Bollywood Box Office 2015 - Semester 1

Bollywood Box Office 2015 - Semester 1

Sejak kehadiran film PK di penghujung akhir 2014, persepektif masyarakat di luar India terhadap film Bollywood mulai berubah. Mereka mulai memperhitungkan keberadaan sineas bollywood. Tetapi sayang, di awal tahun 2015 film Bollywood di awali dengan film yang kurang berhasil, seperti film Tevar. Beruntunglah pada awal Januari 2015 ada film Baby yang dibintangi Akhsay Kumar, sehingga bioskop masih bisa dijadikan alternatif hiburan. Terbukti, 90 Crores lebih telah dihasilkan film Baby.

Tercatat lebih dari 33 film telah dirilis selama kurun waktu 6 bulan ini. Banyak prediksi dari para analis yang tidak jitu apabila kita kembali mereview apa yang telah terjadi selama 6 bulan.

Kejutan Kegagalan

Beberapa film yang diprediksi bakalan sukses, justru terjadi sebaliknya. Sebut saja Hawaizaada dan Kuch Kuch Locha Hai. Harapan sangat tinggi dari sang produser dengan dirilisnya Hawaaizada yang merupakan film biopik tentang penemu pesawat pertama kali di India, ternyata gagal total. Penghasilannya tak sampai 3 Crores !!! Nasib yang sama dialami Kuch Kuch Locha Hai yang dibintangi Sunny Leone, hanya 3 Crores lebih sedikit.. padahal budget kedua film ini rata-rata di atas 30 Crores, loh..



Kejutan Sukses

Tercatat 5 film sukses dan 1 film super sukses hingga akhir bulan Juni 2015.  Film film ini sesuai prediksi para kritikus film.  Varun Dhawan dalam Badlapur tampil brilian dan berhasil meraih box office lebih dari 30 Crores.  Ayushmann Khurrana dengan film Dum Laga Ke Haisha membalik keberuntungannya setelah Hawaizaada. Tercatat lebih dari 30 Crores dihasilkan Dum Laga Kei Haisha.  Kejutan lain adalah NH10 dan Hunterrr, juga Deepika Padukone dalam film Piku.

Yang paling mengejutkan justru datang dari film sekuel Tanu Weds Manu Return. Hingga saat ini telah berhasil mengantongi 150 Crores lebih dan masih menduduki puncak box office bollywood. Tidak ada yang menduga bahwa film ini bakalan sesukses ini. Bahkan, hingga saat ini Tanu Weds Manu Return menjadi film dengan tingkat Laba tertinggi 386% dari modal yang dikeluarkan dan berhasil mengalahkan film-film Khan yang sudah beredar.

Hasil Mengecewakan

Beberapa film yang memperoleh hasil mengecewakan adalah Shamitabh, Bombay Velvet, Mr. X dan Hamari Adhuri Kahaani. Film yang didukung barisan artis top, justru menghasilkan pundi-pundi Crores tidak sesuai yang diharapkan. Ranbir Kapoor yang gagal di film Roy, harus kembali menelan kekecewaan di film Bombay Velvet. Bahkan tersiar kabar, honornya juga belum dilunasi oleh produser.

Shamitabh, yang dibintangi Big B bersama Danush adalah film yang sangat bagus dengan tema baru yang cukup menguras akting keduanya. Namun nasib berkata lain, filmnya gagal meraih box office. Nasib yang sama juga dirasakan Hamari Adhuri Kahani. Film yang disutradarai oleh Mohit Suri (Aashiqui 2 dan Ek Villain) ini cukup sukses dalam lagu-lagu Soundtrack nya, tapi gagal meraih box office. Apakah karena Emran Hashmi yang kurang populer atau karena kritikus film yang bilang kurang bagus, kenyataannya film Emran Hashmi yang lain yaitu Mr. X juga gagal meraih box office.

Keberuntungan Akki

Akhsay Kumar bisa dibilang beruntung dalam dalam tahun 2015 ini. 2 filmnya meraih box office di tahun ini. Baby menggebrak sinema di awal tahun berhasil meraih 95.5 Crores. Sedangkan Gabbar Is Back mulai tayang di awal Mei 2015 berhasil meraih 86 Crores.

Upsh, ada 2 film yang belum disebutkan, yaitu  Dil Dhadakne Do dan ABCD 2. Meski berhasil meraih 76 Crores lebih, Dil Dhadakne Do termasuk film gagal secara box office. Hal ini mengingat bahwa budget yang telah dikeluarkan lebih dari 100 Crores, bahkan perolehannya masih belum menutup biaya produksinya.

Sedangkan ABCD 2 masih terus berusaha meraih pundi-pundi Box Office hingga saat ini memasuki minggu ke-3. Jika dimasukkan dalam periode ini, kayaknya gak adil juga karena filmnya masih tayang di bioskop bioskop India.

Penutup

Memasuki semester kedua, film-film besar dengan bintang besar siap beredar. Sebut saja :

  • Bajrangi Bhaijan yang dibintangi Salman Khan dan Kareena Kapoor (Juli 2015)
  • Brother yang dibintangi Akhsay Kumar dan Siddarth Malhotra (Agustus 2015)
  • Prem Ratan Dhan Payo dibintangi Salman Khan (Nopember 2015)
  • Dilwale dibintangi Shahrukh Khan dan Kajol (Desember 2015)
  • Dangal dibintangi Aamir Khan (Desember 2015)
  • Bajirao Mastani dibintangi Deepika Padukone, Priyanka Chopra, dan Ranveer Singh (Desember 2015).
  •   
Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Sumber : koimoi.com

Demikian artikel tentang Bollywood Box Office 2015 - Semester 1. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Jika ada hal yang ingin didiskusikan, silahkan tulis di dalam kolom komentar di bawah ini.

Apabila Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share yang ada di atas artikel ini. Anda juga bisa membaca artikel , sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, semua hal tentang film India ada di halaman www.filmindia.my.id ini. Anda juga bisa menyaksikan film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.

Terima kasih telah berkunjung di halaman ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url