DIBALIK LAYAR FILM MOHABBATEIN

Plot -- Film Mohabbatein menceritakan kisah tiga pemuda yang mencari cinta di sebuah sekolah dengan peraturan ketat bernama Gurukul. Narayan Shankar (Amitach Bachchan) merupakan kepala sekolah Gurukul yang sangat disiplin. Gurukul sendiri adalah universitas khusus laki-laki terbaik di India. Narayan Shankar tak ingin para muridnya terlibat dalam sebuah drama percintaan. 


Tak peduli dengan peraturan yang sangat ketat, ada tiga mahasiswa Sameer (Jugal Hansraj), Vicky (Uday Chopra), dan Karan (Jimmy Sheirgill) yang mulai jatuh cinta. Sameer jatuh cinta kepada Sanjana yang merupakan sahabat masa kecilnya namun sudah memiliki seorang pacar. Vicky tertarik kepada Ishika yang merupakan salah satu mahasiswa di universitas khusus perempuan tetangga mereka. Sedangkan, Karan jatuh cinta kepada Kiran, seorang janda muda yang suaminya meninggal dunia dalam sebuah perang. 

Sementara itu, Narayan mempekerjakan Raj Aryan Malhotra yang diperankan oleh Shah Rukh Khan untuk bekerja sebagai guru musik di Gurukul. Bersahabat dan percaya akan kekuatan cinta, Raj Aryan memiliki misi untuk menyebarkan cinta ke seluruh penjuru Gurukul. Ia merasa prihatin dengan keadaan yang dialami oleh Sameer, Vicky, dan Karan. Raj pun mendukung ketiga mahasiswa tersebut agar tidak putus asa dalam mengejar cinta mereka. Ia pun memmperingatkan kepada seluruh mahasiswanya jika ada yang bermain cinta akan langsung dikeluarkan dari Gurukul. Raj menceritakan sosok Mega, kekasihnya yang sudah meninggal, namun seakan selalu berada di sampingnya setiap hari. Kekasihnya itu adalah anak dari Narayan Shankar. 


Raj Aryan bertekad akan mengubah Gurukul dengan cinta. Bagaimana Raj mengubah Gurukul yang sangat disiplin untuk bisa dipenuhi cinta? Saksikan film Mohabbatein .

Fakta dibalik layar Film Mohabbatein

  1. Sejak tahun 1970-an, Yash Chopra ingin sekali membuat film Mohabbatein dan telah mendaftarkan judulnya, tetapi digagalkan karena produser dan sutradara tersebut sibuk dengan produksi film lainnya.
  2. Jika film Mohabbatein dibuat pada tahun 1980-an, karakter Narayan Shankar dan Raj Aryan sangat cocok diperankan oleh Dilip Kumar dan Amitabh Bachchan.
  3. Pada tahun 1990-an, Gulshan Kumar dari T-Series sempat meluncurkan film berjudul Mohabbatein yang disutradarai oleh Yash Chopra, namun film tersebut disimpan dan tidak dirilis hingga sekarang.
  4. Sebelum film Dilwale Dulhania Le Jayenge, Aditya Chopra berencana akan memulai debutnya sebagai sutradara pada tahun 1994 lewat film Mohabbatein.
  5. Pada tahun 1997, Vipin Handa ingin menyutradarai film berjudul Mohabbatein, rencananya film tersebut akan dibintangi oleh Shahrukh Khan dan Twinkle Khanna, namun ide pembuatan film ini dibatalkan.
  6. Amitabh Bachchan tidak mempunyai pekerjaan karena tak ada pembuat film yang menawarkan peran padanya, kemudian dia mendekati Yash Chopra untuk mendapatkan peran sebagai Narayan Shankar di film ini.
  7. Sridevi awalnya akan berperan sebagai istri Amitabh Bachchan, namun dia menolak tawaran, kemudian Madhuri Dixit ditawari tetapi menolak, akhirnya karakter tersebut dibatalkan dan dihapus dari naskah film.
  8. Shahrukh Khan setuju mengerjakan film ini tanpa melihat naskahnya terlebih dahulu karena dia sudah yakin kalau Mohabbatein akan sebagus Dilwale Dulhania Le Jayenge.
  9. Aishwarya Rai awalnya hanya tampil sebagai bintang tamu saja, namun selama pembuatan film dia sangat populer hingga Aditya Chopra memperpanjang perannya.
  10. Uday Chopra menginginkan Rinke Khanna menjadi pasangannya, tetapi Aditya Chopra bersikeras meluncurkan pendatang baru dan terpilihlah Shamita Shetty.
  11. Jugal Hansraj sebenarnya telah berperan dalam beberapa judul film, akan tetapi dia diluncurkan kembali di film ini lewat peran sebagai pasangan kekasih Kim Sharma.
  12. Jimmy Shergill hampir tidak lolos seleksi saat mengikuti audisi, Uday Chopra yang membuatnya terpilih karena merasa kalau dia akan terlihat serasi jika dipasangkan dengan aktris cantik Preeti Jhangiani.
  13. Shamita Shetty memulai debutnya di film ini bersama Shahrukh Khan namun bukan sebagai pasangan kekasih, berbeda dengan Shilpa Shetty yang membuat debut sebagai kekasihnya di film Baazigar.
  14. Kim Sharma berpenampilan super seksi dengan pakaian sporty dan trendy di film ini, dia adalah saudara sepupu Arjun Rampal.
  15. Preeti Jhangiani tampil dalam sebuah tarian tradisional di film ini dan ternyata dia memang menguasainya di kehidupan nyata.
  16. Anupam Kher dipasangkan dengan Archana Puran Singh karena Aditya Cjopra ingin melihat kembali chemistry mereka setelah film Kuch Kuch Hota Hai.
  17. Amitabh Bachchan berhasil meraih penghargaan aktor pendukung terbaik pada penyelenggaraan Filmfare Awards 2001.
  18. Shahrukh Khan berperan sebagai mahasiswa bernama Raj Aryan di film ini, nama Raj diambil dari Yash Raj Films sedangkan Aryan adalah nama putranya
  19. Aishwarya Rai tidak diperlihatkan wajahnya pada trailer sebelum film dirilis yang membuat penonton berspekulasi bahwa itu adalah Madhuri Dixit atau Kajol.
  20. Rani Mukerji menolak karakter yang diperankan oleh Aishwarya Rai karena dia tidak ingin memainkan peran roh setelah memerankannya di Kuch Kuch Hota Hai.
  21. Karisma Kapoor ditawari peran sebagai Ishika yang jago menari, Yash Chopra ingin melihat tariannya seperti di film Dil To Pagal Hai, namun dia menolak tawaran tersebut.
  22. Kajol mendapat tawaran dari Aditya Chopra untuk peran sebagai Sanjana, tetapi menolak karena sibuk syuting film Dil Kya Kare dan Hum Aapke Dil Mein Rehte Hain.
  23. Sameera Reddy didekati untuk peran sebagai Kiran, tetapi menolak karena dia belum siap terjun ke dunia film, akhirnya peran dimainkan oleh Preeti Jhangiani.
  24. Priyanka Chopra didekati Yash Chopra untuk peran yang dimainkan oleh Shamita Shetty, tetapi menolak karena masih terikat kontrak kontes kecantikan Miss World 2000.
  25. Mithun Chakraborty masuk dalam penampilan khusus sebagai tentara suami Shefali Shah, Aditya Chopra membatalkan peran itu karena panjangnya durasi film ini.
  26. Salman Khan awalnya akan tampil cameo lewat peran sebagai suami Preeti Jhangiani yang meninggal dunia, tetapi ide Aditya Chopra itu dibatalkan oleh ayahnya.
  27. Shahrukh Khan meraih penghargaan aktor terbaik kritik keduanya pada penyelenggaraan Filmfare Awards 2001 setelah film Kabhi Haan Kabhi Naa di ajang Filmfare Awards 1994.
  28. Yash Chopra memfavoritkan adegan saat Shahrukh Khan melihat ke langit sambil menangis menyalahkan dirinya sendiri atas tiga mahasiswa yang diusir dari Gurukul.
  29. Karan Johar mendesain semua pakaian untuk Amitabh Bachchan, sedangkan untuk Shahrukh Khan dan bintang utama lainnya memakai pakaian koleksi Manish Malhotra.
  30. Sachin Tendulkar ditandatangani untuk memerankan putra tiri Amitabh Bachchan, tetapi perannya dihapus dari naskah film karena dianggap tidak begitu penting.
  31. Amrish Puri dan Helen Richardson memukau lewat penampilan khusus yang diperankannya, mereka berdua adalah legenda di industri perfilman Bollywood.
  32. Parzan Dastur mencuri perhatian lewat perannya sebagai Ayush, dia adalah bintang cilik yang namanya populer di film Kuch Kuch Hota Hai dan Kaho Naa Pyaar Hai.
  33. Uday Chopra, Shamita Shetty, Jugal Hansraj, Kim Sharma, Jimmy Shergill dan Preeti Jhangiani latihan akting selama enam bulan sebelum syuting dimulai.
  34. Jugal Hansraj mengalami patah pergelangan kaki saat melompati penari dan membawa Kim Sharma menjauh dari bangku pada adegan lagu Aankhen Khuli.
  35. Karena baru pertengahan syuting lagu Aankhen Khuli dan Jugal Hansraj tidak bisa menggerakkan kakinya, akhirnya Aditya Chopra merekam gambar close up dan medium dengan pemeran pengganti.
  36. Set kampus Gurukul didirikan di London, Inggris yang juga sering digunakan pada pembuatan film Bollywood lainnya.
  37. Mohabbatein dirilis bersamaan dengan Mission Kashmir, ironisnya Amitabh Bachchan dan Shahrukh Khan pernah ditawari film ini yang akhirnya diperankan oleh Sanjay Dutt dan Hrithik Roshan.
  38. Kecuali Jugal Hansraj dan Kim Sharma, empat pendatang baru di film ini berhasil masuk nominasi debutan terbaik pada penyelenggaraan Filmfare Awards 2001.
  39. Selain pasangan Shahrukh Khan dan Aishwarya Rai, chemistry empat pendatang baru sangat meyakinkan terutama dalam adegan lagu dan tari di film ini.
  40. Mohabbatein menandai kolaborasi pertama antara Amitabh Bachchan dan Shahrukh Khan sepanjang karirnya.
  41. Syuting berlangsung di India dan Inggris dari bulan September 1999 hingga bulan Juni 2000, film ini dirilis di seluruh dunia pada tanggal 27 Oktober 2000.
  42. Sebelum film Mohabbatein, Shahrukh Khan dan Aishwarya Rai berperan sebagai saudara kembar di film Josh (2000) lalu mereka berpasangan di film Devdas (2002)
  43. Dengan anggaran 19 crore, film ini meraih pendapatan kotor di seluruh dunia sebesar 90 crore dan merupakan film Hindi berpenghasilan tertinggi kedua di India tahun 2000 setelah Kaho Naa Pyaar Hai.
  44. Musik digubah oleh Jatin Lalit dan lirik ditulis oleh Anand Bakshi yang menjadikan album soundtrack Bollywood terlaris 2000.
  45. Menurut situs box office India, sebanyak 5 juta album soundtrack Mohabbatein telah terjual, produser Yash Chopra menmperoleh keuntungan sebesar 75 juta untuk hak musik film ini di bawah Yash Raj Music.
  46. Musik latar digunakan secara ekstensif di sepanjang film dan menampilkan motif yang berhubungan dengan semua karakter utama, masing-masing pasangan memiliki alunan musik tema yang unik dan menarik.
  47. Seluruh lagu untuk enam bintang muda di film ini dilakukan oleh penyanyi playback pendatang baru berbakat di Bollywood.
  48. Lagu milik Kenneth Salick feat Ravi B yang berjudul How Long merupakan versi cover dari lagu Humko Humise Churalo milik Lata Mangeshkar dan Udit Narayan.
  49. Ada kejanggalan pada satu scene yaitu saat adegan dimana Aishwarya Rai yang merupakan roh menyentuh dan menggerakkan lengan Preeti Jhangiani yang seorang manusia.

Itulah beberapa fakta yang berhasil dihimpun oleh penulis. Fakta film Shah Rukh Khan yang lainnya seperti film Dilwale Dulhaniya Le Jayenge, atau film india lainnya bisa dilihat di sini.

Artikel ini ditulis oleh Ucietya Dyadra dan telah terbit di BMCI pada tanggal 06 Desember 2020
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url