DIBALIK LAYAR FILM INDIA KHUDA GAWAH (1992)

"Inilah kisah awal pembuatan film drama percintaan epik superhit Bollywood 1992, Khuda Gawah yang saya rangkum dari berbagai sumber hingga menjadi sebuah cerita menarik dan fakta yang bisa dipercaya"


Film karya Manmohan Desai, Khuda Gawah (1978) yang dibintangi oleh Amitabh Bachchan dalam peran ganda bersama Parveen Babi dan Rishi Kapoor dibatalkan setelah syuting beberapa adegan, kemudian naskah digunakan untuk film Allah Rakha (1986) yang dibintangi oleh Jackie Shroff dalam peran ganda bersama Dimple Kapadia dan Meenakshi Seshadri.

Pada tahun 1988, sutradara Mukul Anand meluncurkan film Qaidi No 786, karakter Badshah Khan yang diperankan oleh Amitabh Bachchan di film ini sempat akan dijadikan judul, tetapi kemudian Mukul Anand menggantinya dengan Khuda Gawah, film drama cinta epik ini dimulai pembuatannya pada awal tahun 1990 di negara Afghanistan.

Dimple Kapadia merupakan aktris pilihan pertama untuk karakter Benazir dan Mehndi, dia menuntut honor yang sangat tinggi karena harus memainkan peran ganda sebagai ibu dan anak, akan tetapi permintaannya ditolak mentah-mentah oleh Manoj Desai, akhirnya produser film tersebut memutuskan memilih aktris yang dijuluki si mata bola, Sridevi.

Sanjay Dutt dipilih untuk memainkan karakter Raja Mirza, tetapi dia keluar setelah syuting beberapa adegan, aktor piawai ini memberi waktu tujuh puluh hari kepada Mukul Anand untuk syuting, tetapi sutradara itu menyia-nyiakan tanggal yang diberikannya, Mukul Anand lebih mengutamakan syuting untuk adegan yang dilakukan Amitabh Bachchan.

Setelah Sanjay Dutt mengundurkan diri dari proyek film, Jackie Shroff dipilih untuk menggantikan posisinya, tetapi aktor berkumis ini menolak karena tidak punya waktu, pilihan berikutnya Chunky Pandey yang juga menolak tawaran karena sibuk syuting film lain, akhirnya pilihan jatuh pada aktor pendatang baru yang dijuluki si kuda hitam jantan, Ajay Devgan.

Saat Ajay Devgan menerima tawaran, Sridevi menolak berpasangan dengannya, Ajay Devgan mengecam Sridevi karena telah membuatnya terlempar dari proyek film, putra Veeru Devgan ini juga menyatakan bahwa dia tidak akan pernah bekerjasama dengan Sridevi di masa mendatang, akhirnya karakter Raja Mirza jatuh kepada Nagarjuna atas rekomendasi Sridevi.

Untuk karakter polwan Heena, pada tahun 1988 terpilih keponakan Dilip Kumar yaitu Shaheen namun digagalkan, pilihan berikutnya Farha Naaz yang memilih keluar saat mengetahui Sridevi berperan ganda, selanjutnya Ekta Sohini dipertimbangkan tapi gagal, kemudian Neelam Kothari ditawari tetapi ditolaknya, karakter Heena akhirnya diperankan Shilpa Shirodkar.

Khuda Gawah resmi dibintangi oleh Amitabh Bachchan, Sridevi, Nagarjuna, Shilpa Shirodkar dan Danny Densongpa, film ini dinyatakan superhit di box office dan menjadi salah satu film terlaris tertinggi Bollywood 1992.

**********000**********

"Berikut ini beberapa fakta film Khuda Gawah yang saya kutip dari beberapa sumber terpercaya di India spesial untuk Anda"

*** Amitabh Bachchan awalnya tampil cameo lewat karakter Badshah Khan, tetapi produser Manoj Desai bersikeras agar porsi perannya meningkat hingga menjadi tokoh utama.

*** Sridevi aktris pertama dan satu-satunya dalam sejarah sinema India yang memainkan peran ganda di film Amitabh Bachchan.

*** Danny Densongpa meraih penghargaan untuk kategori aktor pendukung terbaik Filmfare Awards 1993.

*** Amitabh Bachchan dan Sridevi masuk nominasi aktor dan aktris terbaik di ajang Filmfare Awards 1993.

*** Shilpa Shirodkar masuk nominasi aktris pendukung terbaik Filmfare Awards 1993, satu-satunya unggulan yang pernah diraihnya sepanjang karirnya.

*** Presiden Afghanistan memberikan keamanan angkatan udara kepada unit produksi secara keseluruhan.

*** Khuda Gawah menjadi film Hindi yang paling banyak ditonton oleh masyarakat di History of Afghanistan.

*** Sanjay Dutt dan Saroj Khan dikeluarkan dari film karena lagu Tamma Tamma Loge (Taneedar) menjiplak lagu Jhooma Chumma De De (Hum)

*** Khuda Gawah adalah film terakhir Amitabh Bachchan sebelum vakum dari industri, dia comeback empat tahun kemudian lewat film Angel Of Death.

*** Lebih dari satu juta orang datang ke lokasi syuting film untuk melihat Amitabh Bachchan ketika tiba di Afghanistan.

*** Produser awalnya memakai musisi dari Afghanistan untuk merekam musik latar belakang tetapi rencana itu dibatalkan.

*** Khuda Gawah adalah film terakhir Amitabh Bachchan yang disutradarai Mukul Anand setelah Agneepath dan Hum.

*** Ketika film diluncurkan, ada spekulasi di media bahwa Madhavi menggantikan Sridevi dan ini terbukti salah.

*** Musik latar belakang Khuda Gawah diambil dari beberapa film Hollywood seperti Black Rain dan Terminator 2.

*** Anjana Mumtaz muncul bersama Amitabh Bachchan untuk pertama kalinya sejak film Bandhe Haath, sembilan belas tahun sebelumnya.

*** Khuda Gawah dijual seharga satu crore perwilayah dan melakukan bisnis terbaiknya di Mumbai, film ini dibuka dengan baik di minggu pertama, tetapi menurun di minggu kedua.

*** Beberapa adegan film ini dipotong selama sepuluh menit termasuk versi kedua dari lagu Tu Mujhe Kabool.

*** Penonton merasa kecewa karena Amitabh Bachchan sebagian besar tampil dipenjara dan tidak berkelahi di film ini.

*** Subhash Ghai marah pada Amitabh Bachchan ketika melihat kostumnya di film Khuda Gawah, dia mengklaim bahwa kostum tersebut dipakai Amitabh Bachchan di film karyanya yaitu Devaa.

*** Manoj Desai enggan mendekati Sridevi karena dikabarkan bahwa Sridevi menolak film apapun dengan Amitabh Bachchan, Sridevi membantah tuduhan tersebut.

*** Shilpa Shirodkar memiliki satu lagu utama, dia kecewa pada Saroj Khan yang memberinya kostum kotor, lagu tersebut tidak difilmkan dan dihapus dari album soundtracknya.

*** Saat syuting adegan pertamanya dengan Amitabh Bachchan, Shilpa Shirodkar sangat kagum padanya sehingga lupa dialog meski telah menghafalnya semalaman sebelumnya.

---o0o---

Posted : Ucietya Dyadra

Postingan ini telah terbit di BMCI pada tanggal 14 Juli 2020 dengan judul "Di Balik Layar Film Khuda Gawah'

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url