Review Film: Pushpa The Rise Part 1

Film India Selatan berbahasa Telugu yang dibintangi oleh Allu Arjun, Rashmika Mandanna, dan Fahadh Faasil ini tayang di bioskop sejak tanggal 17 Desember 2021. Belum ada versi resmi rilis digitalnya. Beberapa minggu lalu di bioskop Indonesia sudah ada posternya, akan tetapi pada hari H, film ini tidak tayang di Indonesia.

Karena saya suka Rashmika Mandanna, Fahadh Faasil, dan Allu Arjun, serta didorong oleh rasa penasaran yang amat sangat, dengan sangat terpaksa saya menontonnya dari versi rekaman bioskop yang banyak beredar. Tentu pembaca sudah tahu bagaimana kualitasnya. Tak perlu saya jelaskan. Meski menontonnya tanpa teks, toh film ini adalah film aksi masala, yang tak perlu mikir keras bagaimana dialog-dialognya. Begitu pikir saya. 

Seperti apa ulasan saya setelah menonton film ini? Simak ulasan berikut ini.

Sinopsis Film Pushpa - The Rise Part 1

Pushpa - The Rise Part 1 adalah bagian pertama dari drama gangster yang terdiri dari dua bagian. Bercerita tentang Pushparaj (Allu Arjun), tokoh utama yang bekerja sebagai buruh harian hingga menjadi kepala sindikat penyelundupan kayu cendana merah. Cerita ini terjadi pada masa ketika 'pager' sedang trending dan ponsel masih dianggap barang mewah.

Seperti kebanyakan film India, cerita Pushpa diawali dari bagian akhir. Saat pasukan polisi berusaha menangkap para pelaku penyelundupan kayu cendana merah. Dan tokoh utama kita, Pushparaj berhasil ditangkap.

Lalu cerita film kembali ke masa lalu, saat Pushparaj masih bekerja sebagai buruh penebang kayu cendana ilegal pada seorang bandar kayu Mangalam Srinu. Dia seorang pekerja keras, tanpa kenal lelah. Juga seorang pemberani, yang bisa melakukan apa saja untuk mencapai tujuannya. Satu hal yang selalu membuatnya marah; jika seseorang mengolok-olok asal-usulnya.

Melalui kilas-balik, kita akan mengetahui bahwa asal-usul Pushparaj. Ia tumbuh dan besar bersama seorang ibu, tanpa ayah. Ayahnya bukan meninggal, tapi Pushpa tak pernah diakui oleh ayahnya, --yang merupakan orang terpandang. Bahkan saudara-saudara Pushpa pun memperlakukannya dengan cara yang sangat hina.

Dianggap sebagai anak haram, Pushparaj tumbuh dan besar tanpa martabat dan uang. Karena alasan inilah, Pushpa sangat berambisi untuk bisa menjadi sukses dan membalas perlakuan keluarga ayahnya. Dia bekerja keras sebagai penebang pohon cendana merah

Mangalam Srinu, dibantu Konda Reddy bersama adiknya Jolly Reddy, mengelola usaha penyelundupan kayu cendana ilegal. Suatu saat, lokasi penebangan diketahui polisi. Pushpa yang berada di lokasi bersama teman-temannya berjuang keras menyembunyikan gelondongan kayu yang siap dikirim itu. 

Berkat perjuangan Pushpa, kayu-kayu itu terselamatkan dari penyitaan polisi. Srinu dan Konda lega. Mereka pun berpesta atas kemenangan ini. Tanpa sengaja, Pushpa mendengar bahwa Srinu menjual kayu dengan harga yang jauh lebih tinggi daripada yang mereka bayarkan pada Pushpa dan kawan-kawan. Pushpa menuntut bagian yang adil pada Srinu. Namun, Pushpa memilih mundur karena melawan Srinu tampaknya sangat berisiko.

Sementara itu, Pushpa bertemu Srivalli (Rashmika Mandanna), seorang gadis desa yang lugu. Pushpa langsung jatuh cinta padanya. Pada hari pertunangan mereka, saudara tirinya menghalangi upacara dan menyangkal garis keturunan Pushpa dari almarhum ayahnya. Akibat kemarahan Pushpa, membuat ibunya cidera. Hal ini membuat Pushpa marah, dan lebih memotivasinya untuk segera bisa sukses dalam hidup. 

Bagaimana kisah selanjutnya? Saksikan sendiri film India Pushpa - The Rise Part 1.

Review Film Pushpa - The Rise Part 1

Seperti halnya film-film masala dari industri film India selatan, khususnya Telugu, para pembuatnya paham betul dalam membuat formula masala. Tidak peduli seberapa dapat diprediksinya film-film mereka itu, sebagian besar film Telugu berhasil menarik massa karena bintang utama dan jalan ceritanya yang sederhana. Termasuk Pushpa: The Rise ini. Tidak berbeda. 

Film karya Sukumar ini sebagian besar menarik dan mampu membuat penonton betah menikmati jalan ceritanya, meski tanpa teks/subtitle. Berlatar belakang penyelundupan kayu cendana merah, kita akan mengikuti perjalanan tokoh utama Pushparaj alias Pushpa dari seorang penebang kayu hingga menjadi bos penyelundup kayu cendana terbesar di Andra Pradesh. Semua itu tanpa harus banyak memikirkan logika dan 'plot hole' lainnya. Duduk dengan tenang, dan nikmati pertunjukannya.

Lagu-lagu Ost. Pushpa - The Rise Part 1

Satu hal yang membuat saya memaksakan diri untuk menonton film ini adalah karena rasa penasaran terhadap video klip lagu-lagunya. Sejak pertama diluncurkan, saya langsung menyukai lagu Srivalli yang dinyanyikan oleh Sid Sriram dalam versi Telugu, atau Javed Ali untuk versi Hindi-nya. Lagu itu hanya menampilkan potongan adengan saat Pushpa/Allu Arjun menari sendiri, hingga sandalnya lepas. Ini ikonik banget loh.. Sumpah saya penasaran dengan video klipnya.



Lagu kedua berjudul Saami Saami, dinyanyikan oleh Mounika Yadav (Telugu) dan Sunidhi Chauhan (Hindi). Di lagu ini hanya ada potongan video klip Rashmika Mandanna yang menari geal-geol. Unik. Itu saja yang kelihatan. Bener-bener bikin penasaran.

Dan lagu ketiga berjudul Oo Antava Oo Antava Mama dinyanyikan oleh Indravathi Chauhan (Telugu) dan Kanika Kapoor (Hindi). Sama bikin penasarannya dengan dua lagu sebelumnya. Hanya potongan gambar dari Samantha. Musik keren garapan DSP --Devi Sri Prashad, komposer yang terkenal karena lagu Seetimar ini, kembali menghadirkan tone-tone yang bikin kepala goyang-goyang. Apalagi membayangkan Allu Arjun dan Samantha menari di lagu ini. Huuufff.. lagu ini sukses membuat rasa penasaran saya meningkat 3 kali lipat.


 

Karena ketiga lagu yang tidak lengkap video klipnya ini saya memaksakan diri menonton film ini. Jika ada pembaca yang sama dengan saya, fix kita satu server... hehehe. 

Percayalah, saya tidak merasa rugi menonton film ini meskipun belum bening-bening amat.

Akting Pemain Pushpa - The Rise Part 1

Allu Arjun sebagai Pushparaj adalah nyawa dari film ini. Aktingnya tidak diragukan. Sangat menghibur meski tampil sangat dekil. Di film ini, Pushpa memiliki kelainan fisik. Bahunya tinggi sebelah. Dan Saya perhatikan konsistensinya disepanjang durasinya. Hanya ada beberapa adegan aksi yang terlihat tidak konsisten.


Rashmika Mandanna di film ini jadi gadis desa lugu. Saya ngakak saat dia pertama kali dicium oleh Pushpa. Dia nangis 'kejer-kejer'. 😂😂😂😂...  Hampir semua adegan Allu Arjun dan Rashmika berhasil membuat ngakak. Tonton saja deh. Meski kehadirannya di layar tak banyak berdampak pada narasi, Queen Of Expression ini berhasil membuat saya semakin jatuh cinta.


Fahadh Faasil seperti biasa, keren. Kumisnya yang melintang mirip Pak Raden itu sukses membuat aura lucu, seram, dan kejam. Tak lebih 30 menit menjelang akhir, sebuah kekecewan yang cukup besar karena durasinya hanya sebentar. Fahadh Faasil berhasil menambah rasa penasaran untuk menyaksikan Pushpa - The Rise Part 2.


Pemain-pemain lainnya berperan bagus sesuai narasi. Tak banyak yang membuat saya terkesan. Para musuh Pushpa terlalu mudah ditaklukkan. Kecuali Inspektur Bhanwar Singh Shekawat yang diperankan Fahadh Faasil.

Cerita dan Pengarahan Pushpa - The Rise Part 1

Cerita dan sutradara dikerjakan oleh Sukumar. Durasinya yang 3 jam kurang 1 menit memang terkesan panjang. Apalagi ternyata masih bersambung ke part 2. Sebenarnya bisa saja diringkas menjadi 1 film tanpa harus dipecah menjadi 2 bagian. Bahubali 1 & 2 telah terbukti berhasil mendulang pundi-pundi uang, lalu diikuti oleh KGF Chapter 1 & 2 yang akan segera menyusul, tampaknya Produser Naveen Yerneni dan Y. Ravi Shankar ingin mengulang kesuksesan itu.

Sebagian besar lokasi adegan film Pushpa terjadi di hutan. Atmosfer ini menambah kualitas film yang imersif. Sorotan kamera Mirosław Kuba Brożek seolah kita bisa merasakan alam belantara hijau dan cokelat tanah yang mencolok. Persis seperti gambaran penduduknya. Aliran sungai dengan air terjunnya menambah eksotisme alam yang ditangkap kamera. Musik latar belakang dari Devi Sri Prasad semakin menonjolkan kesan suasana alam pedesaan.

Satu yang saya tidak suka dari film Pushpa ini, yaitu adegan slow-motion yang terlalu banyak. Bahkan pada adegan yang sebenarnya tidak perlu. Hadeuuuuhhhh... 

Penutup

Sebagai film masala atau hiburan, Pushpa - The Rise Part 1 cukup berhasil membuat saya duduk menikmati filmnya yang berdurasi 3 jam kurang 1 menit ini, meski tanpa teks subtitle. Abaikan logika, cukup duduk manis dan nikmati filmnya. 

Dan saya akan menonton lagi saat versi beningnya telah keluar, untuk menyaksikan eksotisme hutan di kawasan India Selatan ini.

Pushpa - The Rise Part 1

PUSHPA THE RISE PART 1

Sutradara oleh

Sukumar

Naskah oleh

Sukumar

Diproduksi oleh

Naveen Yerneni
Y. Ravi Shankar

Dibintangi

  • Allu Arjun
  • Rashmika Mandanna
  • Fahadh Faasil

Sinematografi

Mirosław Kuba Brożek

Diedit oleh

Karthika Srinivas
ruben

Musik oleh

Devi Sri Prasad

Produksi
perusahaan

  • Mythri
  • Media Muttamsetty

Didistribusikan oleh

  • E4 Hiburan ( Kerala )
  • Lyca Productions
  • Film Sri Lakshmi ( Tamil Nadu )
  • Telefilm Tambang Emas
  • Film AA ( India Utara )
  • Swagath Enterprises ( Karnataka )

Tanggal rilis

  • 17 Desember 2021

Durasi

179 menit [1]

Negara

India

Bahasa

Telugu

Anggaran

₹ 200-250 crore [2] [3]

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url