DEEPIKA PADUKONE MERASA ADEGAN JAUHAR (MEMBAKAR DIRI) DALAM PADMAAVAT TAK DIISTIMEWAKAN


Akhirnya film yang kontroversial ‘Padmaavat’ dirilis pada 25 Januari 2018 lalu. Dan film mendapat banyak pujian, baik dari penonton maupun dari para kritikus film. Film pun dinyatakan meraih hits dan pada akhir pekan pertama telah mengantongi sekitar 100 crore rupee (Rp 200 milyar).
Dan kini di tengah kesuksesannya, film kembali mendapat kritik tajam yakni tentang adegan ‘Jauhar’ alias bunuh diri dengan membakar diri. Dari pertama film diputar, telah ditegaskan lewat sebuah tulisan besar di layar (bioskop) bahwa film ini (‘Padmaavat’) tidak mengistimewakan adegan ‘Jauhar’ alias bakar diri. Dikatakan bahwa film ini terinspirasi oleh puisi fiksi abad ke 16 ‘Padmaavat’ karya Malik Muhammed Jayasi.
Praktek pengorbanan diri di kalangan wanita India (Rajput) memang telah sering disebutkan di buku-buku sejarah. Namun sutradara Sanjay Leela Bhansali tampaknya sengaja mengutamakan adegan ‘Jauhar’ ini dibanding adegan-adegan penting lainnya. Hal itu pulalah yang juga dikecam oleh aktris Swara Bhaskar. Dia mengecam bahwa Sanjay Leela Bhansali dianggap telah memuliakan adegan ‘Jauhar’ di antara banyak hal lainnya.

Deepika Padukone, sang pemeran Ratu Padmawati yang melakukan adegan ‘Jauhar’ berkali-kali mengatakan bahwa adegan ini (Jauhar) adalah sebuah proses yang sulit untuk menggambarkan adegan bunuh diri dengan membakar diri. Deepika mengatakan hal ini demi membela sutradaranya. Dalam film tersebut, Padmavati beserta beberapa wanita melakukan ‘Jauhar’ alias membakar diri untuk melindungi diri dari murka Sultan Alauddin Khilji.
Secara pribadi, aktris cantik berlesung pipi ini mengatakan bahwa dirinya dan juga tim ‘Padmaavat’, sebenarnya tidak pernah mendukung ‘Jauhar’. Dia menambahkan, bahwa penonton harus melihat adegan dan praktek dari ‘Jauhar’ ini dalam konteks ditunjukkan secara jelas. Sehingga penonton paham arti dari ‘Jauhar’ ini. Dan itu telah dilakukan Deepika Padukone sesuai dengan naskahnya, sehingga dia merasa adegan ‘Jauhar’ yang dilakukannya dalam film tidaklah salah.
Lebih lanjut aktris berusia 32 tahun mengatakan bahwa umumnya penonton ingin melihat Padmavati merangkul api, karena dia melakukan ini untuk dipersatukan dengan pria yang dia cintai. Jadi menurutnya, adegan ‘Jauhar’ yang dilakukannya sudah sesuai naskah meski kurang memuaskan. Dan menurutnya lagi, adegan tersebut tak terlalu dilebih-lebihkan.

‘Padmaavat’ juga dibintangi oleh Ranveer Singh (yang berperan sebagai Alauddin Khilji), Shahid Kapoor (sebagai Raja Rawal Ratan Singh), Jim Sharb (sebagai Malik Kafur), Aditi rao Hydari (Sebagai Ratu Mehr-un-Nisa, istri Alauddin Khilji), Anupriya Goenka (Ratu Nagmati) dan Raza Murad (sebagai Sultan Jalaluddin Khilji). (Melaty Tagore)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url