7 Perbedaan Film Laal Singh Chaddha Dengan Forrest Gump

7 Perbedaan Film Laal Singh Chaddha Dengan Forrest Gump

SPOILERS ALERT*

Sebuah adaptasi tentu tak lepas dari perbandingan dengan film aslinya. Laal Singh Chaddha adalah versi pembuatan ulang dari film Forrest Gump. Sebuah film drama produksi Amerika Serikat tahun 1994 berdasarkan novel tahun 1986 karya Winston Groom

Forrest Gump sukses secara komersial dan menjadi film terlaris di Amerika Utara pada tahun perilisannya. Film ini meraih total 13 nominasi Academy Awards dan memenangkan enam di antaranya, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik (Robert Zemeckis), dan Aktor Terbaik (Tom Hanks). 

Popularitas dan ketenaran Forrest Gump bagaikan bumerang yang menerpa Laal. Dengan pembanding yang cukup tinggi, ekspektasi terhadap Laal Singh Chaddha terangkat naik. 

Laal Singh Chaddha, dibintangi oleh Aamir Khan, Kareena Kapoor Khan, dan Naga Chaitanya, Laal Singh Chaddha sebagian besar tetap setia pada naskah aslinya. Namun demikian, beberapa adaptasi dengan konteks jaman serta budaya lokal India, membuat Laal Singh Chaddha terasa lebih bollywood

Berikut adalah 7 Perbedaan Laal Singh Chaddha dengan Forrest Gump.


1. Hidup itu seperti... golgappa!

Film Forrest Gump dibuka dengan sebuah kalimat ikonik 

"Ibuku pernah bilang 'Hidup itu seperti sekotak coklat. Kau tidak pernah tahu apa yang akan kau dapatkan.'

Pesan bijak Mrs. Gump (Sally Field) ini selalu diingat oleh Forrest Gump. Bahkan menjadi salah satu dialog ikonik dan tetap relevan bahkan hingga hari ini. 

Laal Singh Chaddha pun dibuka dengan kalimat pesan sang ibu; Ny. Chaddha (Mona Singh) 

"Meri mummy kehti thi, 'Zindagi golgappe jaisi hondi hai. Pet bhale hi bharjave, mann nahin bhartha.'" -- Ibuku pernah bilang, 'Hidup itu seperti golgappa. Meski perutmu kenyang, hatimu tidak akan pernah puas.'" 

2. Bangku Forrest Gump menjadi perjalanan kereta api Laal Singh Chaddha

Dalam Forrest Gump, Gump duduk di bangku taman dan mengingat momen-momen penting dari kehidupannya yang penuh warna dengan orang asing secara acak. 

Di Laal Singh Chaddha, Laal sedang berada di dalam kereta api menuju Chandigardh. Gump mulai mengingat momen-momen penting dari kehidupannya pada penumpang lain yang sedang bersamanya dalam perjalanan kereta api.

3. Sejarah AS diganti dengan Sejarah India 

Forrest Gump hadir dalam beberapa momen sejarah Amerika untuk memperkuat narasi fiktifnya. Dari Perang Vietnam hingga Skandal Watergate, Forrest Gump meliput banyak tonggak sejarah ikonik Amerika.

Laal Singh Chaddha pun demikian. Narasi fiktifnya mencakup sejarah ikonik India seperti pembunuhan Perdana Menteri Indira Gandhi, kemenangan India di Piala Dunia Kriket 1983, kerusuhan Sikh di tahun 1984, penobatan Miss Universe Sushimitta Sen di tahun 1994, hingga Perang Kargil antara India dan Pakistan 

4. Letnan Dan Taylor menjadi Mohammad Paaji

Letnan Dan Taylor, komandan Forrest Gump saat di angkatan darat, menjadi salah satu tokoh penting dalam perjalanan hidup Forrest Gump. Letnan Dan Taylor harus pensiun dini karena cacat. Kemudian dia membantu Forrest Gump membangun bisnisnya.

Di Laal Singh Chaddha, tokoh letnan ini diganti dengan pemimpin musuh Mohammad Paaji. Dia diselamatkan oleh Laal saat terjadi serangan besar-besaran ke markas musuh di gunung Kargil. Awalnya Paaji ingin membunuh Laal. Namun pada akhirnya dia menjadi manajer di perusahaan yang dibangun oleh Laal.

5. Bisnis Udang Diganti Bisnis Pakaian Dalam

Bubba Mykelti Williamson, sahabat Forrest Gump, bermimpi masuk ke bisnis udang seperti ayah, kakek, dan kakek buyutnya. Namun, dia meninggal dalam Perang Vietnam. Forrest Gump sangat menghormatinya. Lalu Gump ingin memenuhi janjinya dan memulai bisnis udang dengan nama 'Bubba Gump'. Kapal penangkap ikannya diberi nama Jenny, kekasih Gump.

Di Laal Singh Chaddha, kita akan bertemu dengan Bala (Naga Chaitanya), sahabat Laal Singh Chaddha di angkatan darat. Bala ingin memulai bisnis pakaian dalam seperti ayah, kakek, serta kakek buyutnya. Namun, dia meninggal dalam Perang Kargil. 

Laal Singh Chaddha memenuhi janjinya pada Bala dan memulai usaha produksi pakaian dalam dengan nama Bala Baniyan. Tapi karena bisnis ini tidak sukses, akhirnya Laal mengganti merk pakaian dalamnya menjadi Rupa Baniyan. Rupa adalah gadis pujaan hati Laal yang diperankan oleh Kareena Kapoor Khan., bunga cinta Laal Singh Chaddha.

6. Elvis Presley menjadi Shah Rukh Khan!

Di Forrest Gump, kita akan melihat Elvis Presley. Orang Amerika mana yang tak kenal Elvis Presley? Sebagai salah satu artis populer, Elvis Presley datang menemui Gump. Forrest Gump mengilhami bebarapa gerakan ikonik sang legenda. 

Dalam Laal Singh Chaddha, Elvis Presley diganti menjadi Shah Rukh Khan muda. Saat ini, siapa sih yang tak kenal Shah Rukh Khan?

Shah Rukh Khan muda belajar menari pada Laal Singh Chaddha kecil. Laal yang tak bisa menari, hanya membuka tangannya untuk menunjukkan bahwa dia sedang menari. Rupanya gerakan itu mengilhami Shah Rukh Khan untuk melakukan pose tangan terbuka khasnya yang ikonik, yang bisa membuat penggemarnya histeris!

7. Jenny Dan Rupa

Forrest Gump memiliki kekasih bernama Jenny. Selama bertahun-tahun Gump mencari keberadaan Jenny. Namun ia tak menemukannya. Suatu hari, Jenny kembali dan menemui Gump. Kemudian Gump melamarnya. Jenny menolak. Tetapi Jenny ingin membuktikan cintanya kepada Forrest dengan tidur bersamanya. Paginya, Jenny pergi.

Laal Singh Chaddha memiliki Rupa (Kareena Kapoor), gadis yang sangat dicintainya. Laal tahu keberadaan Rupa dan berkali-kali Laal menyatakan cintanya. Tapi Rupa dengan halus menolaknya. Rupa masih ingin mengejar impiannya untuk menjadi artis bollywood.

Di saat Rupa dalam keadaan terpuruk, ia kembali menemui Laal. Kembali Laal melamarnya, tetapi Rupa merasa tidak pantas menerima cinta Laal. Ia pun pergi meninggalkan Laal karena dijemput polisi untuk menjadi saksi kejahatan yang dilakukan oleh produser film.

Di akhir cerita, baik Jenny maupun Rupa menikah dengan Gump/Laal. Tapi, hidupnya sudah tak lama lagi. Jenny mengidap HIV/AIDS. Sedangkan Rupa diceritakan mengidap kanker.

 

Apa pendapatmu tentang 7 Perbedaan Film Laal Singh Chaddha Dengan Forrest Gump? Yuk, beritahu kami di kolom komentar.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Dapatkan artikel review dan sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, dan semua hal tentang film India ada disini. Kalian juga bisa menonton film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url