Guru Yang Menaklukkan Kelas Paling Buruk Di Sekolah

Guru Yang Menaklukkan Kelas Paling Buruk Di Sekolah

Oleh: Sherly Lorenza

Hari Guru di Indonesia diperingati pada setiap tanggal 25 November, dan di India 5 September. Seluruh dunia pula memperingati Hari Guru pada setiap tanggal 5 Oktober. Lantas, mengapa artikel ini diterbitkan pada tanggal 13 November?

Rani Mukherjee dalam Hichki
Sumber gambar: indianexpress.com

Guru adalah figur yang sangat spesial dan berjasa kepada setiap anak. Bagaimana seseorang dapat menjadi Dokter, Hakim, bahkan Presiden apabila dulunya tidak belajar dan diajar oleh gurunya? Jadi, mari kita peringati Hari Guru pada setiap hari. Artikel ini pula dapat tertulis karena penulis belajar menulis berkat diajarkan dan dilatih oleh guru.

Salah satu film produksii negeri Hindustan yang berbahasa Hindi atau film Bollywood dengan konten paling menarik adalah Hichki. Hichki dibintangi oleh aktris Rani Mukerji yang berperan sebagai Naina Mathur. Naina diceritakan sebagai seorang Magister Pendidikan yang bercita-cita menjadi pendidik atau guru profesional.

Hichki diproduksi oleh Yash Raj Films (YRF) di bawah arahan sutradara Siddarth P. Malhotra. Dirilis pada tanggal 23 Maret 2018, dan memiliki durasi 116 menit yang tentunya bukanlah durasi panjang bagi sebuah film Bollywood.

Poster film Hichki
Sumber gambar: imdb.com

ALUR CERITA HICHKI (2018)

Mengisahkan tentang seorang Naina Mathur atau Naina yang berjuang melamar pekerjaan sebagai seorang guru ke berbagai sekolah. Naina memiliki keistimewaan, dirinya mengidap sindrom Tourrete. Sindrom Tourette pula adalah kondisi ketika seseorang akan mengeluarkan suara-suara aneh dan tak beraturan seperti cegukan. Di dalam film, suara-suara tersebut seperti, “Chak, chak!” atau “Pak, pak!”

Ayah Naina mulanya sangat pesimis dengan kegigihan putrinya akan tetapi Naina yang tidak menyerah untuk mendapat pekerjaan sebagai seorang guru tidak menggubris hal tersebut. Bahkan Naina dianjurkannya untuk menemui seorang kerabat yang dapat memberikan pekerjaan yang sesuai dengan kondisi Naina. Naina yang tidak mau menyerah pun terus mengusahakan upayanya untuk melamar kerja ke berbagai sekolah.

Naina menjalani wawancara dari sekolah ke sekolah hingga pada akhirnya kabar baik menghampirinya. Naina dinyatakan diterima di sebuah sekolah bonafit. Hal tersebut kemudian sedikit menurunkan ego Ayahnya.

Hal yang cukup tidak diduga adalah Naina diterima mengajar di sekolah bonafit tersebut karena pihak sekolah terpaksa. Pihak sekolah mengaku bahwa mereka tidak mendapat kandidat lain selain Naina. Pada mulanya, pihak sekolah keberatan menerima Naina akibat sindrom Tourette yang dideritanya.

Pertanyaannya, mengapa sebuah sekolah bonafit tersebut sampai tidak mendapat kandidat calon guru lain selain Naina? Jawabannya, karena kelas yang akan dididik atau diajarkan adalah kelas yang tidak biasa. Naina mendapat tugas untuk mengajar di kelas 9-F. Di sekolah tersebut kelas 9-F dikategorikan sebagai kelas dengan kualitas murid paling rendah.

Hal tersebut tentunya mengejutkan sekaligus menjadi tantangan bagi Naina. Pada awal mula dirinya mengajar, para murid mengejeknya atas sindrom Tourette-nya. Namun, Naina tidak terlalu memikirkan hal tersebut. Naina justru penasaran mengenai latar belakang murid-muridnya, mengapa mereka bisa berada di kelas 9-F?

Rani Mukherjee dan Murid-muridnya
Sumber gambar: dnaindia.com

Naina pun mencari tahu dan menyelidiki sejumlah hal mengenai murid-muridnya. Dia pergi ke kediaman mereka dan mendapati fakta yang memprihatinkan. Fakta tersebutlah yang kemudian membuat Naina semakin bertekad membuat murid-muridnya menjadi cerdas dan pandai.

Pelan-pelan, Naina akhirnya mampu menguasai suasana hati murid-muridnya dengan gaya mengajar yang inovatif dan tidak membosankan. Hal tersebut terus berlangsung sampai akhirnya kelas 9-F berhasil menjadi kelas terbaik di sekolah.

Adegan di Lab Fisiki
Sumber gambar: koimoi.com

ULASAN FILM HICHKI (2018)

Ini adalah film dengan ide cerita yang sangat brilliant karena sampai hari ini pun fakta dunia Pendidikan terhadap isu kotak-mengotak kategori kelas masih dilakukan. Fenomena kategori A lebih baik dari kategori lainnya pun masih dipelihara menjadi budaya di berbagai negara.

Seorang mahasiswa Pendidikan asal Indonesia pula pernah membuat pernyataan bahwa dirinya menangis ketika menonton film Hichki. Dirinya mengaku motivasinya untuk menjadi guru semakin kuat setelah menyaksikan kegigihan Naina. Hal yang unik adalah sebenarnya tidak ada adegan yang terlalu memilukan di dalam film Hichki, lalu mengapa dia sampai menangis?

Tokoh Naina sangat tepat diperankan oleh Rani Mukerji yang luar biasa. Rani berhasil menginterpretasikan sosok guru yang super dedikatif. Visi dan misinya sangat mulia dan patut dicontoh. Uniknya, di Indonesia Hichki bahkan disaksikan secara bersama-sama oleh seisi kelas di beberapa perguruan tinggi, khususnya pada jurusan Pendidikan. Hal tersebut menunjukkan betapa berpengaruhnya Hichki terhadap para guru dan calon guru sungguhan.

Alur cerita Hichki juga dikemas dengan sangat runtut. Ringan diikuti dan memiliki makna yang dalam pada setiap adegan. Sebenarnya, tipe alur cerita seperti yang dituangkan di dalam Hichki sudah cukup pasaran. Di Indonesia misalnya, kita memiliki Laskar Pelangi yang juga sangat bagus. Namun, apa yang membuat Hichki lebih luar biasa?

Sindrom Tourette-lah yang menjadi benang merahnya. Sindrom Touretee berhasil menyentuh jutaan penonton. Di dalam film pula terdapat salah satu adegan Naina yang berkata, “Yang berkekurangan itu cara berbicara saya, bukan otak saya.” Kalimat yang tentunya menampar para oknum guru pemalas.

Kesimpulannya, film yang diadaptasi dari buku berjudul Front of Class yang ditulis oleh Brad Cohen ini sangat kami rekomendasikan untuk ditonton. Kini, Anda dapat mengaksesnya di layanan film streaming pilihan Anda.

Secara komersil, Hichki sangat berhasil di Box Office. Dilansir dari laman Wikipedia, Hichki mengoleksi penghasilan sekitar 215 crore (seluruh dunia) dari modal produksi hanya sekitar 20 crore. Sungguh prestasi yang sangat luar biasa!

Apa pendapatmu tentang Guru Yang Menaklukkan Kelas Paling Buruk Di Sekolah? Yuk, beritahu kami di kolom komentar.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Dapatkan artikel review dan sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, dan semua hal tentang film India ada disini. Kalian juga bisa menonton film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url