Review Film Oh Manapenne!: Komedi Romantis Menghangatkan

Setiap kisah cinta akan selalu memiliki jalan cerita yang unik, meski pada akhirnya penonton tahu apa yang akan terjadi pada tokoh utama. Endingnya ada 2; bersatu dan hidup bahagia selamanya, atau berpisah untuk sesuatu yang lebih besar dari cinta.

Demikian juga dengan Oh Manapenne!. Jika diartikan 'Wahai Mempelai wanita!'. Dari judulnya sudah terbaca endingnya; bersatu sebagai pasangan pengantin dan hidup bahagia selamanya. 

Jika Anda hanya peduli pada ending, sebaiknya hentikan membaca sampai disini saja. Tidak usah baca review ini. Endingnya sudah tertebak, bahkan sebelum Anda menonton filmnya. 

Tapi jika Anda peduli terhadap proses perkembangan karakter dan hubungan yang terjadi dari setiap tokoh-tokohnya, Oh Manipenne! adalah film romantis yang cocok  untuk Anda.

Oh Manapenne! tayang di Amazon Prime Video sejak 22 Oktober 2021. 

Sebelum Anda menontonnya, silahkan simak sinopsis dan review film Oh Manapenne! berikut ini.

Sinopsis Film Oh Manapenne!

Karthik (Harish Kalyan) adalah seorang pria yang menyelesaikan Sarjana Teknik-nya selama hampir lebih dari lima tahun. Cowok ini pemalas dan tidak mampu melakukan pekerjaan apa pun. Cita-citanya adalah menjadi juru masak dan membuka restoran. Akan tetapi Karthik tidak mendapat dukungan dari ayahnya. 

Shruthi (Priya Bhavani) adalah gadis cerdas lulusan Sarjana Ekonomi. Peraih 5 kali medali emas olimpiade sains di kampusnya. Cita-citanya ingin berkarir dan merintis usaha di Australia. Namun, ayahnya tidak menunjukkan minat, karena dia adalah seorang gadis.  Ayahnya menginginkan anak laki-laki, tapi yang lahir malah perempuan, Shruti. 

Karthik dan Shruti bertemu di acara perjodohan. Saat ayah Karthik ingin mencarikan pasangan untuknya. Rombongan keluarga Karthik tiba di rumah Shruti.

Nasib sial terjadi pada saat Karthik dan Shruti berkenalan. Adik sepupunya, Barath, secara tidak sengaja menutup pintu kamar. Pintu itu macet, tidak bisa dibuka. Akhirnya mereka bertiga terjebak di kamar itu. Untuk menghabiskan waktu sambil menunggu keluarga yang di luar mencari tukang kunci, Karthik dan Shruti saling bercerita tentang masa lalu mereka.

Shruthi mengungkapkan bahwa dia jatuh cinta dengan seorang pria bernama Arjun. Mereka berdua ingin memulai bisnis truk makanan. Arjun pergi ke Bangalore untuk berbicara dengan ayahnya tentang cinta dan bisnis mereka. Sementara itu, Shruthi memulai rencananya dengan penuh semangat, dan siap mengejutkan Arjun dengan membeli truk. Tapi Arjun tidak pernah kembali. Ayah Shruti memutuskan untuk mencarikan jodoh orang lain bagi Shruti.

Karthik juga bercerita tentang masa lalunya, dia pengangguran dan selalu mabuk bersama kedua temannya Sathya dan Faizal. Keluarganya menganggap dia sampah, tak ada manfaatnya sama sekali. Saking suntuknya karena dianggap tidak berguna, Karthik dan teman-temannya ingin membuat video memasak di Youtube, sesuai hobi Karthik. Tapi ternyata video itu tidak cukup menguntungkan. Karthik berencana membuat video prank. Sialnya,  ayah Karthik mengetahui rencana itu karena dia yang menjadi korban Prank. Rencana Karthik amburadul.

Harish Kalyan dan Priya Bhavani dalam Oh Manapenne!

Belum selesai bercerita, pintu kamar berhasil dibuka. 

Sialnya, Karthik dan keluarganya datang ke alamat yang salah. Calon pengantin yang akan dikunjungi bukan keluarga Shruti!.

Bagaimana kisah selanjutnya? Saksikan Oh Manapenne! di Amazon Prime Video mulai 22 Oktober 2021.

Review Film Oh Manapenne!

 Menurut informasi yang saya peroleh dari wikipedia, Oh Manapenne! merupakan pembuatan ulang dari film India berbahasa Telugu dengan judul Pelli Choopulu. Film Pelli Choopulu rilis pada tahun 2016 dan berhasil mendapat penghargaan sebagai Best Telugu Film dan Best Screenplay dari National Film Award 2016, dan berbagai penghargaan lainnya. Dibintangi oleh Vijay Deverakonda dan Rithu Varma, Pelli Choopulu telah dibuat ulang dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Hindi dengan judul Mitron.

Baik versi original maupun versi Hindinya, saya belum pernah nonton. Dalam review ini opini saya tidak  terdistorsi oleh versi original ataupun versi remake lainnya. 

Cerita

Seperti yang telah saya singgung di bagian pembuka di atas, yang paling menarik dari setiap kisah cinta itu adalah prosesnya. Proses ketika dua orang bertemu hingga pada akhirnya menyadari telah saling jatuh cinta. Inilah bagian yang paling menarik. Romantisme semacam ini akan sangat berbeda antara cerita satu dengan cerita lainnya. 

Demikian yang terjadi pada sosok Karthik dan Shruti. Mereka dipertemukan dalam perjodohan yang salah alamat. Mereka menjadi dekat pun gara-gara burung yang buang hajat sembarangan. Lalu mereka terkunci di kamar bersama bocah yang selalu mainan hape.


Babak pertama adalah bagian pengenalan karakter dan proses cinta itu mulai tumbuh. Banyak adegan konyol yang berhasil membuat saya tertawa. Banyak juga adegan yang menyebalkan. Naskah dari Deepak Sundarrajan berhasil mengkombinasikan mood penonton. Dialog-dialognya pun terasa pas.

Sayangnya, adegan-adegan tentang keterampilan memasak dari Karthik kurang dieksplorasi lebih jauh. Karthik jago memasak, bagaimana dia membuat masakan menjadi enak hanya ditampilkan sambil lalu saja.

Meskipun ini bukan karya original, setidaknya penulis cerita berhasil menghidupkan Oh Manapenne! hingga penonton betah hingga durasinya berakhir. Pesan moral yang ingin disampaikan pun berjalan mulus tanpa dipaksakan.

Pemain

Harish Kalyan sebagai Karthik sukses membuat saya sebal dengan kelakuannya. Sebagai pria pemalas dan selalu lari dari tanggung-jawab bisa diekpresikan dengan baik. Meski ada sisi baiknya, tapi karakter Karthik lebih dominan sisi buruknya. Terkadang wajahnya terlihat mirip Shiddart Malhotra. 

Priya Bhavani juga sangat pas memerankan Shruti yang tegas, cerdas, realistis, dan berpikiran terbuka. Saya suka karakternya. Dia wanita yang kuat. Ada beberapa dialog dan adegan yang menunjukkan tentang kemandirian dan kekuatan seorang wanita. Dialognya tidak panjang dan menggurui. Cukup sederhana, tapi bisa tersampaikan dengan baik dan tepat sasaran.

Tidak seperti film-film yang bercerita tentang perempuan mandiri, Shruti disini sangat alami.  Dia kuat dan cerdas. Tapi dia juga lemah di sisi lain. Dia juga tidak percaya diri dan takut untuk mengambil keputusan. Hanya karena dia melihat sisi kelemahan Karthik, dia berpikir harus lebih baik dari Karthik. Demikian sebaliknya. Potensi diri yang selama ini terpendam dalam diri Karthik, bisa muncul dan bersinar berkat kehadiran Shruti. Mereka berdua saling melengkapi, saling membutuhkan, tapi tak mau untuk saling mengakui betapa pentingnya kehadiran satu sama lainnya.

Peran lain yang mencuri perhatian adalah 2 sahabat Karthik. Mereka menyebalkan, tapi juga lucu. Gara-gara mereka juga hidup Karthik jadi berantakan.

Lagu, musik, dan Lainnya

Hampir semua lagu yang hadir di film ini hanya berupa backsound untuk menjelaskan adegan. Tak ada lagu-lagu dengan adegan romantis ala Film India.  Berkat musik dan lagu-lagu yang ditempatkan dengan cara yang tepat, membuat Oh Manapenne! berhasil menampilkan adegan romantis tanpa harus terasa vulgar. Karena ini pula, film ini bisa ditonton oleh semua usia.

Penutup

Oh Manapenne! sangat cocok buat penggemar film romantis. Tak ada adegan yang bikin mewek, atau drama yang terlalu berlebihan. Film ini terasa hangat untuk semua orang yang mendambakan cinta sejati.

Oh Manapenne!



Oh Manapenne!

Directed by

Kaarthikk Sundar

Screenplay by

Deepak Sundarrajan

Based on

Pelli Choopulu
by Tharun Bhascker

Produced by

Satyanarayana Koneru
Ramesh Varma Penmesta

Starring

Harish Kalyan
Priya Bhavani Shankar

Cinematography

Krishnan Vasant

Edited by

Kripakaran

Music by

Vishal Chandrashekhar

Production
companies

A Studios LLP
A Havish Production
SP Cinemas
Madhav Media
Third Eye Entertainment

Distributed by

Disney+ Hotstar

Release date

  • 22 October 2021

Country

India

Language

Tamil

Nontonnya disini yah..

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url