Review Film: Chehre, Saat Veteran Peradilan Bermain Hukum

Sebagai senior artis film, jelas Amitabh Bachchan yang mendominasi akting dalam Chehre. Emraan Hashmi pun mampu mengimbangi permainan Big B. Kali ini dia berhasil membuktikan diri bahwa dia tak hanya jago nyosor, tapi juga akting. — Film India.

Film Bollywood yang dibintangi oleh Amitabh Bachchan dan Emraan Hashmi ini telah tayang di India pada pertengahan bulan Agustus 2021 yang lalu. Saat itu bioskop baru saja dibuka untuk umum setelah India mengalami gelombang ke-3 Covid-19. Kini, film yang yang berjudul Chehre ini sudah bisa disaksikan di jaringan digital.


Dari jajaran para pemerannya, ada nama besar Big B alias Amitabh Bachchan, si raja nyosor bollywood Emraan Hashmi. Ada juga Rhea Chakraborty yang telah lama menghilang sejak kasus bunuh diri kekasihnya, Sushant Singh Rajput. Selengkapnya, inilah jajaran pemeran di film Chehre :

  • Amitabh Bachchan sebagai Lateef Zaidi
  • Emraan Hashmi sebagai Sameer Mehra
  • Krystle D'Souza sebagai Natasha Oswal
  • Rhea Chakraborty sebagai Anna Mathew 
  • Siddhanth Kapoor sebagai Joe Kiwi
  • Annu Kapoor sebagai Paramjeet Singh Bhuller
  • Samir Soni sebagai GS Oswal
  • Alexx O'Nell sebagai Richard Vinegar
  • Dhritiman Chatterjee sebagai Hakim Jagdish Acharya
  • Raghubir Yadav sebagai Hariya Jatav

Melihat jajaran para pemeran senior dan muda itu, saya pastikan para penonton akan tertarik untuk menontonnya. Apakah Chehre akan bisa memenuhi ekspektasi penonton?

Kita simak dulu sinopsis dan review film Chehre yang sudah mulai tayang di jaringan Amazon Prime Video mulai tanggal 1 Oktober 2021.

Sinopsis Film: Chehre

Sameer Mehra (Emraan Hashmi) terjebak badai salju di sebuah lereng gunung, 200 km dari Delhi. Atas saran seseorang yang ditemuinya, Sameer singgah di sebuah rumah tak jauh dari tempat itu. Disana, Sameer bertemu dengan empat pria tua, pensiunan praktisi hukum yang dengan senang hati menerimanya.

Ada Jaksa Zaidi (Amitabh Bachchan), Ada pengacara Bhuller (Annu Kapoor), Hakim Jagdish (Dhritiman Chatterjee), dan Algojo Hariya (Raghubir Yadav). Lalu ada Anna (Rhea Chakraborty), pembantu rumah yang misterius.

Cuaca yang ekstrim membuat Sameer harus bermalam di rumah itu. Setelah makan malam, mereka berbincang-bincang dan akhirnya mereka memutuskan untuk memainkan sebuah permainan ruang sidang, dengan Sameer sebagai terdakwanya.

Sameer diperankan oleh Emraan Hashmi

Sebagai seorang agen properti, Sameer merasa tak pernah membuat kesalahan dan melanggar hukum. Dia bingung, kasus apa yang akan dituduhkan kepadanya dalam permainan ini. Namun, Jaksa Zaidi meyakini bahwa Sameer memiliki sebuah kesalahan besar dalam hidupnya, yaitu melakukan pembunuhan berencana terhadap atasannya, GS Oswal (Soni).

Persidangan dimulai. Jaksa Zaidi dengan gigih berusaha untuk mengungkap kebenaran atas tuduhannya. Sementara Pengacara Bhuller berusaha keras membela kliennya. Pertanyaan-pertanyaan tajam yang dilancarkan Zaidi membuat Sameer terpojok. Sameer merasakan keanehan karena permainan ini pelan-pelan menguak peristiwa dan kejahatan yang dia coba sembunyikan.

  • Benarkah Sameer telah membunuh bos-nya seperti yang dituduhkan oleh Jaksa Zaidi?
  • Apa motif pembunuhan yang dilakukan oleh Sameer?
  • Bagaimana cara dia melakukan pembunuhan?
  • Bagaimana cara Jaksa Zaidi mengungkap kasus ini?
  • Bagaimana akhir permainan ruang sidang ini?

Beberapa scene Chehre

Saksikan keseruan permainan ruang sidang dalam film India Chehre, tayang di Amazon Prime Video mulai tanggal 1 Oktober 2021.

Review Film: Chehre

Drama ruang sidang selalu berhasil menarik perhatian saya. Meski ruang sidang dalam Chehre adalah ruang sidang sebuah permainan, akan tetapi ketegangannya sama dengan ruang sidang dalam film yang memang berlatar belakang ruang sidang. Semua berkat kepiawaian para pelakonnya yang bermain bagus.

Jaksa Zaidi diperankan oleh Amitabh Bachchan

Awal-awalnya memang sedikit membosankan. Apalagi film ini dibuka dengan narasi dari Amitabh Bachchan yang sangat panjang. Pidatonya bagus sih, tapi terlalu panjang untuk sebuah opening film. Kami ini sedang menonton film, bukan sedang kuliah ilmu hukum, bung !

Mungkin saja Rumy Jaffery (sutradara) ingin mengulang kesuksesan pidato Big B dalam film Pink yang banyak menuai pujian itu. Menurut saya , dia gagal memberi dampak pada penonton dengan menempatkan adegan itu di awal film.

Keseruan Chehre mulai terasa ketika permainan ruang sidang itu digelar. Kira-kira pada menit ke-40. Penonton yang tidak sabar, pasti telah lelap tertidur. Pengenalan karakter dan dialog-dialog para tokohnya itu terasa bertele-tele. Andai bisa diringkas tanpa mengurangi esensi cerita yang akan dibangun untuk kepentingan pada babak selanjutnya, akan ada penghematan durasi sekitar 15-20 menit.

Sameer yang merasa tak memiliki kesalahan apapun, merasa tenang-tenang saja. Perlahan namun pasti, pertanyaan-pertanyaan dari Jaksa Zaidi semakin tajam. Sameer terdesak. Bhuller sang pengacara tidak bisa banyak membantu. Dari sini sedikit demi sedikit mulai terungkap kisah Sameer yang sebenarnya.

Sebagai senior artis film, jelas Amitabh Bachchan yang mendominasi akting dalam Chehre. Kredit saya juga saya alamatkan kepada Emraan Hashmi. Dia mampu mengimbangi permainan Big B. Kali ini dia berhasil membuktikan diri bahwa dia tak hanya jago nyosor, tapi juga akting.

Semua pemerannya bermain bagus. Tokoh-tokohnya tidak banyak. Penonton bisa  mengenalinya dengan mudah. Termasuk Rhea Chakraborty juga bermain bagus. Sayangnya dia tak banyak mendapat kesempatan mengeksplorasi perannya. Cantik, sekaligus misterius.

Apa yang ingin disampaikan oleh Ranjit Kapoor sebagai penulis cerita, telah memiliki premis yang keren. Akan tetapi lambatnya narasi di babak awal membuat film ini terasa membosankan. 

Big B mendominasi ruang layar dan dialog beserta pidato-pidatonya. Jaksa Zaidi berhasil terlihat cerdas, penuh pengalaman, dan sangat mengancam. Akan tetapi, meskipun hal itu terlihat keren, jika pidato-pidato itu tak ada relevansi dengan tema cerita, buat apa? Untuk memperpanjang durasi? Atau hanya ingin menunjukkan kehebatan sang tokoh?

Pada kasus yang dituduhkan terhadap Sameer, saya merasakan kasus itu terlalu datar dan tidak ada yang baru. Twist yang coba dihadirkan juga tidak terasa wow. Justru saya lebih suka twist yang dibawa Rhea Chakraborty. Sorotan matanya itu loh, bikin gimana gitu.

Penutup

Buat penggemar drama ruang sidang, Chehre bisa menjadi alternatif tontonan di kala senggang. Terlalu banyak petuah dalam narasinya. Wajib nonton bagi penggemar Amitabh Bachchan dan Emraan Hashmi.

Saksikan keseruan permainan ruang sidang dalam film India Chehre, tayang di Amazon Prime Video mulai tanggal 1 Oktober 2021.


 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url