Di Balik Layar Film ISHQ (1997)

"Inilah kisah awal pembuatan film drama komedi romantis superhit Bollywood 1997, Ishq yang saya rangkum dari berbagai sumber hingga menjadi sebuah cerita menarik dan fakta yang bisa dipercaya"

**********000**********


Indra Kumar merencanakan pembuatan film Ishq pada tahun 1991 dengan bintang Aamir Khan, Pooja Bhatt, Vivek Mushran dan Manisha Koirala, tetapi digagalkan karena Aamir Khan dan Pooja Bhatt mengalami masalah hingga keduanya memilih keluar, Boney Kapoor mendengar hal ini lalu merekomendasikan Sanjay Kapoor dan Madhuri Dixit untuk menggantikan Aamir Khan dan Pooja Bhatt, tetapi Indra Kumar memiliki keraguan atas film Ishq dan memutuskan untuk menyutradarai Sanjay Kapoor dan Madhuri Dixit di film Raja.
Setelah kesuksesan film Raja, Indra Kumar ingin menghidupkan kembali film Ishq yang sempat diragukannya, terpilihlah Aamir Khan, Madhuri Dixit, Vivek Mushran dan Manisha Koirala untuk menjadi tokoh sentral di film ini, tetapi Madhuri Dixit menolak karena sudah terikat kontrak dengan Yash Chopra di film Dil To Pagal Hai, Aamir Khan merekomendasikan Juhi Chawla dan dia menerimanya, masalah baru datang lagi ternyata Vivek Mushran dan Manisha Koirala mengundurkan diri dari proyek film ini karena merasa prosesnya terlalu lama.
Indra Kumar kembali hanyut dalam keraguan untuk melanjutkan pembuatan film ini, tetapi tidak lama karena dia mendapatkan Sharad Kapoor dan Karisma Kapoor sebagai pengganti Vivek Mushran dan Manisha Koirala, saat Sharad Kapoor menjalani tes ternyata dia dianggap tidak cocok dengan karakter yang akan diperankannya, tidak lama kemudian Ajay Devgan terpilih untuk menggantikan Sharad Kapoor, Indra Kumar merasa bahwa Ajay Devgan adalah pasangan yang sangat serasi jika disandingkan dengan Karisma Kapoor.
Begitu mengetahui Ajay Devgan yang akan menjadi aktor pasangannya, Karisma Kapoor memilih keluar karena dia tidak mau lagi main satu film dengannya, saat itu Ajay Devgan dan Karisma Kapoor terlibat perseteruan masalah hubungan pribadi mereka, Indra Kumar kembali kebingungan dengan pergantian pemain yang terus menerus menerpanya, Ajay Devgan lalu merekomendasikan Kajol dan ternyata Indra Kumar setuju dengan keputusan Ajay Devgan, akhirnya film Ishq resmi dibintangi oleh Aamir Khan, Juhi Chawla, Ajay Devgan dan Kajol.
Masalah tidak berhenti sampai disitu, film ini bercerita tentang dua pasangan yang selalu tidak akur dan membutuhkan orang untuk mempersatukan mereka, orang tersebut adalah Mr Lova Lova yang diperankan oleh Amitabh Bachchan, ternyata Amitabh Bachchan pun mengundurkan diri meski lagu Mr Lova Lova sudah direkam oleh suara Sudesh Bhosle yang identik dengannya, akhirnya Indra Kumar menghapus karakter untuk Amitabh Bachchan dan tetap menampilkan lagu Mr Lova Lova dengan penampilan khusus Johnny Lever.
**********000**********

Fakta Unik Film ISHQ :


  1. Film karya Indra Kumar ini dirilis pada tanggal 28 November 1997 dan berhasil meraih sukses besar dalam peredarannya.
  2. Dengan anggaran 104 juta, film ini menghasilkan 505 juta dan dinyatakan sebagai film superhit di box office India.
  3. Ishq adalah film Bollywood terlaris tertinggi ketiga tahun 1997 setelah film Dil To Pagal Hai dan Border.
  4. Drama komedi romantis ini merupakan salah satu film termahal pada masanya yang menjadi blockbuster besar di India.
  5. Ishq merupakan satu-satunya film yang mempertemukan Aamir Khan dan Ajay Devgan dalam satu frame hingga saat ini.
  6. Sebelum film Ishq, Ajay Devgan dan Juhi Chawla telah bekerja sama di film karya Mahesh Bhatt, Naajayaz pada tahun 1995.
  7. Setelah film Ishq, Aamir Khan dan Kajol berpasangan di film produksi Yash Raj Films yang berjudul Fanaa pada tahun 2006.
  8. Aktris seksi, Shwetha Menon tampil cameo sebagai penari dalam lagu Humko Tumse Pyar Hai bersama Aamir Khan dan Ajay Devgan.
  9. Aamir Khan dan Juhi Chawla masuk nominasi aktor dan aktris terbaik di ajang Zee Cine Awards pertama tahun 1998.
  10. Pemeran Maharani di film Sadak, Sadashiv Amrapurkar masuk nominasi peran antagonis terbaik Filmfare Awards 1998.
  11. Amitabh Bachchan keluar dari film ini karena bermasalah dengan Indra Kumar pasca pembuatan film produksinya yaitu Rishta.
  12. Johnny Lever sebagai item number lewat lagu Mr Lova Lova dengan memakai kostum ala Amitabh Bachchan di film Shahenshah.
  13. Karena lelucon Aamir Khan yang terlalu kelewatan, Juhi Chawla tidak mau lagi main dengannya selama hampir satu dekade.
  14. Juhi Chawla dan Kajol merupakan faktor keberuntungan Shahrukh Khan, untuk pertama kalinya mereka berdua bertemu di film ini.
  15. Ishq merupakan film pertama Indra Kumar tanpa Madhuri Dixit yang berbeda dengan film terdahulunya yaitu Dil, Beta dan Raja.
  16. Kolaborasi kedua antara Indra Kumar dan Aamir Khan setelah film Dil dan sebelum film Mann yang juga menampilkan Manisha Koirala.
  17. Ishq adalah film pertama Indra Kumar yang bukan diproduksi oleh Maruti International melainkan oleh Baba Films.
  18. Ishq dibuat ulang sebagai Maine Tujhko Dekha oleh Amaal Malik untuk film produksi tahun 2017 yang berjudul Golmaal Again.
  19. Film ini kemudian di remake dalam versi bahasa Kannada dengan judul Snehana Preethina yang dirilis pada tahun 2007.
  20. Musiknya digubah Anu Malik, menjadikan album soundtrack Bollywood terlaris keenam tahun 1997 yang terjual hingga 3 juta unit.
  21. Lagu Ishq Hua Kaise Hua diambil dari intro lagu Ae Mere Humsafar dari film Baazigar yang menampilkan Shahrukh Khan dan Shilpa Shetty.
  22. Lagu Neend Churai Meri merupakan remake dari lagu Sending All My Love oleh band asal Amerika yang bernama Linear.
  23. Lagu Kaise Kahoon Kaise Ho Tum diambil sampelnya dari lagu Right Side You 'oleh penyanyi Amerika yaitu Sophie Hawkins.
  24. Lagu Mr Lova Lova diambil sampelnya dari Lover Man di album Kamlee dan mendapat inspirasi dari lagu Shaggy berjudu Mr Lover.
Tulisan ini telah terbit di BMCI pada tanggal 21 Oktober oleh :
Ucietya Dyadra
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url