Vidya Balan Dan Jejak Filmnya Di Usia 43

Vidya Balan Dan Jejak Filmnya Di Usia 43

Perjalanan akting Vidya dimulai dari usia muda dan memulai debutnya di Bollywood pada tahun 2005 dengan film romantis yang mendapat pujian kritis 'Parineeta'.

Dikenal sebagai pelopor perubahan penggambaran wanita dengan perannya dalam film-film yang diperankan wanita, superstar Bollywood Vidya Balan berusia 43 tahun pada hari Sabtu kemarin (1/1/2022).

Perjalanan Karir

Lahir di Mumbai dari keluarga Brahmana Tamil, perjalanan akting Vidya dimulai dari usia muda dan memulai debutnya di Bollywood pada tahun 2005 dengan film romantis 'Parineeta' yang mendapat pujian kritis. Film yang dibintangi juga oleh Saif Ali Khan dan Sanjay Dutt dalam peran utama.

Vidya Balan yang pernah menerima beberapa penghargaan, termasuk Penghargaan Film Nasional dan enam Penghargaan Filmfare, Vidya mendapatkan peran akting pertamanya dalam sitkom populer 1995 'Hum Paanch', yang juga dibintangi aktor veteran Shoma Anand.

Nah, setelah acaranya yang terkenal 'Hum Paanch' itu, aktor tersebut mengalami beberapa upaya yang gagal sebelum mencapai layar perak. Dia membuat debut filmnya dengan membintangi film Bengali 2003 berjudul 'Bhalo Theko' dan menerima pujian untuk film Hindi pertamanya, 'Parineeta'.

Kesuksesan ini diikuti oleh kesuksesan komersial dalam komedi 2006 'Lage Raho Munna Bhai' dan komedi horor psikologis 2007 'Bhool Bhulaiyaa'.

Setiap filmnya yang menciptakan rekor baru seperti film biografi 2011 'The Dirty Picture', Vidya berkembang menjadi salah satu aktor bayaran tertinggi di dunia hiburan.

Meninggalkan jejak yang kuat pada para penggemarnya dengan kepribadiannya yang patut dicontoh, dan perjalanannya yang sempurna di industri perfilman, Vidya dianugerahi Padma Shri pada tahun 2014.

Pada kesempatan ulang tahunnya ini, mari kita lihat kembali beberapa film ikonik yang membuatnya menjadi bintang di bollywood'.

'Parineeta' 

Drama romantis yang dirilis tahun 2005 ini menandai debut Vidya Balan dalam film-film Hindi. Film ini merupakan adaptasi dari novel Bengali tahun 1914 dengan judul yang sama karya Sarat Chandra Chattopadhyay. Disutradarai oleh debutan Pradeep Sarkar, film ini didasarkan pada skenario dan produser film, Vidhu Vinod Chopra. Film ini menampilkan Vidya, Saif Ali Khan dan Sanjay Dutt dalam peran utama.

'Parineeta' berkisar pada karakter utama, Lalita (Vidya) dan Shekhar (Saif). Sejak kecil, Shekhar dan Lalita telah berteman dan perlahan persahabatan ini berkembang menjadi cinta. Serangkaian kesalahpahaman muncul dan mereka dipisahkan karena skema licik ayah Shekhar.

Plot semakin seru dengan kedatangan Girish (Sanjay), yang mendukung keluarga Lalita. Akhirnya, cinta Shekhar menentang keserakahan ayahnya dan dia mencari Lalita.

Film tersebut menerima pujian kritis dan memenangkan empat Penghargaan Filmfare termasuk untuk Aktor Debut Terbaik untuk Vidya. Sarkar kemudian memenangkan Penghargaan Nasional untuk Film Debut Terbaik di Penghargaan Film Nasional ke-53. 'Parineeta' dipamerkan di beberapa festival film internasional.'

'TheDirty Picture' 

Film drama musikal biografi 2011 yang terinspirasi oleh kehidupan Silk Smitha, aktor wanita India yang dikenal luas karena peran erotisnya, disutradarai oleh Milan Luthria dan diproduksi bersama oleh Shobha Kapoor dan Ekta Kapoor. Saat Ekta muncul dengan ide tersebut, Ekta meminta penulis skenario Rajat Aroraa untuk menulis sebuah cerita berdasarkan ide tersebut.

Vidya, Emraan Hashmi, Naseeruddin Shah dan Tusshar Kapoor memainkan peran utama. Vidya menerima penghargaan tertinggi untuk penampilannya; dia disebut 'pahlawan film'.

Selain itu, film ini telah menerima pujian luas karena menggambarkan perempuan sebagai sosok yang kuat, memberikan kontribusi sesuatu yang unik untuk masyarakat yang biasanya didominasi laki-laki. 'The Dirty Picture' menerima beberapa penghargaan, yang sebagian besar dimenangkan oleh Vidya untuk perannya sebagai Sutra.

Film tersebut memenangkan tiga Penghargaan Film Nasional termasuk Aktris Terbaik, tiga Penghargaan Filmfare dan enam Penghargaan Layar termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik. Lagu film 'Ooh La La' menjadi cukup populer.

'BhoolBhulaiyaa'

Film blockbuster komedi horor 2007 'Bhool Bhulaiyaa' memberi Vidya salah satu peran karakter ikoniknya — Manjulika. Disutradarai oleh Priyadarshan, film tersebut merupakan remake dari film Malayalam 1993 'Manichitrathazhu'.

Film ini dibintangi oleh Vidya, Akshay Kumar, Ameesha Patel, Shiney Ahuja, Paresh Rawal, Manoj Joshi, Asrani, Rajpal Yadav dan Vikram Gokhale dalam peran utama. Film ini menerima pujian kritis universal dan juga sukses komersial besar. Selanjutnya, film tersebut juga mencapai status blockbuster dalam sinema Hindi.

'ShakuntalaDevi'

Film drama biografi tahun 2020 yang sangat dihargai menelusuri kehidupan matematikawan Shakuntala Devi, yang juga dikenal sebagai 'komputer manusia'.

Film tersebut dibintangi oleh Vidya dalam peran tituler, bersama dengan Sanya Malhotra, Amit Sadh dan Jisshu Sengupta dalam peran pendukung, sementara artis cilik Spandan Chaturvedi dalam debut filmnya memberikan penampilan cameo sebagai Shakuntala muda.

'Kahaani' 

Film thriller 2012 yang ditulis, diproduksi bersama, dan disutradarai oleh Sujoy Ghosh dibintangi oleh Vidya Balan sebagai Vidya Bagchi, seorang wanita hamil yang mencari suaminya yang hilang di Kolkata selama festival Durga Puja, dibantu oleh Satyoki Rana Sinha ( Parambrata Chatterjee) dan Khan (Nawazuddin Siddiqui).

'Kahaani' mengeksplorasi tema feminisme dan keibuan dalam masyarakat India yang didominasi laki-laki. Film ini juga menyinggung beberapa film Satyajit Ray seperti 'Charulata' (1964), 'Aranyer Din Ratri' (1970) dan 'Joi Baba Felunath' (1979).

Film ini diklaim secara kritis dan memenangkan beberapa penghargaan, termasuk tiga Penghargaan Film Nasional dan lima Penghargaan Filmfare. Ghosh memenangkan penghargaan untuk Sutradara Terbaik dan Vidya memenangkan Aktor Wanita Terbaik. Film tersebut juga memiliki sekuel, berjudul 'Kahaani 2: Durga Rani Singh'. Film ini dibuat ulang dalam bahasa Telugu sebagai 'Anaamika' dengan Nayanthara mengambil peran Vidya.

Pada Penghargaan Film Nasional ke-60, Ghosh memenangkan Skenario Terbaik (Asli), Namrata Rao memenangkan Pengeditan Terbaik, dan Nawazuddin Siddiqui memenangkan penghargaan Juri Khusus.

Film Sukses Lainnya

Vidya kemudian memantapkan dirinya dengan membintangi banyak kesuksesan komersial, yang juga membuatnya mendapatkan pengakuan kritis dan penghargaan. Diantaranya adalah drama 2009 berjudul 'Paa', komedi hitam 2010 'Ishqiya', dan juga drama thriller 'No One Killed Jessica'.

Dia juga merupakan bagian utama dari film-film laris seperti 'Tumhari Sulu' dan 'Mission Mangal'.

Cara Berpakaian Vidya Balan Yang Sederhana

Selain kemampuan aktingnya, dia juga terkenal dengan pilihan busananya yang merupakan perpaduan sempurna antara keanggunan dan kesederhanaan. Sebagian besar pakaian yang dipakai terlihat indah dan unik dengan sentuhan etnik yang kuat.

Keindahan Bollywood bisa terpancar anggun dan seksi. Awalnya cara berpakaiannya mendapat kritik karena berat badannya dan selera berpakaiannya, tetapi kemudian gaya Vidya Balan menjadi populer karena ketidakkonvensionalannya.

Film Vidya Balan Yang Akan Datang

Kehidupan pribadinya, Vidya menikah dengan produser film Siddharth Roy Kapur.

Sementara itu, di bidang pekerjaan, gadis yang berulang tahun selanjutnya akan terlihat di film-film yang sangat ditunggu-tunggu seperti 'Jalsah' dan drama komedi romantis yang belum diberi judul karya Shirsha Guha Thakurta.


Demikian artikel tentang Vidya Balan Dan Jejak Filmnya Di Usia 43. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Jika ada hal yang ingin didiskusikan, silahkan tulis di dalam kolom komentar di bawah ini.

Apabila Anda menyukai artikel ini, silahkan klik tombol share yang ada di atas artikel ini. Anda juga bisa membaca artikel , sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, semua hal tentang film India ada di halaman www.filmindia.my.id ini. Anda juga bisa menyaksikan film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.

Terima kasih telah berkunjung di halaman ini.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url