DIBALIK LAYAR FILM JOSH (2000)



BMCI Jatim -- Sebelum dibintangi oleh Shahrukh Khan, Aishwarya Rai, Chandrachur Singh, Sharad Kapoor dan Priya Gill, siapa saja yang menjadi pilihan untuk memerankan karakter Maxie, Shirley, Rahul, Prakash dan Rossane di film karya sutradara Mansoor Khan ini. Inilah kisah awal pembuatan film drama aksi romantis Bollywood terlaris keenam  di box office 2000, Josh yang saya rangkum dari berbagai sumber hingga menjadi sebuah cerita menarik dan fakta yang bisa dipercaya.

Pada pertengahan tahun 1996, pembuatan film yang berlatar belakang kehidupan di Goa ini mulai direncanakan dengan memilih Salman Khan dan Aishwarya Rai untuk karakter Maxie dan Shirley, tetapi Salman Khan menolak tawaran karena tidak mau berperan sebagai saudara kembar Aishwarya Rai, sutradara Mansoor Khan akhirnya mengganti Aishwarya Rai dengan Manisha Koirala dan ternyata Salman khan tetap menolak dengan alasan sibuk dengan syuting film yang telah ditandatanganinya.

Produksi film ini akhirnya tertunda kurang lebih selama setengah tahun, tetapi pada awal 1997 Mansoor Khan kembali berniat membuat film ini dengan memilih Shahrukh Khan sebagai Maxie, Kajol sebagai Shirley, Aamir Khan sebagai Rahul, Rani Mukerji sebagai Rossane dan Puru Rajkumar sebagai Prakash. Kehancuran hati Mansoor Khan dimulai karena dia bertengkar dengan Puru Rajkumar yang membuatnya keluar, keadaan semakin panas karena masalah besar  akan segera menerpa Mansoor Khan.

Setelah Puru Rajkumar keluar, kini giliran Kajol yang mengundurkan diri karena merasa tidak pantas berperan sebagai saudara kembar Shahrukh Khan, kemudian Aamir Khan pun hengkang karena tidak mau lagi berperan romantis, Mansoor Khan lalu menawarkan karakter antagonis Prakash padanya tetapi Aamir Khan tetap tidak mau karena merasa porsi perannya lebih kecil daripada Shahrukh Khan, akhirnya Aamir Khan keluar dan diikuti Rani Mukerji yang juga mengundurkan diri dari proyek film ini.

Kini tinggal Shahrukh Khan yang tersisa dan tetap bertahan sambil menunggu siapa lawan main berikutnya, untuk karakter Rahul, Prakash dan Rossane terpilihlah Saif Ali Khan, Sharad Kapoor dan Priya Gill, lalu Mansoor Khan menghubungi Aishwarya Rai kembali untuk memerankan karakter Shirley dan dia menerimanya, masalah datang lagi karena Saif Ali Khan keluar tanpa alasan yang membuat Mansoor Khan kebingungan, tapi tidak lama karena Chandrachur Singh datang untuk menggantikan posisinya.

**********000**********

Begitulah lika-liku perjuangan Mansoor Khan dalam menyutradarai film ini, begitu banyak rintangan yang dihadapinya hingga memakan waktu empat tahun lamanya. Berikut ini beberapa fakta menarik seputar film Josh yang akhirnya dibintangi oleh Shahrukh Khan, Aishwarya Rai, Chandrachur Singh, Sharad Kapoor dan Priya Gill :

*** Film yang diproduksi oleh United Seven Creations dan diproduseri oleh Ganesh Jain, Ratan Jain dan Champak Jain ini dirilis pada tanggal 9 Juni 2000.

*** Dengan anggaran 16 crore, Josh menghasilkan 35,06 crore dan dinyatakan sebagai film Bollywood terlaris tertinggi keenam tahun 2000 di box office India.

*** Film ini terinspirasi dari film Hollywood yang berjudul West Side Story, pemenang Oscar di ajang Academy Awards 1962.

*** Josh adalah film terakhir sutradara Mansoor Khan dan merupakan proyek terakhir produser Nasir Hussein yang terlibat secara tidak langsung.

*** Film ini tercatat sebagai satu-satunya karya penyutradaraan Mansoor Khan yang tidak menampilkan Aamir Khan sebagai pemeran utama seperti film sebelumnya.

*** Selain bahasa Hindi, film ini sesekali menampilkan dialog dalam bahasa Konkani yang merupakan bahasa daerah Goa.

*** Film ini syuting di Goa dengan tema Kristiani tahun 1980 di tengah latar belakang kesepakatan real estat di Goa.

*** Shahrukh Khan mengenakan lensa kontak warna biru agar terlihat seperti mata Aishwarya Rai sebagai saudara kembarnya.

*** Aishwarya Rai memakai riasan minimal dan menyamak kulitnya agar terlihat seperti perempuan Goa yang sesungguhnya.

*** Chandrachur Singh mengalami patah bahu selama pembuatan film yaitu saat adegan aksi dalam adegan perkelahian.

*** Sharad Kapoor mendapatkan pujian atas penampilan dan kualitas aktingnya hingga membuatnya masuk nominasi peran antagonis terbaik Filmfare Awards 2001.

*** Priya Gill mampu mencuri perhatian penonton dengan kecantikan wajahnya yang sekilas mirip Tabu, meski porsi perannya sangat sedikit tetapi berkaitan erat dengan alur cerita film ini.

*** Puneet Vashisth depresi setelah film dirilis dan mengklaim bahwa Shahrukh Khan membuat perannya diedit secara besar-besaran karena banyak adegan yang dia rekam tetapi tidak difilmkan.

*** Mansoor Khan khawatir saat memilih Chandrachur Singh sebagai pasangan kekasih Aishwarya Rai karena dia aktor yang kurang top dan bisa mempengaruhi film dalam perdagangan distribusi.

*** AR Rahman adalah komposer pilihan pertama untuk mengerjakan musiknya tetapi dia mengundurkan diri dan posisinya digantikan oleh Anu Malik.

*** Shahrukh Khan menyanyikan lagu Apun Bola dengan suaranya sendiri, merupakan lagu pertama yang dinyanyikan olehnya sepanjang karirnya.

*** Aishwarya Rai ditawari menyanyikan lagu Apun Bola dengan suaranya sendiri tetapi menolak karena merasa tidak nyaman yang akhirnya dinyanyikan oleh Hema Sardesai.

*** Untuk film Josh, Mansoor Khan memilih lagu Apun Bola yang dinyanyikan Shahrukh Khan daripada lagu Aati Kya Khandala.

*** Untuk film Ghulam, lagu Aati Kya Khandala dinyanyikan oleh Aamir Khan dan menjadi hit yang lebih besar daripada lagu Apun Bola.

*** Album soundtrack film ini terjual hingga mencapai 1,8 juta unit yang merupakan salah satu album soundtrack Bollywood terlaris tahun 2000.

*** Lagu Haye Mera Dil didasarkan pada lagu barat berjudul Sealed With A Kiss yang ditulis oleh Peter Udell dan Gary Geld.

*** The Conquest Of Paradise merupakan tema dasar dari lagu Hum To Dil Se Haare yang dinyanyikan oleh Udit Narayan dan Alka Yagnik.

*** Bagian paduan suara Sailaro Sailare yang merupakan lagu pertama di film ini terinspirasi dari lagu Spiderman Spiderman.



~o0o~

Artikel ini telah terbit di BMCI pada tanggal 23 Oktober 2020 oleh  Ucietya Dyadra
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url