejarah industri musik India. Dalam sebuah wawancara, Bhushan Kumar mengatakan bahwa tidak ada album musik yang mampu memecahkan rekor musik Aashiqui. Lagu-lagu di Aashiqui direkam untuk diluncurkan pada tahun 1989, tetapi ketika Mahesh Bhatt mendengarnya, dia memutuskan untuk membuat film dan dia meminta Gulshan Kumar untuk sesuatu yang sama. 

Selain fakta di atas, berikut ini beberapa fakta menarik dari Film India Aashiqui ini :

  1. Salon dan barber menghasilkan banyak uang karena antusias pria di India mengikuti trend gaya rambut Rahul Roy di film ini.
  2. Mahesh Bhatt berkata bahwa film ini sebagian besar terinspirasi dari kisah nyata dengan istri pertamanya yaitu Kiran Bhatt.
  3. Rahul Roy dipilih untuk memerankan karakter utama di film ini karena pertemanan Mahesh Bhatt dan ibunya yaitu Indira Roy.
  4. Kumar Sanu memainkan peran kecil sebagai preman saat adegan Rahul Roy dan Anu Agarwal melarikan diri di dalam hutan.
  5. Mahesh Bhatt terkesan dengan reaksi penonton terhadap Rahul Roy yang kemudian dikontrak kembali lewat Jaanam dan Junoon.
  6. T-Series berhenti menghitung penjualan kaset audio film Aashiqui setelah mencapai angka satu crore di box office India.
  7. Setelah kesuksesan film ini, Kumar Sanu menjadi bintang semalam yang menyanyikan hampir semua lagu di film superhit ini.
  8. Aditya Pancholi mengisi suara Rahul Roy yang juga merupakan bagian dari film karya Mahesh Bhatt berikutnya berjudul Saathi.
  9. Soundtrack film Aashiqui dinilai sebagai yang terbaik keempat oleh Planet Bollywood dalam 100 Soundtrack Bollywood Terbesar.
  10. Mahesh Bhatt menginginkan Pooja Bhatt sebagai peran utama, tetapi putrinya tersebut belum siap untuk menjadi seorang aktris.
  11. Adegan kampus di film ini adalah kisah nyata Mahesh Bhatt dan istrinya, Kiran Bhatt ketika mereka masih berstatus mahasiswa.
  12. Setelah kesuksesan Maine Pyar Kiya dengan pendatang baru, Mahesh Bhatt juga harus membuat film dan Aashiqui hasilnya.
  13. Aktris Roshni dari film India Selatan diikontrak untuk peran utama wanita tetapi kemudian digantikan oleh Anu Agarwal.
  14. Deepak Tijori membuat terobosan besar sebagai teman Rahul Roy yang kemudian dia berperan sebagai teman hero di film lainnya.
  15. Kumar Sanu dan Nadeem Shravan kemudian berkolaborasi di banyak film pada 1990-an dan meraih superhit di box office.
  16. Deepak Tijori awalnya akan memainkan peran utama tetapi kemudian Mahesh Bhatt lebih tertarik untuk memilih Rahul Roy.
  17. Mahesh Bhatt merasa pemeran utama kurang tampan dan cantik sehingga di poster wajah mereka disembunyikan di balik mantel.
  18. Anu Agarwal menandatangani film ini bertepatan dengan hari ulang tahunnya yaitu 11 Januari dan ini hadiah terindah baginya.
  19. Rahul Roy menandatangani kontrak film tanpa mengetahui naskahnya karena awalnya dia akan memainkan peran pendukung.
  20. Semua lagu Aashiqui awalnya direkam untuk dibuat album musik, tapi Mahesh Bhatt memutuskan untuk membuat filmnya.
  21. Mahesh Bhatt telah menandatangani Sachin untuk menggantikan Rahul Roy tetapi kemudian dia akhirnya berubah pikiran.
  22. Nitin Mukesh terdapat dalam album soundtack film ini lewat lagu Dil Ka Aalam, tetapi yang difilmkan versi Kumar Sanu.
  23. Deepak Tijori dan Rahul Roy memutuskan berbagi kamar yang sama selama syuting dan mereka menjadi sahabat sejak saat itu.
  24. Mahesh Bhatt kagum pada Anu Agarwal yang selalu melakukan satu kali pengambilan gambar tanpa harus mengulanginya.
  25. Mahesh Bhatt bertemu Anu Agarwal di pesta dan beberapa kali menawarkan film ini, tetapi menolak karena tidak ingin berakting.
  26. Penonton menjadi gila melihat kehadiran Rahul Roy datang ke gedung bioskop hingga dia harus diantar ke kabin general manager.
  27. Selama pemutaran perdana, Rahul Roy melihat seluruh penonton menumpahkan dan melemparkan koin ke layar bioskop.
  28. Rahul Roy ditawari 49 film setelah rilis Aashiqui, tetapi 26 saja yang diterima karena hanya dapat membuat 12 judul pertahunnya.
  29. Ending Aashiqui mirip film Indonesia, Ketika Cinta Telah Berlalu dibintangi Donny Damara, Sophia Latjuba 'dan Nurul Arifin.

Posted : Ucietya Dyadra
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url