REVIEW FILM INDIA: A SUITABLE BOY (2020)

BMCI Jatim - Sutradara Mira Nair telah berhasil mengukir prestasinya berkat beberapa filmnya yang terkenal, SALAAM BOMBAY [1988] misalnya, yang merupakan salah satu dari tiga film India yang dinominasikan di Academy Award untuk Film Berbahasa Asing Terbaik. Kali ini Mira Nair ikutan membuat serial web dengan judul A SUITABLE BOY yang bertabur bintang. Apakah Mira Nair berhasil sekali lagi membuat penonton terkesan dengan A Suitable Boy? Ataukah dia akan gagal kali ini? Mari kita analisa.

Review Seri Web Review Boy Cocok

A Suitable Boy adalah kisah empat keluarga besar yang berubah menjadi lebih baik dan juga lebih buruk karena politik, pemisahan (India - Pakistan), dan perjodohan. 

SINOPSIS FILM INDIA A SUITABLE BOY (2020)

Bersetting tahun 1951. Mahesh Kapoor (Ram Kapoor) adalah menteri keuangan di pemerintahan Kongres Purva Pradesh. Dia tinggal bersama keluarganya di sebuah kota kecil bernama Brahmpur. Mahesh adalah orang yang sekuler dan progresif  dan ingin meloloskan RUU zamindari untuk kepentingan petani kecil. 

Putra bungsunya bernama Maan (Ishaan Khatter), seorang remaja pemalas yang labil dan tidak tahu apa yang harus dilakukannya dalam hidup. Lebih buruk lagi, Maan sangat mencintai Saeeda Bai (Tabu) --seorang pelacur tua yang lebih pantas jadi ibunya. Saeeda juga membalas cinta Maan, dan keduanya memulai hubungan cinta romantis dan terlarang. 

Kakak Maan adalah Pran (Gagandev Riar) yang baru saja menikah dengan Savita (Rasika Dugal). Savita memiliki adik perempuan bernama Lata Mehra (Tanya Maniktala) juga ikut pindah Savita ke Brahmpur untuk menyelesaikan studinya di Universitas Brahmpur. Di sini, Lata bertemu Kabir Durrani (Danesh Razvi) dan keduanya saling jatuh cinta. Lata sadar bahwa dirinya tidak mungkin menikah dengan Kabir --seorang Muslim. Faktor perbedaan agama ini dapat menimbulkan masalah bagi Lata dan keluarganya. Namun, Lata selalu membayangkan hidup bahagia bersama Kabir. 

Ibu Lata yang konservatif, Rupa (Mahira Kakkar) mengetahui hubungan Lata dan Kabir. Tentu saja Rupa sangat terkejut. Rupa membawa Lata ke Kalkuta untuk tinggal bersama putranya kakanya, Arun (Vivek Gomber). Di Kalkuta Arun tinggal bersama istrinya Meenakshi (Shahana Goswami), adik iparnya, Varun (Vivaan Shah), dan putrinya Aparna (Kavya Menon). 

Di Kalkuta, Meenakshi memperkenalkan Lata dengan Amit Chatterji (Mikhail Sen), seorang penyair gagah dan terkenal. Amit langsung tertarik pada Lata, tapi Rupa menjadi kesal. Kekesalannya ini membuat Rupa ingin segera mencari jodoh yang tepat untuk Lata dan segera menikah. Pencarian Rupa membawanya kepada Haresh Khanna (Namit Das), seorang pria pembuat sepatu yang sangat gigih dengan cita-citanya dan akhirnya berhasil bekerja di posisi tinggi di sebuah perusahaan sepatu. Haresh juga tertarik pada Lata. 

Lata terkesan dengan Amit dan Haresh tetapi dia masih mencintai Kabir dan tidak bisa melupakannya. Apa yang terjadi selanjutnya? Saksikan sendiri di Nitnutflix.

------------------

ULASAN FILM A SUITABLE BOY (2020)


A Suitable Boy dibuat berdasarkan pada novel Vikram Seth dengan judul yang sama. Diadaptasi oleh Andrew Davies secara cermat dan rapi untuk memastikan cerita series ini tidak rumit. Skenario Andrew Davies efektif di beberapa bagian. Beberapa adegan ditulis dan dipikirkan dengan sangat baik. Di bagian lain narasinya terasa cepat dan sulit dicerna. Hal ini terlihat pada pengembangan cerita tokoh Maan, Saeeda Bai dan Firoz (Shubham Saraf). Dialog-dialog garapan Andrew cukup sederhana, tajam, dan dalam gaya Inggris kuno, persis seperti tahun 50-an.


Arahan Mira Nair cukup baik. Ada banyak masalah yang ditangani dalam serial web ini, tetapi dia berhasil menanganinya dengan hati-hati. Kehati-hatian ini nampak pada dinamika berbagai anggota keluarga dengan keluarga lainnya. Meskipun keempat keluarga yang ditampilkan hampir tidak bersinggungan satu sama lain, Mira berhasil mengikat mereka dalam beberapa bentuk lain. Kedekatan Maan, Lata dan Varun sebagai anggota keluarga termuda dengan perasaan selalu disalahkan seniornya, cukup bisa dipahami. Kisah cinta Maan dan Lata kepada orang yang tidak diinginkan keluarga, sangat mirip. 

A Suitable Boy hanya terdiri dari 6 episode, masing-masing episode berdurasi sekitar 55-56 menit. Namun, ia bergerak dengan kecepatannya berbeda. Dua episode pertama terasa sangat membosankan. Dengan begitu banyaknya karakter, butuh beberapa kali menonton untuk bisa memahami bagaimana mereka terkait satu sama lain. Tapi, di episode selanjutnya menjadi lebih baik dengan berbagai perkembangan dramatis dan mengejutkan, berhasil membuat pemirsa terpikat. 

Kisah cinta Maan dan Saeeda Bai sangat mengesankan dan berakhir dengan cara yang sangat mengharukan. Sedangkan kisah cinta Lata mendapat porsi lebih banyak. Sedangkan kisah Haresh terasa sangat manis dan mendapat momen terbaiknya ketika dia menantang bos di perusahaan sepatu di Praha bahwa dia memiliki kemampuan untuk membuat sepatu yang bagus. Dua episode terakhirnya terasa mendebarkan dengan sedikit kejutan.

Tayang sejak bulan Juli 2020 di saluran BBC, tetapi baru ditayangkan di jaringan Netflix pada hari ini. Padahal di lapak sebelah merilis webseries Mirzapur 2 pada hari ini, tentu saja A Suitable akan terasa berat jika harus bersaing dengan series badas yang dinanti oleh berjuta umat di dunia. Semuanya bisa disaksikan di Nitnut

Secara keseluruhan, para pelakon A Suitable Boy berperan dengan sangat baik. Banyak nama-nama tidak terkenal yang bermain dalam film ini. Tetapi Mira Nair berhasil membuatnya nampak natural. Sebuah kejutan menyenangkan ketika ada Randeep Hooda di film ini. Tetapi saya tertarik menonton film ini karena Ishaan Khatter dan Tabu. 

Apakah anda juga?


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url