Di Balik Layar film India DARAAR (1996)

Inilah kisah awal pembuatan film drama thriller Bollywood 1996, Daraar remake film Hollywood-nya Julia Roberts, Sleeping With The Enemy yang saya rangkum dari berbagai sumber hingga menjadi sebuah cerita menarik dan fakta yang bisa dipercaya


Pada tahun 1994, sutradara duo Abbas Mustan mulai merencanakan pembuatan film Daraar dengan bintang utama Akshay Kumar, Kajol dan Salman Khan, produser Sujit Kumar merasa yakin bahwa film akan meraih sukses karena menampilkan tiga bintang top tersebut, Akshay Kumar secara lisan menerima tawaran, begitu juga dengan Kajol dan Salman Khan siap bekerjasama di film drama thriller tersebut.

Karakter protagonis, Raj dan Priya awalnya diperankan oleh Akshay Kumar dan Kajol, saat melakukan kasting Abbas Mustan menganggap mereka terlalu muda berperan sebagai pasangan suami istri, mau tidak mau produser dan sutradara harus mencoret namanya dari daftar pemain film ini, akhirnya Sujit Kumar dan Abbas Mustan memutuskan Rishi Kapoor dan Juhi Chawla untuk memainkan peran pasutri.

Karakter antagonis, Vikram sejak awal untuk Salman Khan yang menerima tawaran Abbas Mustan setelah menolak film terdahulunya yaitu Baazigar, produser Sujit Kumar tidak mau kehilangan Akshay Kumar dan ingin dia tetap menjadi bagian di film tersebut, perdebatan terjadi antara Sujit Kumar dan Abbas Mustan dalam memutuskan siapa pemeran Vikram apakah Salman Khan atau Akshay Kumar.

Sebelum produser dan sutradara mengatakan siapa yang terpilih memainkan karakter Vikram, ternyata Salman Khan dan Akshay Kumar telah berunding akan mengundurkan diri dari proyek film tersebut, mereka melakukannya demi menjaga pertemanan agar tidak ada yang tersakiti di antara keduanya, produser dan sutradara sibuk mencari penggantinya hingga akhirnya pilihan jatuh kepada Shahrukh Khan.

Tanpa membaca naskah film terlebih dahulu, Shahrukh Khan langsung menolak tawaran karena dia merasa sudah terlalu banyak memerankan penjahat di film terdahulunya seperti Baazigar, Darr dan Anjaam, sekali lagi Abbas Mustan menawarkan peran kepada Salman Khan tetapi aktor film Maine Pyar Kiya ini malah merekomendasikan adiknya, Arbaaz Khan untuk memerankan karakter Vikram.

"Nah begitulah asal mula pembuatan film drama thriller Bollywood 1996, Daraar yang dinyatakan flop di box office, film ini menganugerahkan penghargaan kepada Arbaaz Khan untuk peran antagonis terbaik Filmfare Awards 1997, kinerja Juhi Chawla dipuji oleh kritikus hingga namanya masuk nominasi aktris terbaik di ajang Filmfare Awards 1997, Daraar merupakan film yang menampilkan wanita sebagai tokoh sentral"

**********000**********

Fakta Unik Film DARAAR

 
*** Sebelum film Daraar, Rishi Kapoor membintangi film Yaraana (1994) yang juga merupakan remake dari film Hollywood, Sleeping With The Enemy.

*** Ironisnya di kedua film ini, Yaraana dan Daraar, nama karakter yang diperankan oleh Rishi Kapoor adalah Raj Malhotra.

*** Untuk karakter Vikram, Abbas Mustan memilih Salman Khan tetapi Sujit Kumar menginginkan Akshay Kumar.

*** Abbas Mustan tidak mau menandatangani Akshay Kumar untuk peran penjahat karena identik dengan Khiladi yang seorang jagoan.

*** Beberapa lagu bagus yang terdapat di album soundtracknya tidak difilmkan karena memakan banyak durasi.

*** Awalnya Shilpa Shetty item number Yeh Pyaar Pyaar Kya Hai saat film akan dibintangi Akshay Kumar, Kajol dan Salman Khan.

*** Juhi Chawla awalnya akan mengenakan kostum renang karena karakter Priya yang diperankannya seorang perenang handal.

*** Adegan kejuaraan renang yang dilakukan oleh Juhi Chawla dibatalkan pembuatannya karena panjangnya durasi film.

*** Setelah dirilis, film Daraar menjadi sasaran kontroversi karena kesamaannya dengan film thriller Hollywood, Sleeping With The Enemy.

*** Sebelum film Daraar (Juhi Chawla) Bollywood telah merilis film serupa yaitu Yaraana (Madhuri Dixit) dan Agni Sakshi (Manisha Koirala) 

**********000**********

Opini Saya Untuk DARAAR


"Karena durasinya panjang, lebih baik adegan komedi Johnny Lever diperkecil dan diganti dengan adegan renang Juhi Chawla plus item number Shilpa Shetty karena tidak menutup kemungkinan kedua faktor inilah yang justru akan membuat kesuksesan besar filmnya"

~o0o~

Posted : Ucietya Dyadra
Artikel ini telah terbit di BMCI pada tanggal 18 Juli 2020 dengan judul 'Di Balik Layar film DARAAR"
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url