Film Andaaz (2003) Dan Fakta Di Balik Layar

FilmIndia.my.id --Andaaz ( terjemahan; Gaya ) adalah film India tahun 2003 yang disutradarai oleh Raj Kanwar dan diproduksi oleh Suneel Darshan. Film ini dibintangi oleh Akshay Kumar, Miss Universe 2000 Lara Dutta dan Miss World 2000 Priyanka Chopra. Film ini merupakan debut bagi Lara Dutta dan Priyanka Chopra di sinema Bollywood.


Andaaz ditulis oleh Robin Bhatt, Shyam Goel dan Jainendra Jain. Musiknya digubah oleh Nadeem–Shravan, dengan lirik yang ditulis oleh Sameer . Soundtracknya sukses besar, terjual hingga 2,5 juta unit dan merupakan soundtrack Bollywood terlaris kedua pada tahun 2003.

Sebagian besar syuting film Andaaz diambil di Cape Town, Afrika Selatan. Andaaz dirilis di bioskop pada 23 Mei 2003. Dengan budget pembuatan ₹ 80 juta, film ini sukses di box-office dengan perolehan pendapatan ₹ 288 juta. Penghasilannya yang tinggi membuat Andaaz berhak menduduki film India terlaris ke-9 pada tahun 2003.

Pada - Penghargaan Filmfare ke 49, Andaaz menerima 5 nominasi, termasuk Aktris Pendukung Terbaik untuk Chopra, dan Debut Wanita Terbaik untuk Dutta dan Chopra. Kedua aktris tersebut bersaing dalam nominasi, namun pada akhirnya dimenangkan oleh Lara Dutta. 

 

SINOPSIS FILM ANDAAZ (2003)

Raj (Akshay Kumar) tinggal dengan keluarga saudarannya, Rohit. Setelah kecelakaan, dia tidak dapat berjalan. Saat keluarga Malhotra pindah ke Dehra Dun, Raj berteman dengan tetangganya Kajal (Lara Dutta). Kajal membantu dan memberi semangat agar Raj bisa berjalan, dan dia berhasil. Bertahun-tahun selanjutnya keduanya menjadi dekat dan semua orang mengharapkan keduanya menikah. 

Raj diam-diam menyukai Kajal dan menunggu untuk melamarnya, tetapi Kajal hanya menganggapnya sahabat. Saat Raj diterima menjadi Angkatan Udara India dan setelah pelatihannya selesai, Raj bergegas ingin melamar Kajal. Hanya saja Kajal jatuh hati dengan pengusaha bernama Karan Singhania (Aman Verma). Raj batal menjelaskan bahwa dia memiliki perasaan pada Kajal. 


Raj pindah ke Cape Town untuk pelatihan. Dan disana Raj bertemu Jiya (Priyanka Chopra). Jiya jatuh hati kepada Raj tetapi Raj tidak dapat melupakan Kajal. Raj kembali ke India. Jiya menyusul Raj dan tiba di rumah Raj sebagai tamu. Jiya membuat usaha agar mengesankan Raj, tetapi Raj tetap tidak jatuh hati terhadap Jiya. 

Hingga suatu ketika keluarga Raj berharap Raj menikah dengan Jiya. Raj menyerah dan memutuskan menikahi Jiya. Namun, ketika mengunjungi keluarga Jiya, Raj mengetahui bahwa Kajal adalah saudara ipar Jiya. Dari sini Raj tahu bahwa Kajal telah menjadi janda setelah kematian Karan dalam insiden helikopter, Kajal selamat. Kajal menyalahkan dirinya atas kematian Karan dan berusaha bunuh diri. Raj membantu Kajal pulih atas depresinya.

Bagaimana kisah selanjutnya? Saksikan film Andaaz.

Rilis 23 Mei 2003
Negara India
Bahasa Hindi
Sutradara Raj Kanwar
Produser Suneel Darshan
Pemeran Lara Dutta, Akshay Kumar, Priyanka Chopra
Music Nadeem–Shravan
Sinematografi Ishwar R. Bidri.


FAKTA FILM ANDAAZ (2003)

Berikut ini beberapa fakta terkait film Andaaz (2003) yang dapat kami himpun;

  1. Akshay Kumar sebelumnya dengan Miss Universe 1994, Sushmita Sen di Aankhen dan sesudahnya dengan Miss World 1994, Aishwarya Rai di Khakee. 
  2. Miss Universe 2000, Lara Dutta suaranya diisi Mona Ghosh Shetty untuk mendapatkan suara yang lebih tinggi dari suara aslinya. 
  3. Miss World 2000, Priyanka Chopra mengawali debutnya lewat film ini meski The Hero: Love Story Of A Spy dirilis lebih awal. 
  4. Aman Verma tampil protagonis di film ini sebagai suami Lara Dutta, pada tahun yang sama dia tampil antagonis di Baghban. 
  5. Sunil Darshan gagal memasang Karisma Kapoor dan Kareena Kapoor di film ini karena keterbatasan dana untuk membayar honor kedua aktris terkenal tersebut. 
  6. Saat syuting di Afrika Selatan, Priyanka Chopra memiliki 40 pengulangan pengambilan gambar untuk sebuah lagu yang membuat koreografer Raju Khan kesal padanya. 
  7. Raju Khan mengatakan kepada Priyanka Chopra bahwa menjadi Miss World saja tidak cukup untuk menjadi seorang aktris karena harus memiliki keterampilan menari. 
  8. Saat Akshay Kumar bergegas ke India untuk persalinan istrinya, jadwal diundur dan moment ini digunakan oleh Priyanka Chopra untuk belajar menari di Veeru Krishnan. 
  9. Andaaz adalah film hit terakhir Akshay Kumar dan Sunil Darshan, proyek berikutnya Dosti (2005) dan Mere Jeevan Saathi (2006) gagal meraih sukses di box office. 
  10. Syuting film ini secara luas di Cape Town, Afrika Selatan yang promosinya berpusat dan dilakukan di sekitar kota megah tersebut. 
  11. Andaaz menjadi debut akting dua ratu kecantikan untuk yang pertama kalinya dan dianggap sebagai titik utama penjualan film agar meraih kesuksesan besar. 
  12. Musiknya digubah Nadeem Shravan dan liriknya ditulis Sameer, album soundtracknya sukses besar terjual 2,5 juta unit dan menjadi album soundtrack Bollywood terlaris kedua tahun 2003 di box office India. 
  13. Andaaz dirilis pada tanggal 23 Mei 2003, dengan budget 80 juta menghasilkan 288 juta di box office India yang menjadikan film Hindi terlaris tertinggi kesembilan tahun 2003.
  14. Lara Dutta dan Priyanka Chopra meraih penghargaan aktris debut terbaik pada ajang Filmfare Awards 2004 untuk film ini.
  15. Priyanka Chopra dan Lara Dutta dinominasikan di ajang Star Screen Awards 2004 untuk kategori aktris debut terbaik yang akhirnya dimenangkan oleh Lara Dutta.
  16. Ketika sutradara Raj Kanwar mendekati produser Suneel Darshan dengan ide Andaaz, dia menyukai konsepnya dan langsung setuju untuk memproduksi Andaaz di perusahaan miliknya, Shree Krishna International.
  17. Akshay Kumar bersemangat untuk memainkan karakternya di film ini karena dia ingin sekali menjadi seorang pilot angkatan udara dalam kehidupan nyata.
  18. Untuk persiapan karakter sebagai Raj, Akshay Kumar memastikan bahwa dia harus terlihat laksana seorang perwira angkatan udara yang sesungguhnya.
  19. Menurut Lara Dutta, karakternya sebagai Kajal yang tomboi mengungkapkan sisi baru dan sangat pribadi dari dirinya di layar dan dalam kehidupan nyata.
  20. Priyanka Chopra mengidentifikasi karakternya dan mengatakan meski tampil sangat modern tetapi di dalam hatinya dia adalah seorang gadis tradisional India.
  21. Tak ada yang aneh atau berbeda dengan film ini, tetapi adegan romantis digambarkan secara detail, hal ini yang membuatnya istimewa, kata Priyanka Chopra.
  22. Kostum Lara Dutta dan Priyanka Chopra dirancang oleh desainer kenamaan, Manish Malhotra yang mengaku sangat antusias dalam proyek film ini.
  23. Fotografi utama berlangsung selama kurang lebih tiga bulan dengan pemotretan ekstensif di Cape Town, Afrika Selatan.
  24. Pemerintah Afrika Selatan menyediakan semua kebutuhan syuting termasuk MIG dan jet lainnya untuk pembuatan film ini.
  25. Produser dan sutradara diizinkan untuk menggunakan klip cuplikan dari pertunjukan udara Afrika Selatan dalam film ini.
  26. Raju Khan membuat koreografi untuk seluruh musik di Andaaz kecuali satu lagu yang dikoreografikan oleh Baba Yadav.
  27. Ketika merekam salah satu rangkaian musik di pantai berbatu di Cape Town, Afrika Selatan, Lara Dutta terseret ombak laut dan diselamatkan oleh Akshay Kumar.
  28. Akshay Kumar mengatakan pembuatan Andaaz selesai lebih cepat daripada film-film produksi Suneel Darshan sebelumnya.
  29. Penyanyi playback yang terlibat adalah Kumar Sanu, Udit Narayan, Alka Yagnik, Sonu Nigam, Sapna Mukherjee, Kailash Kher, Babul Supriyo dan Shaan.
  30. Soundtrack dirilis 26 Februari 2003 di sebuah acara di Mumbai menjadikan album pertama yang dikeluarkan label rekaman Suneel Darshan, Shree Krishna Audio.
  31. Album soundtrack Andaaz mendapat ulasan positif dari para kritikus musik India, Bollywood Hungama memujinya sebagai album bagus yang layak dibeli.
  32. Majalah Glamsham menyebut secara keseluruhan bahwa soundtrack film Andaaz menampilkan keterampilan luar biasa dan kreatif dari duo Nadeem-Shravan.
  33. Album soundtrack Andaaz mempunyai unsur musik kelas atas yang seluruh lagunya berkesan bagi orang-orang yang menyukai musik berirama merdu dan romantis.
  34. Setelah kesuksesan film Andaaz, Akshay Kumar dan Priyanka Chopra berpasangan lagi dalam film hit, Mujhse Shaadi Karogi, Aitraaz dan Waqt: The Race Against Time.
  35. Terlepas dari film Andaaz, pasangan Akshay Kumar dan Priyanka Chopra hampir berpasangan kembali di film Barsaat dan Namastey London.
  36. Akshay Kumar memilih keluar dari proyek Barsaat setelah syuting beberapa adegan dan Priyanka Chopra dihapus dari film Namastey London pada menit terakhir.
  37. Berkat kesuksesan Andaaz, Lara Dutta memiliki karir yang layak dan menjadi aktris terkenal di industri perfilman Bollywood.
  38. Priyanka Chopra menjadi aktris populer dengan bayaran tertinggi di Bollywood yang juga bekerja di Hollywood dan mencapai ketenaran internasional.
  39. Lagu Kisise Tum Pyaar Karo chartbuster pada beberapa platform India yang membuat Kumar Sanu serta Sameer masuk nominasi penyanyi playback terbaik dan penulis lirik terbaik Filmfare Awards 2004.
  40. Meski kinerja Nadeem Shravan diakui di film ini, namun anehnya mereka tidak masuk nominasi penata musik terbaik di ajang Filmfare Awards 2004.
  41. Tabloid Bollywood Indonesia edisi tahun 2004 menggelar jajak pendapat pembacanya dan Lara Dutta terpilih sebagai aktris debut terfavorit mengalahkan Priyanka Chopra.

Itulah beberapa fakta di balik layar Film Andaaz (2003). Jika sobat pembaca suka dengan artikel ini, silahkan share atau berkomentar di bawah ini. Atau bisa juga baca artikel fakta film lainnya di rubrik Trivia Film.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url