'Penyelia Keintiman' Bersertifikat Pertama Di Industri Film India

'Penyelia Keintiman' Bersertifikat Pertama Di Industri Film India

Selama ini ada koordinator peran pengganti, koreografer adegan laga dan perhatian ketika ada adegan kekerasan di layar, namun ketika urusannya adalah keintiman dan ketelanjangan – yang juga berisiko tinggi – sama sekali tidak ada yang peduli. Ini mengejutkan!!


FilmIndia.my.id --Dalam sebuah produksi film, biasanya pada saat 'credit title' kita akan melihat jajaran nama-nama produser, penulis, koreografer, penata laga, sutradara, dan lain-lain. Selain profesi yang telah kami sebutkan tadi, kini ada profesi baru di dunia perfilman Hollywood dan juga Bollywood. Profesi ini bernama 'Penyelia Keintiman'. 

Apa dan bagaimana pekerjaan mereka?


SEJARAH PROFESI PENYELIA KEINTIMAN

Profesi ini lahir dalam situasi besarnya gerakan #MeToo dan Time's Up pada tahun 2017 yang lalu. Gerakan ini dipicu oleh tuduhan terhadap produser film Harvey Weinstein, 67 tahun, yang kemudian dinyatakan bersalah untuk pencabulan dalam pengadilan di New York.

"Selama ini ada koordinator peran pengganti, koreografer adegan laga dan perhatian ketika ada adegan kekerasan di layar, namun ketika urusannya adalah keintiman dan ketelanjangan – yang juga berisiko tinggi – tidak ada yang peduli. Ini mengejutkan", kata Alicia Rodis yang terlatih sebagai penata laga.

Masalah ini sudah lama bergejolak bahkan sebelum skandal Weinstein muncul ke permukaan bulan Oktober 2017, beberapa dekade sesudah syuting film Last Tango in Paris (karya sutaradara Bernardo Bertolucci, rilis tahun 1972) aktor Maria Schneider berkata bahwa ia merasa "dipermalukan" dan "agak diperkosa" ketika sutradara meminta melakukan kontaks seks yang tak tercantum dalam skrip. Usia Maria 19 tahun ketika itu.

Pada 2018, HBO mengumumkan bahwa pihaknya mempekerjakan penyelia keintiman pertama dalam serial The Deuce, serial yang mengisahkan tentang industri film pornografi dan seks di New York pada era tahun 1970-an, atas permintaan aktris Emily Meade yang berperan dalam serial itu.

Jaringan TV AS itu kemudian mengatakan bahwa semua programnya yang melibatkan adegan intim akan dilengkapi dengan penyelia keintiman. Kemudian, platform lain seperti Netflix dan Amazon, menyusul langkah HBO.

Setelah itu, sejumlah studio, produser dan sutradara mulai menggunakan penyelia keintiman dalam proses produksi film. Dalam beberapa bulan terakhir, angin perubahan juga berhembus hingga India. 

PENYELIA KEINTIMAN PERTAMA DI INDIA

Seperti dikutip dari jejak biru, negara India memiliki perbedaan waktu 1,5 jam lebih lambat dari Waktu Indonesia Barat. Negara ini memiliki industri film terbesar kedua setelah Hollywood, yaitu Bollywood. Dan kini, industri film Bollywood telah memiliki 'Penyelia Keintiman' profesional. 

Aastha Khanna, adalah penyelia keintiman pertama di industri film India ini adalah perempuan yang tahun ini menginjak usia 26 tahun. Dia mengatakan tugasnya bisa "dibandingkan dengan sutradara aksi atau koreografer tari - tapi untuk adegan intim".

Layaknya seorang sutradara aksi yang memastikan keamanan selama pengambilan gambar, tugas penyelia keintiman adalah memastikan keamanan untuk adegan yang melibatkan simulasi seks, ketelanjangan, dan kekerasan seksual," katanya kepada wartawan BBC dari Mumbai.


Seorang penyelia keintiman, kata Khanna, bertindak sebagai penghubung antara sutradara dan pemeran film.

"Tugas saya adalah untuk memastikan para pemeran tidak dieksploitasi dan juga melindungi studio, sehingga tidak ada lagi artis yang mengatakan bahwa mereka memiliki pengalaman buruk dalam lima tahun ke depan."

Dengan para pemeran film, Kanna mendiskusikan persetujuan dan batasan. Di lokasi syuting, ia membawa "perlengkapan pelindung dan kesopanan". Perlengkapannya berisi pelindung selangkangan, puting tiruan, pita perekat tubuh, dan bantal yang dapat disisipkan di antara pemeran untuk memastikan alat kelamin mereka tidak bersentuhan selama simulasi seks.

Dengan regulasi pemerintah yang ketat dan badan sensor yang mengawasi, film-film Bollywood menemukan cara kreatif untuk menggambarkan seks dan keintiman, dengan menunjukkan dua bunga yang bersentuhan atau burung yang berciuman, sepanci susu yang mendidih untuk melambangkan gairah, dan seprai yang berantakan untuk menggambarkan seks. Itu dulu.

Meskipun adegan ciuman telah masuk ke dalam film dalam satu atau dua dekade terakhir, dengan popularitas platform on-demand dan streaming yang ada saat ini, seks dan ketelanjangan tetap saja terlihat di layar India. Akan tetapi pemerannya, terutama aktris pendatang baru muda ---yang memerankan adegan seks, keadaan ini bisa menjadi hal yang rumit di lokasi syuting, membuat mereka rentan terhadap eksploitasi.

PENGALAMAN ARTIS BARU

Anjali Sivaraman, seorang model yang beralih profesi menjadi aktris yang baru-baru ini mulai syuting untuk serial yang tayang di Netflix, mengatakan bahwa kehadiran Khanna di lokasi syuting sangat menghiburnya. 

"Saya senang ada seseorang yang menjaga saya," tuturnya kepada Geeta Pandey, Wartawan BBC India di Delhi

"Saya harus melakukan adegan seks yang tak pernah saya lakukan sebelumnya, dengan seorang aktor yang baru saya temui. Saya hanya mengenakan bra olahraga dan celana dalam, jadi saya merasa hampir telanjang. Saya sangat cemas. 

"Saya juga merasa sangat tak nyaman mencium lawan main saya karena dia benar-benar asing. Dan itu bukan hal yang mudah bagi saya untuk berbicara dengan sutradara, terutama karena dia adalah laki-laki. 

"Tapi Aastha membuatnya sangat mudah bagi saya. Dia menyampaikan kekhawatiran saya kepada sutradara dan adegan ciuman dibatalkan. Selama adegan seks, ia meletakkan bantal berbentuk donat di antara kami sehingga alat kelamin kami tidak bersentuhan. Itu agak aneh, tapi saya senang benda itu ada di sana," ujarnya sambil tertawa. 

POOJA BHAAT BERBAGI PENGALAMAN SYUTINGNYA

Bintang Bollywood yang kini menjadi pembuat film, Pooja Bhaat mengatakan bahwa sebelum-sebelumnya, aktris datang ke lokasi syuting ditemani ibu atau manager mereka yang bertugas sebagai penyelia keintiman tak resmi. Ia menuturkan bahwa ia menggunakan pengalamannya sendiri sebagai aktris untuk merangkap sebagai penyelia keintiman ketika ia mulai mengarahkan dan memproduksi film. 


Untuk adegan intim, saya memilih sendiri kru yang tidak akan membuat aktris merasa tidak nyaman di lokasi syuting karena penting untuk memiliki pandangan yang benar. 

Pada tahun 2002, ketika saya membuat Jism, sebuah film thriller erotis, saya memberi tahu Bipasha Basu bahwa sebagai seorang perempuan dan sebagai aktris saya tidak akan meminta Anda untuk melakukan apa pun yang [membuat] Anda tidak nyaman.

"Film itu tidak memperlihatkan ketelanjangan, tetapi dia harus merayu John Abraham. Saya katakan padanya itu harus meyakinkan, Anda tidak boleh canggung atau ragu-ragu, tetapi Anda yang memutuskan seberapa jauh Anda ingin melakukannya." 

"Untuk adegan intim, saya memilih kru yang tidak akan membuat aktris merasa tak nyaman di lokasi syuting karena sangat penting Bhatt, yang baru-baru ini membintangi film Bombay Begums, serial baru yang populer di Netflix, mengatakan tak ada penyelia keintiman di lokasi syuting, namun sutradara Alankrita Srivastava membuatnya merasa nyaman. 

"Alankrita dan saya berdiskusi secara mendetail bagaimana kami akan melakukan adegan intim. Kami mempercayai satu sama lain, kami percaya sutradara dan para pemain. Saya tidak pulang dengan merasa jijik atau kotor," tuturnya. Tapi ia sepakat bahwa memiliki penyelia keintiman di lokasi syuting sangat membantu. 

"Ini adalah perubahan yang disambut baik bahwa jaringan [televisi] bersikeras untuk memiliki koordinator keintiman di lokasi syuting. 

Bagaimana tanggapan produser dan sutradara? Simak ulasan lebih lanjut dari redaksi kami. (Bersambung)

Sumber : BBC Indonesia

Apa pendapatmu tentang 'Penyelia Keintiman' Bersertifikat Pertama Di Industri Film India? Yuk, beritahu kami di kolom komentar.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan pembaca semua. Dapatkan artikel review dan sinopsis film India, atau gosip selebriti terbaru, dan semua hal tentang film India ada disini. Kalian juga bisa menonton film India Terbaru Subtitle Bahasa Indonesia disini.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url