STUDIO RK FILMS TERBAKAR, BEBERAPA COPY FILM LAWAS BERHASIL DISELAMATKAN


Studio film RK Films (Raj Kapoor Films) yang didirikan oleh aktor besar, produser sekaligus sutradara alm Raj Kapoor terbakar pada bulan September tahun lalu. Akibat kebakaran ini banyak kostum legendaris dan poster film-film legendaris hancur. Tapi beruntungnya, menurut sebuah harian, sebagian besar film negatif dari film-film legendaris produksi RK Films aman, hingga tidak ada alasan untuk khawatir.
Kepala Arsip Film Nasional India (NFAI), Prakash Magdum mengatakan, bahwa pembuat film veteran Jabbar Patel telah bertemu dengan pemilik studio RK Films, aktor/produser Randhir Kapoor setelah kebakaran RK Studio. Dia menanyakan kondisi semua film-film jadul yang diproduksi studio tersebut.
Prakash mengungkapkan keprihatinannya atas hancurnya harta benda dan juga kostum-kostum. Jabbar Patel telah menyerahkan sekitar 21 negatif film dari RK Studio ke NFAI. Film-film ini merupakan harta tak ternilai dari masa lampau, termasuk diantaranya adalah film ‘Aag’, ‘Barsaat’, ‘Awara’, ‘Boot Polish’, ‘Shree 420’, ‘Jis Desh Mein Ganga Behti Hai’, ‘Sangam’, ‘Mera Naam Joker’, ‘Kal Aaj Aur Kal’, ‘Bobby’, ‘Dharam Karam’, ‘Satyam Shivam Sundaram’ , ‘Prem Rog’, ‘Biwi O Biwi’, ‘Ram Teri Ganga Maili’ dan ‘Aa Ab Laut Chale’.

RK Films merupakan rumah produksi yang didirikan oleh aktor/produser/sutradara top Bollywood Raj Kapoor. RK Films sendiri diambil dari nama pendirinya yakni Raj Kapoor. RK Film didirikan pada tahun 1948 satu tahun setelah kemerdekaan India dan berlokasi di Chembur, India.
RK Films pertama kali memproduksi film berjudul ‘Aag’ (1948). Film diproduksi, disutradarai sekaligus dibintangi oleh Raj Kapoor sendiri. Dan sebagai pasangannya adalah aktris Nargis. Film-film produksi RK Films sebagaian besar meraih box-office dalam peredarannya, seperti ‘Awaara’, ‘Shree 420’, ‘Jis Desh Men ganga Behti Hai’, ‘Bobby’, ‘Satyam Shivam Sundaram’ dan ‘Prem Rog’ dan ‘Ram Teri Ganga Maili’.

Namun sejak Raj Kapoor meninggal dunia pada 1988, RK Films kurang produktif dalam pembuatan film. RK Films yang kini dipercayakan kepada putra sulung Raj Kapoor, yaitu Randhir Kapoor tidak banyak lagi memproduksi film. Dan selama ini RK Films telah memproduksi kurang lebih 25 judul film. (Melaty Tagore)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url