Review Film: Bob Biswas, Pembunuh Berdarah Dingin Amnesia

Review Film: Bob Biswas, Pembunuh Berdarah Dingin Amnesia

Kisah seorang pembunuh bayaran dalam cerita film sudah banyak dibuat. Baik di film Hollywood ataupun film dari negara-negara lain. 

Namun ada yang menarik dari kisah Bob Biswas ini. Bukan karena kemampuannya dalam membunuh yang membuatnya menarik, akan tetapi pada ekspresi 'lempeng' di wajahnya itu yang membuatnya terasa berbeda.


Film India Bob Biswas ini telah tayang di jaringan Zee5 sejak awal Desember 2021. Dan saya telah menontonnya di hari pertama. Tapi, baru kali ini saya bisa mengulas tentang film ini. 

Sinopsis Film Bob Biswas

Kecelakaan 8 tahun lalu, saat Bob Biswas mengejar Vidya dalam film Kahaani, menyebabkan Bob Biswas koma. Kini, Bob Biswas (Abhisek Bachchan) dinyatakan sembuh dari koma, setelah 8 tahun perawatan di rumah sakit. Istri dan anaknya menjemput Bob. Akan tetapi Bob Biswas kehilangan ingatannya. Ia sama sekali tak ingat masa lalunya. Bahkan pada anak dan istrinya. Mary (Chitrangada Singh), sang istri dengan sabar dan telaten berusaha mengingatkan Bob. 

Rupanya Bob Biswas memiliki anak tiri bernama Mini (Samara Tijori) yang kini sedang menghadapi ujian akhir semester di sekolahnya. Dia belajar keras agar bisa lulus masuk ke universitas kedokteran. Namun, seorang tetangga yang gemar menyanyi mengganggu konsentrasi belajarnya. Bob ingin membantu putrinya, tapi sikap putrinya itu tidak bersahabat.

Bob yang berusaha mengingat masa lalunya, tiba-tiba didatangi oleh dua orang yang mengaku sahabatnya. Dia memberikan tugas pada Bob untukmembunuh seseorang. Kata mereka, dulu Bob Biswas adalah pembunuh berdarah dingin tanpa ampun. Untuk menjalankan tugasnya, Bob diberi sebuah hp dan diminta untuk menghubungi Kali Da, --seorang penjual obat, yang akan memberi semua keperluan Bob.

Berbekal senjata pemberian Kali Da, Bob masih bingung dengan cara pakai dan masa lalunya. Dia mencoba merakit senjata itu. Dan ternyata dia bisa dengan mudah merakitnya. 

Pada saat itu, tetangganya yang hobi menyanyi mulai beraksi. Segera Bob menemui tetangganya itu agar tidak berisik dan mengganggu putrinya. Namun, tetangga itu menanggapinya dengan ketus. Karena kesal, Bob langsung menembaknya. 

Doorrr... tetangga itu pun tewas.

Menyadari dia mampu membunuh seseorang dengan mudah, Bob mulai menjalankan tugasnya.

Bagaimana kisah selanjutnya? Apakah Bob Biswas bisa berhasil mengingat masa lalunya?

Review Film Bob Biswas

Kisah seorang pembunuh bayaran dalam cerita film sudah banyak dibuat. Baik di film Hollywood ataupun film dari negara-negara lain. Dalam Bob Biswas, sutradara film Sujoy Ghosh mengembangkan  salah satu tokoh ciptaannya yang terkenal, agen asuransi jiwa yang merangkap sebagai pembunuh bayaran dalam film Kahaani, tokoh yang mendorong Vidya Bagchi ke jalur kereta metro, lalu menariknya kembali, dan menyarankan pada Vidya bahwa Kolkata adalah kota yang berbahaya.

Bob Biswas di film Kahaani diperankan oleh Saswata Chatterjee, seorang pria biasa dan sopan, dan selalu mengatakan Nomoshkar kepada korbannya sebelum membunuh mereka. Ketika Bob yang botak dan berperut buncit muncul di belakang Vidya di stasiun metro, dia mampu membuat penonton merinding. Karakter yang muncul di layar kurang lebih 8 menit itu sangat berkesan.

Bob Biswas (2021), disutradarai oleh putri Sujoy Gosh, Diya Annapurna Ghosh. Sementara naskahnya ditulis sendiri oleh Sujoy bersama Raj Vasant. Saat terakhir kali kita melihat Bob di Kahaani, dia ditabrak mobil setelah berusaha untuk membunuh Vidya. 

Kisah Bob Biswas ini delapan tahun setelah kejadian di Kahaani itu. Dia telah keluar dari koma dan sekarang diperankan oleh Abhishek Bachchan. Sang aktor tampil dengan wig yang tidak menarik dan gendut. Abishek mencoba untuk menghidupkan kembali Bob Biswas dengan ancaman halus dari tokoh aslinya. Namun, Abhisek tidak bisa menandingi kemahiran Saswata dalam menampilkan perbedaan halus antara menyeramkan dan karismatik. 

Penonton dapat merasakan ketegangan dalam penampilan Abhishek saat ia mencoba untuk membunuh. Dan Abhishek berhasil menemukan ekspresi aneh antara keluguan dan kekerasan dalam diri Bob. Dia membawa rasa manis pada karakternya dan membuatnya terlihat menawan, sekaligus mematikan. Bob tidak dapat mengingat apa pun dan berusaha mati-matian untuk mengumpulkan semua kemampuannya mengingat kehidupan yang dia miliki, termasuk keluarga dengan seorang istri dan dua anak.

Keindahan Bob Biswas terletak pada ketenangannya yang berhati dingin. Kliennya mengiriminya foto di telepon. Dan dia langsung beraksi membunuh target tanpa bertanya. Namun dalam film ini, Bob mengalami krisis hati nurani, yang membawanya ke tempat pengakuan dosa di gereja. Akan tetapi narasinya kurang mengeksplorasi kedalaman emosi dan rasa kecemasan dari karakter Bob. 


Bob menjadi pembunuh yang sama sekali tidak menakutkan atau penjahat yang meyakinkan. Dia menjadi sedikit lemah karena kegalauannya sendiri. Hingga pada akhirnya Bob ingin memilih jalan yang benar. Namun, masa lalunya mengubah segala niat baik itu. Bob Biswas harus kembali beraksi dan menjalankan misi selanjutnya. Apakah cerita ini akan menjadi awal sekuel dari Bob Biswas dan Vidya/Kahaani? Entahlah.

Chitrangda Singh sebagai istri Bob, Mary, tidak banyak yang bisa dia lakukan. Dia cantik, dan keibuan banget. Tapi karakternya tidak cukup berkesan. Saya merasa kehadirannya hanya diperlukan untuk menjalankan narasi. Saya justru lebih suka karakter Kali Da si penjual obat. Dia tenang, dan sangat meyakinkan.

Sebagai sebuah film perdana dari Diya Gosh, sulit untuk mengukur kemampuan Diya selevel Sujoy Gosh, ayahnya. Perlu beberapa film lagi untuk bisa disejajarkan. Sujoy adalah salah satu sutradara film thriller terkemuka di bioskop Hindi. Kahaani, Kahaani 2, T3en, dan Badla adalah beberapa karya Sujoy Gosh yang cukup berhasil membuatnya dikenal sebagai sutradara film thriller. Sebagai pemula, Bob Biswas sudah cukup keren untuk memulai karya selanjutnya yang lebih baik.

Bob Biswas sedang streaming di ZEE5. Jika kalian ingin subtitle bahasa Indonesianya, bisa didapatkan disini.

Bob Biswas

Sutradara : Diya Annapurna Ghosh
Penulis : Sujoy Ghosh
Pemeran : Abhishek Bachchan, Chitrangda Singh, Amar Upadhyay, Samara Tijori, Maneesh Verma
Sinematografer : Gairik Sarkar
Editor : Yasha Ramchandani
Streaming di: Zee5



Demikian artikel tentang Review Film: Bob Biswas, Pembunuh Berdarah Dingin Amnesia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Jika ada hal yang ingin didiskusikan, silahkan tulis di dalam kolom komentar di bawah ini.

Apabila Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share yang ada di atas artikel ini. Anda juga bisa membaca artikel , sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, semua hal tentang film India ada di halaman www.filmindia.my.id ini. Anda juga bisa menyaksikan film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.

Terima kasih telah berkunjung di halaman ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url