DIBALIK LAYAR FILM DILWALE DULHANIA LE JAYENGE

"Postingan ini saya buat sebagai bentuk apresiasi untuk merayakan hari ulang tahun Shahrukh Khan yang jatuh pada tanggal 2 November 2020"

 

**********000**********

 


1. Aditya Chopra memilih Tom Cruise untuk karakter Raj dan Madhuri Dixit untuk karakter Simran, dia ingin membuat film kisah cinta India dan Amerika, tetapi Yash Chopra melarangnya karena dia tidak ingin memasang aktor asing.
2. Aktor yang pertama kali ditawari peran sebagai Raj adalah Shahrukh Khan, tetapi menolak karena merasa karakternya terlalu romantis, dia enggan melakukannya karena telah sukses memainkan peran antagonis.
3. Aditya Chopra kemudian menawarkan karakter Raj kepada Saif Ali Khan, namun dia menolak tawaran tanpa alasan, meski setahun sebelumnya sukses di film Yeh Dillagi produksi Yash Raj Films.
4. Pilihan berikutnya adalah Aamir Khan, ternyata dia pun menolak karakter Raj karena sibuk syuting film Rangeela, selain itu dia juga ingin memainkan peran yang berbeda pada setiap film yang dibintanginya.
5. Aditya Chopra kembali menawarkan karakter Raj kepada Shahrukh Khan, tetapi dia tetap menolak karena sibuk dengan proyek film Trimurti karya Subhash Ghai.
6. Setelah gagal membujuk Shahrukh Khan, Aditya Chopra menghubungi Salman Khan untuk memainkan karakter Raj, ternyata dia menolak tawaran dan malah menyarankan agar Shahrukh Khan yang memerankannya.
7. Dengan bantuan Salman Khan, akhirnya Aditya Chopra berhasil membujuk Shahrukh Khan yang akhirnya setuju bergabung di film ini untuk memainkan peran Raj Malhotra.
8. Setelah gagal memasang Tom Cruise, maka gagal pula memasang Madhuri Dixit, akhirnya karakter Simran diberikan kepada Kajol yang menurut Aditya Chopra memiliki tipikal wajah asli perempuan Punjabi.
9. Yash Chopra menginginkan Milind Gunaji untuk memerankan karakter Kuljeet, tetapi dia menolak karena tidak mau mencukur jenggotnya., hal ini membuat Yash Chopra memilih aktor lain sebagai penggantinya.
10. Armaan Kohli segera dihubungi untuk memainkan karakter Kuljeet, ternyata dia menolak karena tidak mau berperan sebagai penjahat, dia bersikeras ingin memerankan karakter Raj, namun Yash Chopra tidak mengabulkan permintaannya karena karakter Raj identik dengan Shahrukh Khan.
11. Pilihan terakhir jatuh pada Parmeet Sethi yang lolos saat menjalani tes, dia datang ke tempat kasting dengan mengenakan rompi, celana jeans dan sepatu bot hingga membuat Yash Chopra tertarik untuk memasangnya.
12. Pratibha Sinha terpilih untuk memainkan peran sebagai Preeti, dia menolak tawaran Yash Chopra hingga akhirnya karakter Preeti diperankan oleh Mandira Bedi.

**********000**********

 

Fakta Unik Film DILWALE DULHANIA LE JAYENGE

 



  1. Film Dilwale Dulhania Le Jayenge dirilis pada tanggal 19 Oktober 1995 bertepatan dengan ulang tahun ke 25 Yash Raj Films.
  2. Setelah Shahrukh Khan memenangkan penghargaan aktor terbaik untuk perannya di film ini, Aamir Khan berhenti menghadiri Filmfare Awards karena merasa seharusnya dia yang menang untuk Rangeela.
  3. Teman Shahrukh Khan di film ini adalah Karan Johar dan Arjun Sablok, keduanya kemudian menjadi sutradara yang sukses.
  4. Judul film ini diusulkan oleh Kiron Kher yang berasal dari lagu Le Jayenge Le Jayenge di film tahun 1974 yaitu Chor Machaye Shor.
  5. Selain Mother India, film ini termasuk di antara 1001 Film Yang Harus Anda Lihat Sebelum Anda Mati yang diedit oleh Steven Schneider.
  6. Aditya Chopra berpikir bahwa dia akan memulai debutnya di film Mohabbatein tetapi Dilwale Dulhania Le Jayenge lebih dulu dibuat.
  7. Ini film bioskop pertama Mandira Bedi, sebelumnya dia membintangi serial televisi berjudul Shanti (1994) kini dia adalah seorang penyiar kriket terkenal.
  8. Ketika Shahrukh Khan menjatuhkan Kajol diakhir lagu Ruk Jaa O Dil Deewane, Aditya Chopra tidak memberi tahu Kajol untuk mendapatkan reaksi yang natural.
  9. Setiap kali Shahrukh Khan membuka bajunya, Kajol tidak berhenti tertawa karena gambar bibir di dada Shahrukh Khan dibuat oleh Kajol.
  10. Adegan Raj berbohong tentang mendirikan pabrik bir Stroh, penempatan produk Stroh's Beer menandai peluncuran merek di India pada tahun 1995.
  11. Rok putih ikonik Kajol di lagu Mere Khwabon Mein Jo Aaye dipangkas di lokasi syuting oleh Manish Malhotra dan timnya karena Aditya Chopra menganggapnya terlalu panjang.
  12. Film ini disebut sebagai film klasik romantis dari generasi baru yang tak terlupakan sepanjang masa.
  13. Selama oemutaran perdana di bioskop, orang-orang menunggu dalam antrian berjam-jam untuk menonton film ini.
  14. DilwalexDulhaniaxLe Jayenge adalah salah satu film paling sukses sepanjang karir Shahrukh Khan selain film Kuch Kuch Hota Hai.
  15. Film ini terperosok dua kontroversi besar setelah dirilis, Honey Irani dan Javed Siddiqui mengatakan bahwa mereka belum diberi kredit untuk skenario dan dialog.
  16. Mere Khwaboon Mein Jo Aaye adalah lagu pertama yang direkam, Aditya Chopra menolak 24 lirik yang ditulis oleh Anand Bakshi sebelum menyetujui yang ini.
  17. Aditya Chopra menamai karakter Shahrukh Khan sebagai Raj Malhotra setelah Raj Kapoor.
  18. Jaket kulit Shahrukh Khan yang terkenal dibeli oleh Uday Chopra dari toko Harley Davidson di Bakersfield, California seharga 400 dollar.
  19. Kajol disebut sebagai ratu hijau karena mengenakan pakaian dan mehndi serba hijau, ini menjadi hit besar seperti lagunya, Mehendi Laga Ke Rakhna
  20. Pada pernikahannya sendiri dengan Ajay Devgan, Kajol memakai sari Maharashtrian yang berwarna hijau.
  21. Sebuah film dengan judul yang sama, Dilwale Dulhaniya Le Jayenge dirilis pada tahun 1980.
  22. Banyak orang tunanetra yang pernah mengalami film ini dan mereka sangat menikmatinya meski dengan cara mendengar bukan melihat.
  23. Himani Shivpuri direncanakan berada di adegan terakhir film, tetapi suaminya meninggal dunia selama pembuatan film, yang membuatnya tidak dapat berpartisipasi.
  24. Film India pertama dengan suara Dolby. Stereo, film ini menampilkan hamparan salju asli di Swiss.
  25. Shahrukh Khan menghargai jaket Harley Davidson miliknya, jaket keren khusus pria itu lepas landas dari Tom Cruise yang mengenakannya di film Top Gun, Salman Khan juga memakai jaket serupa di film Maine Pyar Kiya.
  26. Sooraj Barjatya menonton Dilwale Dulhania Le Jayenge hampir setiap minggu, terutama sebelum memulai film baru.
  27. Shahrukh Khan dan Kajol berjanji pada Karan Johar di lokasi syuting film ini untuk bekerja dalam film debut sutradaranya di film Kuch Kuch Hota Hai.
  28. Lagu paling populer Mehndi Laga Ke Rakhna dari Dilwale Dulhaniya Le Jayenge awalnya dianggap sebagai bagian dari film lain bukan film ini.
  29. Shahrukh Khan menyebutkan bahwa dia sedang melalui fase rendah sebelum film ini dimulai karena penyakityang diderita oleh saudara perempuannya.
  30. Salah satu adegan paling populer di mana Shahrukh Khan dan Amrish Puri memberi makan merpati, adegan ini benar-benar dadakan dan tidak ada di naskah.
  31. Film tersebut hingga saat ini memegang rekor tak terkalahkan dalam sejarah perfilman India yang tayang selama 1.000 minggu dan 7.000 hari di box office.
  32. Shahrukh Khan menggoda teman Kajol, Sheena selama tur Euro, karakter Sheena diperankan oleh desainer Anaita Shroff, menikah dengan Sutradara Homi Adjania.
  33. Adegan di mana Anupam Kher memberi tahu Shahrukh Khan tentang prestasi nenek moyangnya di bidang akademis, dia menyebut nama paman sebenarnya yang tidak terlalu sukses secara akademis.
  34. Menurut Vijay Anand, Dilwale Dulhania Le Jayenge bukan film original tapi menjiplak film Hollywood klasik berjudul Love On The Orient Express.
  35. Di skenario, Aditya Chopra menetapkan bahwa Simran adalah seorang vegetarian sementara Raj bahkan bersedia makan beefburger.
  36. Film ini menghabiskan waktu di Swiss dalam pengambilan gambar adegan lagu, Swiss adalah tempat terfavorit Yash Chopra untuk melakukan syuting film sebelumnya.
  37. Film ini sebenarnya ditulis oleh Honey Irani, tetapi dia tidak diberi penghargaan yang seharusnya dia terima.
  38. Menurut tweet Anupam Kher pada 2013, dia dan Shahrukh Khan membuat kalimat O Potchi, O Koka, O Bobi, O Lola di lokasi syuting film ini. 
  39. Aditya Chopra menulis film ini dalam rentang waktu tiga hingga empat minggu, menurut Karan Johar, Aditya Chopra memiliki konsep film yang jelas di kepalanya, itulah sebabnya da dapat menuliskannya dengan cepat.
  40. Uday Chopra terlihat mengendarai sepeda melewati Kajol dalam lagu Ho Gaya Hai Tujhko To Pyar Sajna.
  41. Manish Malhotra mendandani Kajol dengan pakaian hijau di lagu Mehndi Laga Ke Rakhna, Aditya Chopra menentangnya karena mempelai wanita Punjabi secara tradisional memakai warna merah, merah marun atau merah muda.
  42. Setelah menonton film ini, Shahrukh Khan memberi tahu Yash Chopra bahwa Dilwale Dulhania Le Jayenge adalah film yang akan membuatnya seperti Deewar yang melambungkan Amitabh Bacchan.
  43. Saroj Khan gusar meninggalkan syuting setelah perselisihan dengan Aditya Chopra, Shahrukh Khan merekomendasikan Farah Khan, yang menjadi koreograferdi lagu Ruk Ja O Dil Deewana.
  44. Rilis film ini bersamaan dengan film Yaraana, film yang dibintangi oleh Madhuri Dixit ini terpuruk dengan keberhasilan Dilwale Dulhania Le Jayenge.
  45. Nama lengkap Shahrukh Khan di film ini adalah Rajnath, seoerti nama Rishi Kapoor di film Bobby.
  46. Direktur eksekutif HMV Harish Dayani memperkirakan bahwa satu dari tiga rumah tangga di India memiliki soundtrack Dilwale Dulhania Le Jayenge.
  47. Film pertama yang disiarkan di televisi berdurasi 30 menit dalam pembuatannya, The Making Of Dilwale Dulhania Le Jayenge, disiarkan di Doordarshan.
  48. Pada tanggal 14 Desember 2014, Aditya Chopra merilis buku berjudul Aditya Chopra menghidupkan kembali Dilwale Dulhania Le Jayenge untuk merayakan penyelesaian 1000 minggu film tersebut.

 

Artikel ini ditulis oleh : Ucietya Dyadra
Next Post Previous Post
3 Comments
  • Nizam
    Nizam 26 November 2020 13.09

    Website nitnut kok gak bisa di akses sih bro..
    Apa udah ganti domain

    • Uziek
      Uziek 28 November 2020 20.11

      Bisa kok. Website yg mana?

    • Unknown
      Unknown 6 Desember 2020 09.42

      Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Add Comment
comment url