SINOPSIS FILM INDIA PAREEKSHA (2020)

Film ini berkisah tentang seorang tukang becak di Bihar yang bercita-cita dan bermimpi untuk memberikan pendidikan berkualitas terbaik kepada putranya dengan cara memasukkannya ke sekolah swasta favorit. Seorang ayah miskin bernama Buchi dan putranya Bulbul.

Buchi bekerja siang dan malam demi untuk biaya sekolah putranya. Pria miskin tak bisa membaca itu  merasa yakin bahwa sekolah negeri telah menyia-nyiakan kecerdasan yang dimiliki Bulbul. Memindahkan Bulbul ke sekolah swasta paling ternama di Bihar adalah keinginan terbesar Buchi.

Setelah melalui berbagai cara, Bulbul diterima di sekolah swasta itu. Dari segi biaya sekolah, tak ada perlakuan istimewa. Biaya masuk dan SPP mahal  tetap harus dibayar Buchi.

Awalnya, Buchi bekerja keras siang dan malam.  Istrinya, Radha  juga melakukan kerja lembur di pabrik panci. Tetap saja penghasilan mereka tak cukup untuk biaya sekolah Bulbul. Uang les, uang ujian, SPP, belanja buku dan lain-lain. Tapi tekad Buchi terlalu kuat. Apapun akan dilakukannya demi sang anak, termasuk melakukan aksi kriminal.

Mulanya Buchi mencuri tas penumpang becaknya. Lalu sebuah peluang datang, Buchi mendapati sebuah rumah kosong dan ia merampok rumah tersebut. Naasnya, ia tertangkap oleh para tetangga rumah itu dan diserahkan kepada polisi.

Bagaimanakah nasib Buchi dan Bulbul selanjutnya?

~o0o~

Pareeksha (2020) adalah film drama keluarga, yang kita tahu sebagian besar film dramatis itu membosankan. Tetapi sutradara Prakash Jha membuat film ini menarik, sekaligus mengharukan.

Paruh awal adalah momen realistik terbaik di film ini. Namun di paruh kedua, dramatisasinya sudah terasa  bollywoodnya (berlebihan). Untung saja masih bisa terselamatkan oleh karakterisasi tokoh yang kuat dan cerita yang mengikat.

Adil Hussain sebagai Buchi sangat menjiwai perannya. Tukang becak banget, deh. Sampai saya lupa, dia itu adalah dokter yang menyarankan Akshay Kumar dan Kareena Kapoor untuk melakukan Bayi Tabung di Good Newwz (2019). Kerrrreeennnn !!!

Priyanka Bose yang jadi Radha, emaknya Bulbul. Alami banget memerankannya. Sebelumnya juga pernah saya tonton jadi emaknya Saroo (Dev Patel) di film Lion (2016). Karakternya hampir sama. Dia mampu melakukan tugas aktingnya dengan baik.

Sanjay Suri, hadir sebagai Inspektur polisi. Tegas dan terlihat cerdas. Dia melakukan perannya seperti biasanya, bagus.

Shubham sebagai Bulbul, adalah film debutnya di Pareeksha ini. Masih terlihat agak canggung. Setidaknya ini adalah awal yang bagus bagi artis remaja ini.

Musik karya Advait Namlekar memberikan perasaan luar biasa di setiap adegan. Dipadu-padankan dengan hasil tangkapan kamera sinematographer Sachin Krishn yang mampu memvisualisasikan kehidupan permukiman kumuh, penonton akan melihat dan merasakan kenyataan di setiap adegannya.

Meski ceritanya bisa ditebak, karena temanya yang mungkin terasa usang, tetapi saya yakin penonton akan menikmati keseluruhan film ini. Itulah kehebatan sutradara Prakash Jha.

Jadi, tonton saja !

-----
Pemeran: Priyanka Bose, Adil Hussain, Sanjay Suri, Shubham, Shourya Deep, Anant Kumar Gupta, Seema Singh, Sheena Rajpal.

Sutradara: Prakash Jha.

Bahasa: Hindi.

Sinematografi: Sachin Krishn.

Sutradara musik: Advait Nemlekar.

Tanggal rilis: 6 Agustus 2020.

Waktu berjalan: 1 jam 42 menit.

Genre: Drama.

-------------
 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url