Di Balik Layar Ponniyin Selvan 1

Di Balik Layar Ponniyin Selvan 1

Film beranggaran besar dari India Selatan berjudul Ponniyin Selvan: I, disutradarai oleh Mani Ratnam, telah rilis pada 30 September 2022. Proyek impian sutradara ini rencananya akan dibuat dalam dua bagian. 

Ponniyin Selvan: I alias PS1 adalah adaptasi dari novel populer karya Kalki Krishnamurthy dengan menghadirkan pemeran top dari industri film India. Mani Ratnam menulis ulang Ponniyin Selvan: 1 bersama Elango Kumaravel dan B Jeyamohan. Diproduksi dengan anggaran lebih dari Rs. 500 crore (setara 1 trilyun rupiah) oleh Madras Talkies dan Lyca Productions.

Sebelum anda menontonnya di bioskop atau melalui streaming, mari kita lihat semua detail dibalik layar Ponniyin Selvan: I yang perlu Anda ketahui tentang film ini.

1. Proyek impian sutradara Mani Ratnam

Sutradara film Mani Ratnam akhirnya memenuhi impian panjangnya untuk mengadaptasi karya sastra Kalki Krishnamurthy berjudul Ponniyin Selvan menjadi sebuah film. Setelah dua kali gagal, akhirnya film impian itu bisa dirilis pada tanggal 30 September 2022.

Tahukah anda jika film ini telah diimpikan oleh Mani Ratnam sejak 2022, itu telah didiskusikan selama 30 tahun yang lalu?

Mani Ratnam telah berusaha untuk membuat Ponniyin Selvan  sebanyak dua kali. Pertama pada tahun 1994 dan kemudian pada tahun 2011. Tetapi kedua rencana itu gagal diwujudkan. 

Film ini sebenarnya direncanakan oleh Mani Ratnam untuk dibuat bersama Kamal Haasan dan Rajinikanth di tahun 1994, tetapi tidak berhasil.

2. Pemeran Ponniyin Selvan: I 

Pemeran film PS1 ini telah berhasil menarik minat penonton. Ada Aishwarya Rai Bachchan, Vikram , Karthi, Trisha, dan Jayam Ravi dalam peran utama. Selain itu, PS1 juga dibintangi oleh Sarathkumar, Prabhu, Lal, Kishore, Ashwin Kakumanu, dan Aishwarya Lekshmi. 

Bagi penggemar film India, nama-nama itu adalah nama populer khususnya di India Selatan. 

3. Ponniyin Selvan diangkat berdasarkan sebuah novel

Ponniyin Selvan adalah novel yang terdiri dari 5 bagian. Novel ini ditulis oleh Kalki Krishnamurthy pada tahun 1956. Sebelum menjadi novel, cerita Ponniyin Selvan telah terbit di majalah mingguan Kalki mulai 29 Oktober 1950 hingga 16 Mei 1954.

Kisahnya sendiri berlatar belakang antara tahun 900 M - 950 M. Bercerita tentang perebutan kekuasaan Dinasti Chola. Kerajaan Chola adalah sebuah kerajaan besar di India yang wilayahnya hingga ke wilayah Nusantara —kerajaan Sriwijaya.  

Karena banyaknya permintaan dari pembaca setia majalah Kalki, akhirnya Kalki memproduksi PS1 dalam bentuk novel yang terdiri dari 5 bagian. Novel bagian satu terbit oertama kalinya pada tahun 1954. 

Meski novelnya terdiri dari 5 bagian, tetapi sutradara Mani Ratnam memilih untuk merilis adaptasi sinematiknya dalam dua bagian.

4. Tentang penulis

Penulis novel R Kalki Krishnamurthy adalah seorang pejuang kemerdekaan dan dikenal dengan nama pena Kalki Krishnamurthy. Ia dilahirkan dalam keluarga miskin pada tahun 1895 di desa Thanjavur. Dia dilaporkan berhenti sekolah lebih awal karena mengikuti anjuran Mahatma Gandhi yang berjuang untuk kemerdakaan India waktu itu.

R Kalki Krishnamurthy pada tahun 1941 mendirikan majalah mingguan bernama Kalki. Majalah ini terbit di kota Chennai, India. Selain majalah, Kalki juga dikenal karena novel-novel hasil produksinya. Salah satu novel produksinya yang populer adalah Ponniyin Selvan.

5. Kamal Haasan, Rajinikanth dan Sridevi dipilih untuk memainkan peran ini di PS1

Awalnya, sang legenda Rajinikhant dan Kamal Haasan dipilih oleh Mani Ratnam untuk pemeran utama. Pemilihan artis ini terjadi pada tahun 1996. Namun, rencana ini tidak berlanjut.

Rajinikanth akan berperan sebagai Vanthiyathen, yang sekarang diperankan oleh Karthi. Sedangkan Kamal Haasan dipilih sebagai Arunmozhi Varman, yang diperankan oleh Jayam Ravi. Vijay Kanth sebagai Aditya Karikalan, yang diperankan oleh Vikram, Rekha sebagai Nandini, diperankan oleh Aishwarya Rai Bachchan, Sridevi sebagai Kundavai, diperankan oleh Trisha Krishnan sekarang di Ponniyin Selvan tahun 2022.

6. Arti Ponniyin Selvan

Ponniyin Selvan berarti 'Putra sungai'. Nama tersebut juga disebut sebagai putra bungsu kesultanan, Arulmozhi Varman yang diperankan oleh Jayam Ravi dalam film tersebut. Nama itu diberikan karena dia pernah tenggelam di sungai Kauvery. Sungai itu juga dikenal dengan sebutan Ponni Nadhi. Saat ia tenggelam, Arulmuzhi "diselamatkan" oleh Dewi Sungai. 

Sejak itu ia dikenal sebagai Ponniyin Selvan, yang berarti "Putra Sungai Ponni".

7. Tempat utama di mana cerita itu terungkap?

Kaisar Sundara Chola berada di Benteng Thanjai sementara putrinya Kundavai berada di istana Pazhayarai. Pazhayarai adalah ibu kota kerajaan Chola tetapi kehilangan pentingnya perlahan-lahan karena Sundara Chola bergeser ke Thanjai.

8. Nandini dan Kundavai bermusuhan

Ada banyak adegan ikonik di film ini, salah satunya adalah adegan tatap muka antara Aishwarya Rai Bachchan alias Nandini dengan Trisha Krishnan alias Kundavai. Ketika mereka bertemu, dialog-dialog elegan tapi penuh rasa ingin menjatuhkan dan kebencian.

Kundavai membenci Nandini karena dia iri dengan kecantikan Nandini. Sedangkan Nandini benci pada Kundavai karena perlakuan keluarga kerajaan padanya.

9. Dinasti Chola dan raja-raja terkenal

Dinasti Chola adalah kerajaan thalassocrates Tamil di India Selatan dan salah satu dinasti kerajaan yang paling lama berkuasa dalam sejarah India. Ada total 21 raja yang dikenal. Rajaraja Chola I dan Rajendra Chola I adalah raja terbesar dinasti Chola. 


Sejarah mencatat, Arulmozhi Varman adalah Rajaraja Chola 1, memimpin kerajaan Chola dari tahun 947 M - 1014 M dan berhasil membawa kerajaan Chola ke puncak masa keemasannya. Kekuasaanya bahkan hingga ke wilayah Kerajaan Sriwijaya di Nusantara.

10. Pengambilan Gambar Ponniyin Selvan

Meskipun Ponniyin Selvan telah dibuat selama sekitar tiga tahun, kedua bagian dari film tersebut diambil hanya dalam waktu 150 hari di Chennai, Hyderabad, dan Puducherry. Pandemi disebut-sebut sebagai salah satu alasan penundaan film tersebut.

11. Komposer musik Ponniyin Selvan

Komposer musik pemenang Oscar AR Rahman memberikan musik untuk film tersebut.

12. Ponniyin Selvan: I tanggal rilis

Ponniyin Selvan: I tayang di bioskop seluruh dunia pada 30 September 2022. Rilis ini dalam bahasa Tamil, Telugu, Hindi, Malayalam, dan Kannada. Selain itu, Ponniyin Selvan menjadi film Tamil pertama yang dirilis di IMAX.

Sekuelnya akan rilis 9 bulan setelah rilis seri pertama. Itu artinya sekitar bulan Mei - Juni 2023.

13. Durasi Ponniyin Selvan: I

Durasi Ponniyin Selvan: I adalah 2 jam 50 menit

14. Hak digital Ponniyin Selvan: I

Hak streaming digital Ponniyin Selvan: I telah dijual seharga Rs 125 crore ke Prime Amazon Video. Hak satelit telah dijual dengan harga besar ke Sun TV. Tidak disebutkan berapa harganya.

15. Ulasan Film Ponniyin Selvan: I

Rata-rata kritikus memberikan ulasan sangat baik pada karya Mani Ratnam berjudul Ponniyin Selvan: I. Situs rediff.com memberikan ulasan "mimpi besar Mani Ratnam yang terwujud dalam karya epic". dengan  bintang 4 untuk PS I. 

Sementara situs koimoi.com memberikan ulasan mengapa kisah Ponniyin Selvan layak dikultuskan, dengan bintang 2 setengah. Rupanya koimoi agak kecewa karena tidak sesuai ekspektasinya. 

Sedangkan indianexpress.com memberikan bintang 4 untuk Ponniyin Selvan. Menurutnya, Mani Ratnam memahami bahwa novel Kalki adalah novel epik yang sangat hidup sehingga ia mempertahankan cita rasanya dengan tidak mencela atau membuatnya bodoh.

Times Of India menyatakan bahwa Ponniyin Selvan:I  merupakan adaptasi dari karya Kalki yang sangat spektakuler. TOI memberikan bintang 3 setengah.

Ponniyin Selvan:I adalah karya Mani Ratnam yang berhasil membangun dunianya, memperkenalkan kita kepada para tokoh-tokohnya, juga berhasil memberikan perbedaan yang jelas antara buku dan film, tulis filmcompanion.com.

Apa pendapatmu tentang Di Balik Layar Ponniyin Selvan 1? Yuk, beritahu kami di kolom komentar.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Dapatkan artikel review dan sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, dan semua hal tentang film India ada disini. Kalian juga bisa menonton film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url